Sponsors Link

Mata Luka Kena Kuku: Resiko dan Penanganan

Sponsors Link

Mata adalah alat indra paling sensitif yang dimiliki oleh makhluk hidup, bahkan sangkin sensitifnya banyaka hal yang anda harus jaga untuk memproteksi mata anda. Mata berfungsi sebagai indra pengelihatan untuk menangkapa segala hal yang dapat dilihat lalu di teruskan ke otak.

ads

Lalu bagaimana cara menjaga mata dengan baik? Tentu saja banyak hal yang dapat membantu anda dalam menjaga mata anda seperti berikut :

  1. Hindari pemakaian kontak lensa terlalu lama

Dewasa ini banyak orang yang gencar – gencarnya memakai kontak lensa atau lebih familiar dengan softlens. Sebagian orang memang memakai untuk hal positif yakni sekedar untuk mengurangi pemakaian kaca mata pada penderita mata minus namun ada juga yang hanya untuk bergaya untuk terlihat lebih menarik di mata orang banyak sebenarnya hal itu sah – sah saja jika kamu dapat merawat soflensmu dengan benar.

Selain itu pemakaian softlens harus diperhitungkan kira – kira jangan lebih dari 19 jam karena beberapa kasus menunjukan pemakaian softlens yang terlalu lama menyebabkan kerusakan mata bahkan sampai menyebabkan kebutaan. Jadi bagi kalian pengguna softlens perlu hati – hati terutama bagi kaum hawa karena biasanya perempuan lebih banyak memakai softlens dibanding laki – laki.

  1. Sayuran

Sayuran mengandung begitu banyak nutrisi dan serat yang berguna bagi tubuh termasuk mata, mungkin sayuran untuk mata lebih identik dengan wortel. Jenis sayuran satu ini sangat digandrungi oleh masyarakat karena kekhasiatannnya dalam memberi nutrisi yang lebih untuk tubuh terutama pada bagian mata. Didalam wortel ini terdapat serat beta karoten yang dapat menjaga mata agar lebih indah dan lebih berfungsi dengan baik. Hal ini dikarenakan beta karoten berguna sebagai antioksidan yang berguna  untuk mengurangi degenerasi makula. Selain wortel ada juga beberapa makanan yang baik untuk retina mata.

  1. Memakai kaca mata dengan protect UV

Selain kulit mata juga harus terjaga dari efek sinar UV yang dapat merusak fungsi mata itu sendiri. Kaca mata yang dipakai tentunya harus kaca mata yang gelap sehingga paparan sinar matahari dapat dilawan dengan menggunakan kaca mata hitam pelindung UV.

  1. Menggunakan kaca mata yang tepat

Bagi anda yang menggunakan kaca mata minus pastikan sesuai dengan minus mata anda sebab jika tidak sesuai maka akan menambah minus mata anda sendiri.

  1. Penggunaan obat tetes mata dengan tepat

Pernahkah anda berfikir bahwa penggunaan tetes mata yang terlalu banyak membahayakan mata anda? Penggunaan tetes mata memang hal yang baik untuk anda saat mata anda kemerahan atau iritasi ringan obat tetes mata ini adalah penolong utama untuk anda. Meski sebagai obat penolong mata penggunaan obat tetes mata harus sesuai standar yang berlaku yang tercantum pada kemasan demi kesehatan mata anda.

  1. Menggunakan mentimun

Mentimun ini sangat kaya akan nutrisi biasanya para kaum hawa menjadikan mentimun sebagai obat alternatif untuk mata panda dengan cara irisan mentimun di taruh diatas mata dan hanya digunakan untuk waktu sekitar 8 – 10 menit sebelum tidur. Selain untuk mata panda mentimun ini sangat berguna mencegah pembengkakan pada saat bangun tidur oleh karena itu sebaiknya kompres mata ini digunakan sebelum  tidur. Dan masih banyak lagi cara menjaga kesehatan mata diantaranya dengan jarak pengelihatan pada saat membaca dianjurkan tidak terlalu dekat dengan buku atau laptop agar terhindar dari penyakit mata seperti rabun dekat.

Lalu bagaimana jika mata kita terkena luka mungkin yang sering kita jumpai akibat terkena kuku?

Kuku merupakan bagian tangan  dimana tangan  ini yang berfungsi untuk memegang segala sesuatu benda dan kita tidak tau apakah benda tersebut bersih atau dipenuhi banyak kuman. Pada saat melakukan aktivitas seperti mengetik, mengambil sesuatu dan makan tentunya kuku sangat berperan penting dalam proses aktivitas tersebut karena saat kita memegang suatu benda yang pertama kali tersentuh adalah ujung kuku meskipun hanya sedikit. Pastinya hal ini menyebabkan perkembangbiakan bakteri pada kuku sangat cepat apalagi kuku memiliki ruang tersendiri yang transparan terutama bagi pemilik kuku panjang anda harus lebih waspada sebab perkembangbiakan bakteri tentunya lebih cepat pada kuku yang panjang dibanding yang berkuku pendek.

Dan bagaimana reaksinya jika mata kita terkena kuku atau goresan kuku?

Pada kasus yang umum mata kita akan memerah dan sedikit goresan berupa garis merah mungkin ini akan membaik beberapa minggu kemudian. Namun, tentunya ada yang lebih berat yakni bagi yang terkena goresan kuku lalu terdapat luka dibagian mata berupa bercak darah yang berada didalam seperti membeku.

Sponsors Link

Menurut penuturan dr. Fenita Antonius memberitahukan bahwa kondisi dimana mata seperti berdarah biasa disebut dengan hifema atau pendarahan ruang luar bila yang terdapat pendarahan pada mata bagian hitam sedangkan jika yang bagian putih yang mengalami pendarahan dibagian luar mata putih maka disebut subkonjungtiva.

Dampak yang lebih berlanjut dari kondisi tersebut adalah bila terjadi infeksi seperti radang bagian kornea (keratitis) atau radang ruang depan bola mata (uveitis anterior) dan gangguan pengelihatan seperti bayangan layang – layang pada bola mata (floaters). Pendarahan ini dapat perlahan di serap oleh tubuh dan membaik dan jika ada infeksi akibatk  kuman yang masuk sebaiknya berobat.

Bagaimana penanganan untuk mata luka kena kuku agar tidak infeksi?

  1. berkedip

Sebelum terjadinya goresan pada bola mata tentunya pada tema kali ini penyebab utamanya adalah kuku. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah Berkedip, mengedipkan mata dapat memastikan apakah mata anda baik – baik saja. Mengedipkan mata pada saat terkena kuku juga sebagai terapi agar nantinya tidak telalu sakit dan juga kotoran yang mengganjal pada mata akan keluar.

  1. membilas mata dengan air

Membilas mata dengan air sangat berguna untuk meredamkan goresan merah pada bola mata karena lukanya akan meresap dengan air.

  1. menggunakan tetes mata

Obat tetes air mata ini biasanya digunakan untuk pelumas yang berfungsi segabai air mata buatan sehingga akan meringankan kadar infeksi pada mata. Hal ini perlu dilakukan bagi anda yang baru saja terkena luka bagian mata akibat kuku untuk menghindari infeksi.

  1. konsultasi ke dokter

Tahap terakhir tentunya berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan apakah mata anda terinfeksi atau tidak.

Demikian penjelasan mengenai mata luka kena kuku. Semoga bermanfaat.

,