Sponsors Link

Penyebab Mata Mengantuk Tapi Tidak Bisa Tidur dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Anda pasti pernah mengalami kondisi dimana mata mengantuk tapi tidak bisa tidur. Anda merasa sangat lelah, tetapi tetap tidak bisa tidur. Setelah itu Anda merasa kurang tidur, tubuh tidak fit, serta emosi menjadi tidak stabil keesokan paginya. Terkadang kita perlu mengetahui cara mengatasi mata lelah karena kurang tidur.

ads

Ada beberapa penyebab dari kondisi tersebut. Faktor yang menyebabkan hal tersebut dapat berasal dari dalam tubuh kita ataupun faktor dari luar. Berbagai penyebab mata mengantuk tapi tidak bisa tidur yaitu:

  1. Jam kerja yang tidak teratur

Bagi Anda yang bekerja dengan sistem shift, Anda harus menyesuaikan pola tidur sesuai dengan jam kerja yang diberikan. Apabila Anda mendapatkan shift malam, maka Anda akan mengubah pola tidur menjadi pagi atau siang hari. Padahal tubuh Anda belum tentu terbiasa untuk beristirahat atau tidur di pagi atau siang hari. Mata Anda pun pastinya merasa lelah, anda perlu mengenali penyebab mata cepat lelah.

  1. Stress atau depresi

Stress atau depresi menjadi salah satu penyebab yang paling sering menyebabkan seseorang tidak bisa tidur meskipun mata sudah mengantuk. Stress biasanya dapat disebabkan oleh tekanan pekerjaan ataupun permasalahan pribadi. Saat stress Anda merasakan takut dan cemas yang berlebihan, sehingga otak bekerja lebih aktif dan membuat susah tidur.

Apabila tubuh Anda mudah lelah, emosi tidak stabil sehingga mudah marah, dan susah tidur meski sudah sangat lelah mungkin Anda mengalami depresi. Anda lebih baik berkonsultasi ke dokter. Jangan sampai kondisi tersebut menyebabkan jam tidur semakin terganggu dan berimbas pada masalah kesehatan.

  1. Olahraga Malam

Anda yang suka berolahraga di malam hari, jangan merasa heran jika Anda susah tidur meski sangat mengantuk. Olahraga di malam hari biasanya dilakukan setelah pulang dari kantor. Anda mungkin berpikir bahwa olahraga malam dapat membuat Anda cepat tidur karena badan akan merasa lelah. Namun, pada kenyataannya olahraga di malam hari menyebabkan Anda susah tidur. Hal itu terjadi karena masih adanya lonjakan energi dalam tubuh. Jangan pula kaget jika anda juga mengalami mata berkunang-kunang setelah olahraga.

  1. Konsumsi Obat

Konsumsi obat tertentu dapat menyebabkan susah tidur. Beberapa jenis obat memang menyebabkan rasa kantuk, tetapi tidak bisa membuat tidur nyenyak.

  1. Sakit

Saat kondisi kesehatan Anda sedang memburuk, Anda terkadang sering mengalami gangguan tidur. Mata Anda mungkin mengantuk, tetapi Anda tetap tidak bisa tidur. Ada beberapa penyakit yang menyebabkan susah tidur seperti diabetes, penyakit ginjal, penyakit jantung, gangguan pernapasan. Kenali pula pengaruh hipertensi pada mata, yang dapat menimbulkan beberapa gangguan.

  1. Tempat tidur yang tidak nyaman

Kondisi tempat  tidur yang tidak nyaman dapat menjadi salah satu penyebab mata ngantuk tetapi tidak bisa tidur. Anda akan terus menerus mencari posisi tidur yang pas karena tidak kunjung terlelap. Waktu tidur pun terbuang selama berjam-jam.

  1. Bermain ponsel

Ponsel memang sudah menjadi kawan setia bagi kebanyakan orang saat ini. Anda mungkin sering mengecek ponsel sebelum tidur untuk sekedar mengecek pesan dari keluarga atau rekan atau mungkin mencari tahu apa yang terjadi di media sosial. Hal ini ternyata tidak disarankan saat tubuh Anda lelah. Paparan cahaya biru dari layar ponsel akan mengacaukan hormon di dalam tubuh dan membuat susah tidur dan termasuk bahaya sinar hp untuk mata yang sangat perlu kita hindari. Alat elektronik lainnya seperti komputer ataupun televisi juga memberikan efek yang serupa.

Sponsors Link

Anda telah membaca beberapa penyebab dari mata mengantuk tapi tidak bisa tidur. Kemudian bagaimana mengatasi kondisi tersebut. Berikut adalah beberapa cara mengatasinya:

  1. Membersihkan tempat tidur

Anda baiknya membersihkan ruang tidur atau tempat tidur sebelum tidur. Tempat tidur yang bersih akan membuat Anda lebih nyaman. Tempat tidur yang kotor dapat menjadi sarang penyakit dan hewan-hewan kecil yang dapat mengganggu kenyamanan tidur Anda.

  1. Membersihkan diri sebelum tidur

Anda perlu membersihkan diri sebelum tidur setelah membersihkan tempat tidur. Bersihkan tubuh Anda dengan mencuci muka, tangan, dan kaki serta menggosok gigi. Tubuh yang bersih membuat Anda merasa lebih nyaman dan segar, sehingga Anda bisa tidur dengan nyenyak.

  1. Mengganti baju

Gantilah baju Anda dengan baju tidur atau baju yang nyaman untuk tidur. Anda sebaiknya menggunakan pakaian yang berbahan adem dan menyerap keringat, sehingga nyaman saat dipakai selama tidur.

  1. Buat to do list

Anda mungkin merasa khawatir karena beberapa hal sebelum tidur. Anda terus berpikir mengenai berbagai macam kegiatan yang akan dilaksanakan keesokan harinya. Anda dapat memanfaatkan sebuah buku catatan dan menulis apa saja yang memang harus Anda ingat atau dikerjakan pada hari berikutnya secara detail. Hal tersebut setidaknya dapat melegakan pikiran Anda.

  1. Makan malam sebelumnya

Makan malam dapat dilakukan 2 jam sebelum tidur agara perut tidak kosong. Hal tersebut bertujuan agar makanan dapat dicerna dahulu saat Anda terbangun.

  1. Minum air putih

Air putih baik untuk kebugaran tubuh Anda. Meminum air putih yang cukup menghindari tubuh dari dehidrasi. Sebaiknya hindari meminum minuman seperti kopi atau sirup. Minumlah air putih secukupnya sebelum tidur dan setelah bangun tidur.

Berikut adalah artikel mengenai mata mengantuk tapi tidak bisa tidur: penyebab dan cara mengatasinya. Anda dapat mencoba cara mengatasi susah tidur seperti yang disarankan. Namun, apabila Anda masih megalami gangguan susah tidur, Anda sebaiknya mengunjungi dokter untuk berkonsultasi lebih lanjut.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup