Sponsors Link

Penyebab Mata Merah Setelah Melahirkan Dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Banyak diantara ibu hamil yang sehabis proses melahirkan mengalami kemerahan pada mata. Namun adakah yang tau apa penyebab iritasi mata merah ini? Dan bagaimana cara mengatasinya? Karena memang merahnya mata ini sangat mengganggu penampilan mata Anda.

ads

Ketika ibu hamil memasuki waktu beberapa minggu atau beberapa hari menjelang persalinan, biasanya pasti akan menyiapkan berbagai persiapan seperti baju bayi, kain bayi dan berbagai perlengkapan bayi lainnya dan juga berbagai perlengkapan buat ibu. Namun tahukah Anda bahwa proses pada saat persalinan berlangsung pun perlu dipersiapkan dari jauh-jauh hari sebelum waktu menjelang persalinan itu tiba.

Pada proses persalinan tersebut jika tidak kita persiapkan, seperti contohnya teknik mengejan yang benar, dan juga berbagai teknis seputar proses bersalin, tentunya akan menimbulkan berbagai resiko pada ibu, seperti robekan pada perineum, kasus persalinan lama dan salah satunya adalah pecahnya pembuluh darah pada mata ibu yang menyebabkan mata ibu memerah setelah bersalin. Dan di bawah ini adalah penyebab pembuluh darah pada mata ibu pecah.

Penyebab mata merah pada ibu setelah bersalin

  • Teknik mengejan yang salah

Pada dasarnya proses persalinan secara normal ini adalah proses fisiologis yang terjadi, yaitu ketika ibu berusaha untuk mengejan agar dapat membantu janin yang ada dalam kandungannya itu lahir. Namun tahukah Anda bahwa salah dalam mengejan dapat saja berakibat buruk bagi ibu. Jika salah dalam mengejan akan menyebabkan pembuluh darah pada mata ibu pecah.

Maka teknik mengejan yang baik adalah dengan tetap membuka mata ibu saat mengejan, disertai dengan teknik pernapasan yang tepat. Hal ini agar ibu terhindar dari mata merah setelah melahirkan yang diakibatkan oleh pembuluh darah pada mata yang pecah.

Jadi, disarankan bagi ibu yang merencanakan persalinan normal, diharapkan untuk berlatih proses mengejan dengan cara yang baik dan benar.

  • Tekanan darah tinggi (Hipertensi)

Tekanan darah tinggi atau yang dikenal dengan hipertensi dalam istilah medisnya adalah suatu kondisi atau keadaan dimana tekanan darah pada arteri ibu meningkat dan melebihi batas normalnya. Dan pada ibu yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, lebih beresiko mengalami pembuluh darah mata pecah, karena pada saat terjadi hipertensi menyebabkan penebalan pada pembuluh darah mata yang akan mengakibatkan penyempitan pada arteri, sehingga lama kelamaan menyebabkan kerusakan pada jaringan retina.

Pada ibu dengan hipertensi ini rentan terhadap pembuluh darah mata pecah, hal ini disebabkan karena akibat dari hipertensi tersebut telah membuat saraf-saraf dan juga pembuluh darah pada mata ibu rusak. Ditambah lagi jika ibu mengejan saat bersalin, maka hal tersebut akan memicu pecahnya pembuluh darah pada mata, disebabkan adanya tekanan pada otot-otot mata dan juga pembuluh darah pada mata.

Sponsors Link

  • Lamanya proses persalinan

Pada ibu yang mempunyai kondisi tertentu seperti, bayi besar, distosia bahu, panggul sempit dan lemahnya kontraksi. Lebih beresiko terhadap pecahnya pembuluh darah pada mata. Hal tersebut dikarenakan pada saat mengalami kondisi tersebut, ibu tentunya lebih kuat mengedannya dan juga lebih lama. Dengan proses mengedan yang kuat dan dalam waktu yang cukup lama inilah yang menjadi penyebab pembuluh darah pada mata pecah.

Itulah beberapa peyebab mata bengkak setelah melahirkan dan merah. Pada dasarnya dapat sembuh dengan sendirinya, karena lama-kelamaan darah akan terabsorpsi (terserap) dengan sendirinya selama kurang lebih 1 – 2 minggu. namun beberapa cara di bawah ini dapat membantu proses pemulihan pada mata ibu :

  1. Mengompres dengan es

Yaitu dengan cara meletakkan es batu pada sebuah kain dan kemudian taruh pada mata. Atau bisa juga dengan menggunakan kain yang dicelupkan ke dalam air es, kemudian diamkan selama kurang lebih 10 – 15 menit. Lakukan hal ini beberapa kali, karena air es tersebut mampu merilekskan otot – otot mata yang tegang dan juga melancarkan peredaran darah pada mata. Bisa juga digunakan sebagai cara menghilangkan kerutan dibawah mata dengan es batu.

       2. Mengompres dengan kantung teh

Dengan meletakkan kantung teh dingin pada mata mampu membantu meredakan mata merah pada ibu. Karena zat yang terdapat pada teh mampu mengurangi peradangan pada mata. Yaitu dengan cara memasukkan kantung teh yang habis Anda pakai ke dalam lemari es, kemudian diamkan selama 15-20 menit atau sampai kantung teh terasa dingin, baru setelah itu letakkan kantung teh tersebut pada mata Anda dan diamkan selama kurang lebih 10 – 15 menit.

Sponsors Link

       3. Dengan air mawar

Cara mengobati mata merah dengan bahan alami bisa menggunakan air mawar. Khasiat alami dari bunga mawar dapat memberikan efek nyaman pada mata Anda, sekaligus dapat mencegah iritasi lebih lanjut. Caranya yaitu dengan merendam bunga mawar di air dingin, kemudian gunakan air bekas rendaman tersebut untuk mencuci mata merah Anda.

      4. Mengkonsumsi nutrisi untuk kesehatan mata

Seperti tubuh Anda jika sedang sakit, dengan mengkonsumsi nutrisi yang baik untuk kesehatan mata tentunya dapat membantu proses pemulihan pada mata Anda. Seperti makanan yang mengandung vitamin A, omega 3 dan juga anti oksidan yang tinggi, yang banyak terdapat pada ikan salmon, kacang-kacangan, buah buahan segar, serta sayuran berwarna hijau tua.

      5. Obat mata

Air mata buatan atau obat mata yang biasa digunakan untuk mengobati mata merah, dapat dijadikan alternatif bagi Anda untuk mengobati merah pada mata Anda. Namun jangan lupa dengan menggunakan resep dokter.

Sekian pembahasan tentang penyebab mata merah setelah melahirkan serta berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat proses pemulihan. semoga bermanfaat!

, , ,