Sponsors Link

Apakah Ibu Hamil Penderita Mata Minus Bisa Melahirkan Normal?

Sponsors Link

Kondisi jenis penyakit mata mata minus bisa kelahiran normal menjadi hal yang masih pro dan kontra jika melihat pada pandangan medis. Tidak sedikit, dokter yang menyarankan ibu hamil dengan kondisi mata minus melahirkan dengan cara caesar. Tujuannya adalah untuk memperkecil resiko kelahiran yang tidak normal. Saat masa kehamilan sebaiknya Anda melakukan terapi mata minus dengan pijat.

ads

Mengapa harus caesar? Beberapa dokter berpendapat bawah ibu dengan kondisi mata minus dan akan melahirkan mempunyai kondisi perubahan hormon pada bagian tubuh terutama di bagian mata minus. Sehingga operasi caesar bisa menjadi salah satu alternatif terbaik.

Lalu, apakah bisa ibu hamil dengan kondisi mata minus melahirkan secara normal?

Tentu saja bisa, asalkan kondisi mata minus ibu tida lebih dari 6 dioptri. Karena jika melebihi kondisi tersebut akan sangat rentan terkena resiko saat proses melahirkan dengan normal.

Hubungan Mata Minus dengan Resiko Melahirkan Normal

Saat seorang ibu akan melahirkan dengan normal maka dengan otomatis iya akan mengedan. Saat hal tersebut terjadi maka bagian otot pada bagian panggul akan bekerja dengan sangat keras, begitu juga pada otot bagian mata yang akan ikut menjadi tegang. Saat mengedan, secara langsung otot mata akan terpengaruh. Maka jika ternyata ibu mempunyai kondisi mata minus, bagian syaraf matanya dapat rusak ketika proses mengedan tersebut berlangsung, resiko akan lebih besar pada ibu dengan mata minus 6 dioptri.

Beberapa resiko Ibu dengan mata minus saat melahirkan normal:

  • Mengalami kondisi ablasio

Saat ibu hamil dengan mata minus tinggi melahirkan secara normal, biasanya ada saja yang terserang kondisi ablasio retina. Kondisi tersebut juga bisa saja menyerang pada ibu hamil yang mengalami preeklamsia. Kondisi ini terjadi karena adanya penumpukan cairan di bawah mata sehingga penglihatan pada syaraf optik menurun dengan cukup drastis. Cobalah melakukan terapi mata minus alami saat masa kehamilan.

  • Terjadi peradangan pada bagian mata

Ibu hamil yang mempunyai kondisi mata minus lebih dari 6 kemudian melakukan proses kelahiran normal juga akan sangat rentan terserang peradangan pada bagian matanya. Ini merupakan efek samping dari proses mengendan. Mata akan terasa sangat perih, panas dan juga berwarna merah. Penyembuhan peradangan ini juga cukup lama. Memanfaatkan fungsi kacamata minus juga biasanya akan digunakan oleh para ibu hamil.

  • Adanya kerusakan pada bagian syaraf mata

Resiko yang cukup berat lainnya saat ibu dengan mata minus melahirkan secara normal adalah rusak bagian syaraf mata. Jika ternyata hal tersebut terjadi pada ibu hamil maka bagian penglihatan bisa sangat terganggu atau bahkan kemampuan untuk melihat ibu tidak ada sama sekali saat proses kelahiran berlangsung, atau mengalami buta mendadak sementara. Namun tenang saja, resiko kebutaan permanen hanya 1:1000 terjadi pada ibu mata minus yang melahirkan secara normal.

Apa yang dapat ibu lakukan untuk menghindari masalah saat proses kehamilan karena mata minus?

Sponsors Link

Yang paling utama adalah sebelum masa kehamilan ibu tiba, ia sudah mempersiapkan segala kemungkinan resiko terjadi. Jika memang memiliki masalah pada bagian matanya maka periksakanlah kondisi mata Anda, apakah akan sangat berpengaruh atau tidak jika melahirkan dengan cara normal. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan mata, karena selain akan baik untuk mata Anda juga akan sangat baik untuk mata bayi saat proses kelahiran.

Jadi sudah sangat jelas, apakah ibu hamil penderita mata minus bisa melahirkan norma? Tentu saja bisa, asalkan mata minus tidak melebih 6 dioptri, dan ibu bisa mengkonsultasikan kesehatan lebih dulu sebelum proses kelahiran.

, ,