Sponsors Link

Mata Pegal dan Kedutan : Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Keluhan ringan pada mata menjadi salah satu kondisi yang sangat umum. Semua orang mungkin pernah merasa mata tidak nyaman, mata sangat kering, mata lelah, mata buram dan gangguan penglihatan. Hanya saja jika kondisi tersebut terjadi terus menerus maka bisa menjadi hal yang sangat tidak nyaman. Penderita biasanya juga akan merasa tekanan fisik karena memikirkan penyakit yang mungkin di derita.

ads

Salah satu kondisi biasa yang bisa menjadi tidak biasa adalah ketika mata pegal dan kedutan. Jika kondisi ini terjadi hanya sekali atau dua kali saja maka tidak masalah. Tapi jika terjadi terus menerus maka bisa sangat tidak nyaman. Anda harus mencari penyebab dan perawatan yang tepat. Berikut ini kami jelaskan mengenai mata pegal dan kedutan termasuk penyebab dan cara mengatasi.

Penyebab

1. Otot Lensa Mata Tegang

Pegal dan kedutan yang terjadi bersamaan serta terus menerus bisa disebabkan karena otot lensa mata terlalu tegang. Kondisi ini sangat umum untuk pemakai kacamata. Gejala ini juga bisa terjadi karena lensa kacamata sudah tidak sesuai dengan kondisi mata. Termasuk untuk penderita rabun jauh dan rabun dekat. Jadi memang ada banyak akibat memakai kacamata yang tidak sesuai. Kondisi ini tidak hanya menyerang yang sudah menggunakan kacamata dalam waktu lama tapi juga untuk yang baru saja menggunakan kacamata sehingga lensa mata masih beradaptasi.

2. Mata Lelah

Penyebab lain dari mata yang pegal disertai kedutan adalah mata yang lelah. Mata lelah biasanya banyak diabaikan karena dianggap gejala akan hilang sendiri secara alami. Ada banyak penyebab mata cepat lelah seperti mata yang terus melihat komputer atau gadget, mata kurang istirahat akibat terlalu sering kurang tidur, mata yang digunakan beraktifitas di ruangan yang redup atau kurang cahaya, saat mengemudikan kendaraan terlalu lama di cuaca yang panas, akibat menangis terlalu lama, dan juga akibat stres.

3. Sedang Demam

Mata pegal dan kedutan juga sering dialami untuk yang baru sakit, seperti demam. Demam bisa mempengaruhi sistem syaraf terutama yang berhubungan dengan sakit kepala, ngilu dan lemah. Akibatnya mata menjadi sangat lelah, kedutan dan sangat pegal. Kondisi inilah yang harus segera diatasi. Dengan obat penghilang demam maka kondisi mata akan membaik perlahan.

4. Penyakit Iritis

Penyakit mata seperti iritis ternyata bisa menyebabkan mata pegal dan kedutan. Kondisi inilah yang membuat mata menjadi sangat tidak nyaman. Iritis sendiri adalah peradangan yang menyerang bagian iris mata sehingga bagian ini mengalami pembengkakan dan jaringan mata akan mengalami kerusakan. Meskipun sepele penyakit ini biasanya menyebabkan kebutaan sementara yang diawali dengan pandangan kabur. Terkadang kondisi ini juga diawali dengan sakit di sudut mata.

5. Gejala Penyakit Glaukoma

Penyakit glaukoma menjadi salah satu penyakit mata yang sangat menakutkan. Masalah ini sebenarnya terjadi karena penyempitan atau pembelokan pada sudut mata. Ada banyak jenis penyakit glaukoma seperti glaukoma sudut terbuka, sudut tertutup, akibat tekanan normal, sekunder dan kongenital. Penyakit ini awalnya disertai dengan rasa lelah yang berkembang menjadi rasa pegal dan kedutan. Jadi dua gejala biasa ini harus diwaspadai.  

6. Penyakit Skleritis

Terjadinya masalah seperti peradangan pada sklera menyebabkan skleritis yang diawali dengan masalah pegal dan kedutan. Sklera adalah bagian mata paling luar dari mata dengan warna putih, bersifat tembus cahaya, bersifat elastis, dan mengandung kolagen yang cukup banyak. Beberapa fungsi sklera pada mata adalah untuk melindungi area bola mata. Sehingga sklera akan mencegah kerusakan pada mata baik itu akibat benda dari luar atau serangan pada otot mata.

7. Aktifitas Fisik yang Berat

Ternyata pegal dan kedutan juga bisa terjadi karena aktifitas fisik yang berat. Ketegangan pada otot leher, otot punggung atas dan bagian tubuh yang lain akan merangsang syaraf mata menjadi tegang dan lelah. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang yang bekerja dengan angkat beban, bekerja dengan posisi yang sama dalam waktu lama, dan olahraga beban yang berlebihan.

8. Efek Alkohol

Khusus untuk orang yang terbiasa minum alkohol maka mata pegal dan kedutan juga bisa terjadi karena efek alkohol. Kondisi ini sangat mungkin terjadi karena alkohol yang menumpuk terus menerus dalam tubuh bisa memicu masalah syaraf dan kemudian menjalar ke sistem syaraf mata. Terkadang penderita juga akan mengalami kesulitan berkedip dan mata kering.

9. Efek Kafein

Kafein ternyata juga bisa menyebabkan efek mata yang pegal dan kedutan. Kondisi ini bisa terjadi karena kafein bisa merangsang syaraf mata bekerja secara berlebihan. Terlebih jika setiap hari terlalu banyak kafein yang masuk ke dalam tubuh. Perubahan senyawa alami dalam tubuh akibat kafein juga membuat mata menjadi tidak nyaman.

10. Efek Cahaya Terlalu Terang

Mata pegal dan kedutan bisa terjadi ketika mata menatap sumber cahaya yang terlalu terang. Kondisi ini mungkin terjadi ketika mata terus menatap gadget atau cahaya lampu mobil dari arah yang berlawanan. Jika memang terjadi karena efek cahaya maka biasanya mata pegal dan kedutan akan cepat sembuh.

11. Akibat Stres

Banyak orang yang percaya bahwa mata pegal dan kedutan terjadi karena kepercayaan mitos seperti berhubungan dengan rejeki atau musibah. Namun sebenarnya mata pegal dan kedutan juga bisa berhubungan karena stres. Misalnya penderita sedang memikirkan hal berat, kerabat ada yang sakit, masalah pekerjaan dan masalah kehidupan  yang lain. Gejala ini biasanya akan hilang sendiri ketika stres berkurang atau sembuh.

12. Gejala Bell’s Palsy

Mata pegal dan kedutan juga bisa terjadi karena penyakit Bell’s Palsy. Kondisi ini biasanya termasuk sebagai gejala awal sehingga sering diabaikan. Penyakit ini akan menyerang sistem syaraf yang kemudian masuk ke syaraf mata. Terapi dan obat diperlukan agar penyakit bisa sembuh.

Cara Mengatasi

  1. Lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Dua gejala ini tidak bisa diabaikan karena bisa saja menjadi gejala penyakit yang berat.
  2. Cobalah untuk tidak stres dan istirahat dengan baik. Mata Anda mungkin hanya lelah sehingga atur kondisi yang baik untuk mata.
  3. Cobalah mengonsumsi makanan yang kaya dengan nutrisi vitamin A dan magnesium. Nutrisi akan mengatasi gangguan ini dari dalam tubuh.

Itulah keterangan mengenai mata pegal dan kedutan termasuk penyebab dan cara mengatasi. Sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter mata agar bisa mendapatkan pemeriksaan yang tepat.

, ,



Oleh :