Sponsors Link

Penyebab Mata Perih Saat Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Jika saat bangun pagi anda merasakan mata perih yang pasti ini sangat mengganggu, harusnya bangun pagi menjadi awal hari yang segar sehingga semakin optimis menghadapi aktivitas yang akan dilalukan. Namun saat mata melek dan merasa perih, rasanya hal ini akan merusak hari anda, jika anda tidak bisa mengendalikan perasaan anda.

ads

Mata perih saat bangun tidur pada dasarnya merupakan akibat dari mata kering. Sedangkan mata kering sendiri dipicu oleh beberapa masalah yang menyebabkannya. (Baca juga: Cara mengatasi mata kering dan perih)

Salah satu diantaranya adalah kurangnya waktu tidur. Waktu tidur yang kurang akan berpengaruh pada sistem hormonal. Dimana kelenja air mata atau kelenjar lakrimal ini terhubung ke otak melalui sirkuit neurologis. Jika seseorang kekurangan tidur maka produksi ini air mata ini akan menurun sehingga mata bisa menjadi kering.

Penyebab lain mata kering adalah kelelahan otot mata setelah menjalani aktivitas yang membutuhkan konsentrasi visual, seperti bekerja di depan layar komputer, menggunakan smartphone dalam waktu lama dan beberapa jenis pekerjaan lain yang mengandalkan mata. Saat mata dalam kondisi siaga, mata menjadi jarang berkedip, padahal berkedip ini adalah proses membasahi bola mata dengan air mata. Jika jarang berkedip maka mata akan menjadi kering dan bisa menyebabkan rasa perih terutama disaat bangun tidur.

Baca juga:

Selain permasalahan dengan air mata, mata perih saat bangun tidur ternyata merupakan indikasi masalah yang lebih serius seperti peradangan yang terjadi pada mata akibat infeksi bakteri atau cidera mata. Untuk infeksi mata bisanya disertai dengan tanda mata mengeluarkan lendir baik yang berwarna kuning maupun putih. Sedangkan cidera mata yang serius biasanya ditandai keluarnya darah pada titik tertentu di bola mata. Jika yang terjadi jenis penyakit mata demikian maka segera periksakan ke dokter mata. (Baca juga: Gejala kanker mata stadium awal dan cara mengobatinya)

Mengatasi Mata Perih Saat Bangun Tidur

Jika anda memiliki keluhan mata perih saat pertama kali membuka mata anda setelah tidur maka beberapa cara dibawah ini bisa menjadi solusi tebaik bagi mata anda. Sebelumnya ada bisa pastikan terlebih dahulu apakah ada luka serius pada mata anda yang ditandai dengan adanya lendir berwarna kuning maupun putih yang lengket pada mata anda. Jika tidak ada bisa jadi hanya mata kering atau dry eyes saja yang menyebabkan mata anda perih saat bangun tidur. Cara mengatasinya adalah sebagai berikut:

  1. Menggunakan air mata buatan. Air mata buatan ini berfungsi hanya untuk melegakan efek dari mata kering saja. Air mata buatan ini tidak mengobati penyebab mata kering. Untuk mendapatkan air mata buatan ini anda bisa membelinya di apotik terdekat.
  2. Menggunakan obat tetes mata. Obat tetes mata ini selain berfungsi untuk membasahi mata yang kering juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan iritasi yang terjadi pada mata. Gunakan obat tetes mata ini sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tertera didalam box kemasan.
  3. Mengkompress mata dengan air hangat. Cara ini bisa anda lakukan jika langsung setelah anda merasakan mata perih saat bangun tidur. Celupkan kain yang lembut pada air hangat kemudian tempelkan pada kelopak mata sekitar 15 menit. Cara ini setidaknya akan membantu hidrasi mata, sehingga mata tidak lagi kering untuk beberapa saat.
  4. Istirahat yang cukup. Mata kering yang diakibatkan terganggunnya produksi air mata dapat ditanggulangi dengan istirahat yang cukup. Pastikan anda cukup istirahat sesuai dengan anjuran kesehatan minimal 8 hari perjam. Terlebih jika mata perih yang anda rasakan ini terjadi setelah anda begadang atau kurang tidur dalam beberapa hari.
  5. Minum air putih yang cukup. Kekurangan air dalam tubuh juga dapat membuat terganggunya fungsi mata, sehingga mata akan mengalami beberapa masalah yang bisa menganggu akivitas anda, salah satunya adalah mata kering.
Sponsors Link

Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah asupan gizi untuk menutrisi mata kering yang anda rasakan. Usahakan pola hidup yang sehat dan makan makanan bergizi agar sistem metabolisme tubuh terutama di bagian mata tidak mengalami gangguan.

Baca juga:

Selain tindakan-tindakan yang bisa anda lakukan sendiri untuk mengatasi permsalahan mata yang anda hadapi. Sebaiknya anda perlu berkonsultasi langsung kepada dokter mata agar indentifikasi terhadap penyakit mata yang anda alami lebih tepat dan bisa segera dilakukan tindakan medis untuk mengatasinya.

Demikian ulasan mengenai penyebab mata perih saat bangun tidur berserta penanganannya, semoga bermanfaat untuk anda, dan juga orang-orang di sekitar anda yang sedang mengalami problem mata kering saat bangun tidur.

, , , ,