Sponsors Link

Penyebab Mata Perih Saat Berkedip dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Mata perih saat berkedip ini menjadi sanagat mengganggu aktivitas harian anda. Jika hal ini dibiarkan maka muka anda akan kelihatan sembab seperti orang habis nangis, yang pasti kondisi seperti akan akan menjadikan anda kurang nyaman dalam menjalankan aktivitas harian anda, bertemu dengan banyak orang.  Jangan sampai masalah mata perih saat berkedip ini merusak hari hari anda.

ads

Penyebab Mata Perih saat Berkedip

Mata perih saat berkedip disebabkan oleh beberapa hal yang perlu anda ketahui agar cara mengatasinya juga tepat.  Sebab setiap penyebab memiliki penanganan yang berbeda dalam penyembuhannya. Berikut ini 4 penyebab mata
perih saat berkedip.

  1. Kemungkinan adanya benda asing yang masuk ke dalam mata kemudian benda asing menggesek lapisan mata sehingga membuat iritas atau luka pada mata. Kejadian benda asing masuk kedalam mata ini biasanya disebut dengan kelilipan. Umum terjadi adanya tanah atau pasir yang terciprat kemudian masuk ke dalam mata, atau hewan semacam nyamuk kecil yang masuk ke mata, biasa terjadi pada pengendara motor di malam hari. Kondisi ini akan diperburuk jika anda mengucek mata dengan tangan anda.
  2. Peradangan yang terjadi pada selaput bening di bagian mata depan atau secara medis di sebut dengan konjungtivitis. Konjungtivitis adalah infeksi mata yang terjadi karena infeksi yang disebabkan oleh jamur atau virus pada lapis konjungtiva, yaitu lapisan bola mata atau kelapak mata. Konjungtivitis ini ditandai dengan mata berair, perih dan juga timbul kotoran pada mata atau belekan. (Baca juga: Penyebab Mata Belekan Terus Menerus dan Cara Mengatasinya)
  3. Mata kering/dry eyes. Kasus ini biasanya tejadi pada orang yang bekerja di depan komputer dalam waktu lama. Mata bekerja keras dalam waktu lama ke layar monitor akan mengalami kekeringan sehingga jika ini terjadi secara terus menerus akan menyebabkan mata kering dan perih saat berkedip. Untuk mengantisipasi hal ini sebelum anda mengalami mata perih, dianjurkan untuk mengedipkan mata secara berkala saat bekerja di depan komputer, atau untuk lebih jelasnya anda bisa mencari referensi tips menjaga kesehatan mata di depan komputer agar mata kering tidak terjadi pada anda.
  4. Ashthenopia adalah jenis kelainan pada mata yang tejadi akibat terlalu lama mata bekerja. Hal ini biasaya terjadi pada orang yang bekerja di depan layar komputer atau di depan layar hape, atau juga bisa terjadi pada penjahit yang menggunakan matanya untuk mengawasi hasil jahitan. (Baca juga: cara mengatasi mata lelah karena hp)
  5. Alergi mata: Alergi mata ini dapat disebabkan karena alergi debu, alergi serbuk bunga atau juga alergi kosmetik yang dipakai disekitar mata.

Cara Mengatasi Mata perih Saat Berkedip Berdasarkan Penyebabnya

Penananganan mata perih saat berkedip akan berbeda-beda sesuai dengan penyebabnya. Diperlukan ingatan atau analisa penyebab mata perih yang terjadi pada diri anda.

Untuk mata yang perih saat berkedip yang disebabkan karena paparan debu atau asap kendaraan dapat hilang dengan sendirinya setelah beberapa jam. Dengan catatan anda menghindari penyebabnya.

Untuk mata yang perih saat berkdip dan kemudian terasa gatal-gatal, usahakan tidak mengucek mata. Mata bisa dikompres dengan air dingin. Jika mata pedih sampai menimbulkan kotoran seperti belekan yang menempel pada bulu mata, maka anda bisa membersihkan kotoran mata tersebut dengan menggunakan air hangat.

Mata perih saat berkedip yang diakibatkan karena alergi terhadap kosmetik maka cara mengatasinya adalah dengan menghindari dengan kontak alergen atau hal-hal yang menyebabkan alergi mata. Selain itu anda bisa juga menggunakan obat tetes mata yang diresepkan oleh dokter.

Untuk mengatasi mata perih saat berkedip yang disebabkan karena mata kering adalah dengan cara mengobatinya dengan air mata buatan.

Baca juga:

Sponsors Link

Sedangkan mata perih saat berkedip yang diakibatkan karena konjungtivitis maka cara mengatasinya dengan memerhatikan beberapa hal dibawah ini.

  • Usahakan kondisi tangan selalu bersih dengan cara rajin mencuci tangan.
  • Tidak menyentuh mata yang belum terkena dengan konjungktivitis. Misalkan yang terkena konjungitivitis mata kanan, anda disarankan untuk tidak menyentuh tangan kiri anda dengan tangan, sebab hal ini bisa menyebabkan mata kiri terkena konjungtivitis juga.
  • Menggunakan antibiotik dalam bentuk tetes mata yang diresepkan oleh dokter untuk infeksi mata yang disebabkan karena bakteri.
  • Jika antibiotik tetes ini tidak bisa mengatasi infeksi, biasanya dokter akan melanjutkan resep antibiotik oral, yang diminum untuk mngobati infeksi mata tersebut.
  • Untuk infeksi yang disebabkan oleh virus tidak perlu menggunakan obat khusus untuk penyembuhannya.
  • Sebab infeksi jenis ini bisa sembuh dengan sendirinya setelah waktu 2 sampai 3 minggu.
  • Tetes mata steroid dapat digunakan untuk mengurangi rasa gatal dan pedih pada mata yang diakibatkan karena peradangan.

, , , ,