Sponsors Link

Penyebab Mata Perih Tapi Tidak Merah Dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Mata perih tapi tidak merah kerap kali datang saat Anda melakukan aktivitas. Namun apa sebenarnya penyebab mata perih tersebut ? dan bagaimanakah cara mengatasi mata perih tersebut agar tidak kerap datang ? Berikut ulasan pada artikel ini mengenai penyebab perih pada mata dan juga cara mengatasinya.

ads

Kondisi kekeringan pada mata dapat memicu terjadinya perih pada mata Anda. Hal ini dapat terjadi ketika cairan yang ada pada mata Anda tidak mencukupi. Dan di bawah ini beberapa penyebab penyebab perih pada mata Anda :

         1. Pengaruh cuaca

Biasanya mata cenderung sering terasa perih saat cuaca di sekitar Anda sedang panas, atau pada saat musim kemarau. Hal ini dikarenakan pada saat musim kemarau cuaca dan juga udara cenderung kering dan panas. Sehingga berdampak pada kurangnya kelembapan pada mata dan minimnya cairan yang ada pada mata. Hal tersebutlah yang membuat Anda merasakan mata Anda perih.

        2. Penggunaan lensa kontak

Pada penggunaan lensa kontak yang tidak memperhatikan cara yang baik dan benar dalam pemakaiannya, juga dapat memicu timbulnya perih pada mata Anda. Contohnya saja bagi Anda yang sering kelupaan menggunakan lensa kontak saat Anda tertidur, hal ini dapat berdampak pada iritasi mata Anda dan menyebabkan mata Anda perih serta menjadi faktor penyebab iritasi mata merah. Juga pada pemakaian lensa kontak yang sudah lewat masa berlakunya, kemudian pada lensa kontak yang tidak terjaga kesterilannya, hal ini dapat membuat mata kemasukan kuman atau bakteri yang menyebabkan mata perih.

        3. Faktor genetik

Corneal stromal dystrophy adalah suatu kelainan mata karena faktor genetik yang memungkinkan terjadinya gangguan mata perih. Kondisi ini terjadi pada kornea mata Anda, dimana terjadinya penumpukan partikel asing, termasuk kristal lipid dan juga kolesterol. dan bila dibiarkan dalam jangka waktu panjang akan mengakibatkan kerusakan pada mata Anda.

        4. Bahan Iritan

Asap rokok, polusi dan juga air kolam renang yang mengandung klorin, adalah termasuk beberapa bahan yang dapat mengiritasi mata. Bahan-bahan tersebut sering dijumpai pada kehidupan Anda sehari-hari. Apalagi jika berada di kota besar, asap-asap kendaraan, asap pabrik, asap rokok dan juga asap pembakaran, seringkali mencemari udara yang dapat merusak  organ pernapasan. Namun tidak hanya organ pernapasan, bahan-bahan iritan ini mampu menyebabkan iritasi pada mata dan membuat mata Anda terasa panas dan juga perih.

        5. Terlalu lama menatap layar Hp atau laptop

Seringkali ketika kita berada di depan layar hp atau laptop dalam waktu lama menyebabkan mata menjadi perih. Hal ini terjadi karena menatap layar hp atau laptop dalam waktu yang lama, dapat membuat otot mata tegang dan mata lelah. Itulah yang membuat mata Anda menjadi perih. Efek radiasi hp terhadap mata juga sangat tinggi dan dapat menyebabkan penyakit mata akibat radiasi hp, seperti katarak, kerusakan retina dan lainnya. Oleh karena itu usahakan untuk diselingi jeda istirahat jika memang keseharian Anda berada lama di depan laptop, hal ini untuk mengurangi kelelahan serta ketegangan pada otot mata yang membuat mata perih.

Sponsors Link

       6. Benda asing masuk ke dalam mata

Seringkali secara tidak sengaja mata kemasukan debu, serangga atau partikel-partikel kecil di dalamnya. Hal ini dapat menyumbat saluran air mata, dan juga telah kita ketahui bahwa mata adalah organ yang sangat sensitif yang jika terkena sesuatu pasti akan langsung berdampak mata perih atau yang lainnya.

       7. Mata Kering

Keadaan kering pada mata seringkali menjadi penyebab mata perih. Hal ini karena kurangnya produksi air mata yang melembabkan mata kita. Biasanya kondisi mata kering ini terjadi saat kita terlalu lama berada di ruangan ber ac. Ruangan yang ber ac memang selain membuat kulit kering, juga dapat membuat mata menjadi kering dan menimbulkan perih.

        8. Konjungtivitis

Konjungtivitis merupakan salah satu kondisi pada mata yang menyebabkan salah satu gejala yaitu terasa perih pada mata. Kondisi ini menyerang bagian konjungtiva pada mata, yang kemudian menimbulkan perih pada mata.

Sponsors Link

Cara Mengatasi Perih Pada Mata :

  • Mengompres dengan air dingin merupakan cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan perih pada mata. Efek dingin yang ada mampu memberikan efek rileks pada mata, dan menghilangkan ketegangan serta kelelahan pada mata, sehingga perih pada mata pun dapat hilang. Caranya yaitu dengan menggunakan handuk kecil, waslap atau kain bersih yang dicelupkan pada air dingin, yang kemudian diperas air nya lalu dikompreskan pada mata selama kurang lebih 15-20 menit.
  • Selain mengompres dengan air dingin, air hangat pun mampu mengatasi perih pada mata. Dengan cara kain bersih atau waslap dicelupkan pada air hangat lalu kemudian taruh pada mata, dan diamkan selama kurang lebih 15-20 menit. Jangan lupa untuk mencelupkan kembali kain atau waslap jika dirasa kain atau waslap tersebut sudah hilang rasa hangatnya.
  • Bila pada kasus mata Anda kemasukan debu atau partikel-partikel kecil atau benda asing. Anda dapat membilas mata Anda dengan air bersih. Dengan cara bungkukan mata Anda di dekat kran lalu alirkan air pada mata Anda.
  • Lakukan sedikit pijatan pada kelopak mata Anda dan juga pada pelipis Anda. Hal ini untuk melancarkan aliran darah pada mata dan menghilangkan ketegangan pada otot mata.
  • Jangan lupa untuk menggunakan kacamata atau ketika hendak berpergian yang rentan terkena debu atau partikel-partikel kecil. Dan juga hindarkan berbagai penyebab yang menyebabkan mata perih yang telah disebutkan sebelumnya.

Demikian artikel megenai mata perih tapi tidak merah. Semoga informasi yang ada pada artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

, , , ,