Sponsors Link

Penyebab Mata Sakit Saat Berkedip dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Mata merupakan salah satu bagian panca indera yang sensitif, jika terjadi sesuatu maka akan langsung terasa sakitnya atau perbedaannya. Maka dari itu, untuk menjaga mata tetap nyaman dan berfungsi dengan baik perlu menjaga kesehatan mata. Jangan memasukan benda asing seperti softlens jika tidak sesuai dengan kebutuhan mata yang sangat penting. Karena bila adanya kerusakan pada benda asing tersebut maka mata akan merasakan dampaknya secara langsung dan hal itu dapat mengganggu kenyamanan saat melihat.

ads

Mengkonsumsi buah dan sayur penting untuk menjaga kebutuhan tubuh. Seperti halnya mengkonsumsi wortel dapat membantu menjaga kesehatan mata. Jika mata tidak dapat berfungsi dengan baik maka untuk melakukan suatu pun akan menjadi bermasalah karena penglihatannya terganggu.

Mata manusia dapat menjaga kelembabannya sendiri dengan cara menutup kelopak mata, maka manusia sering kali berkedip dengan rentang waktu yang berbeda setiap orang. Semakin dewasa maka rentang waktu berkedip akan semakin sering. Hal ini dikarenakan banyaknya aktivitas sehingga mata tetap terjaga, sedangkan pada bayi akan berkedip dengan rentang waktu yang jarang, karena bayi lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur. Maka kelopak mata akan lebih lama tertutup dan kelembaban mata tetap terjaga.

Namun bagaimana jika saat berkedip, mata terasa sakit? apa saja penyebabnya? Ini dia penjelasannya.

1. Mata Kering

Adapun gejala lain yang dapat menyebabkan mata sakit saat berkedip diantaranya mata yang kering serta mata terasa tidak nyaman karena seperti ada benda asing pada mata. Dan juga mata yang kemerahan serta mata yang menjadi sensitif dengan cahaya. Mata kering dapat terjadi karena beberapa sebab, diantaranya:

  • Usia tua, pada usia yang bertambah tua mata sering kali kurang beristirahat sehingga kelembaban matapun berkurang.
  • Perubahan hormon yang terjadi pada wanita, terjadi ketika wanita hamil, menggunakan alat kontrasepsi, dan menopause.
  • Menggunakan obat-obatan tertentu.
  • Adanya penyakit seperti tiroid, diabetes, dan juga penyakit artritis rheumatoid.
  • Terkena iritasi karena polusi udara, angina juga matahari.
  • Menyaksikan Televisi yang terlalu lama, juga melihat gadget terlalu lama dapat menyebabkan mata kering.
  • Telah melakukan operasi pada mata.

2. Radang yang Terjadi pada Kelopak Mata

Gejala yang biasa dirasakan saat terjadinya peradangan pada kelopak mata adalah kelopak mata terasa nyeri, merah dan bengkak yang terjadi pada kelopak mata, mata yang berair juga adanya kotoran pada bulu mata. Hal ini terjadi karena sebab-sebab berikut:

  • Mata kering
  • Kelopak mata yang terkena infeksi bakteri
  • Kelenjar minyak yang terdapat pada kelopak mata tidak berfungsi dengan baik
  • Kelopak mata terkena infeksi jamur
  • Infeksi parasit yang ada pada bulu mata

3. Hordeolum

Hordeolum atau yang disebut bintitan, ini dapat terjadi dengan adanya gejala seperti nyeri yang terjadi pada kelopak mata. Adanya benjolan kecil yang ada pada daerah sekitar kelopak mata, mata berair dan juga adanya pembengkakan yang terjadi pada kelopak mata. Bintitan ini muncul karena adanya radang atau infeksi di kelenjar minyak pada kelopak mata.

4. Luka pada Kornea Mata

Luka yang ada pada kornea mata, adapun gejala saat terjadinya luka ini yaitu mata yang kemerahan, mata terasa nyeri, mata berair, seperti adanya benda asing yang mengganggu penglihatan.

5. Ada Kotoran Mata

Adanya kotoran atau binatang yang menempel pada mata, sehingga menyebabkan mata terasa nyeri dan mengganggu kenyamanan pada mata.

Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi mata sakit saat berkedip tersebut sebelum melakukan pemeriksaan ke dokter adalah sebagai berikut:

  • Menghindari paparan asap rokok, debu dan lainnya yang dapat menempel pada mata
  • Tidak sering terkena paparan angina dan matahari secara langsung
  • Mengurangi waktu dalam menonton televisi atau menggunakan gadget
  • Apabila Udara terlalu kering, misalnya terjadi karena AC, maka gunakanlah pelembab udara untuk melembabkannya
  • Mengucek mata dapat merusak kornea mata, maka sebisa mungkin hal itu dihindari agar tidak adanya kerusakan pada kornea mata

Dewasa ini juga penggunaan gadget sangat banyak memakan waktu, hal tersebut dapat membuat mata nyeri karena melihat gadget dalam waktu yang lama dan paparan cahaya yang terus menerus dihadapkan langsung ke mata. Mata yang terus terbuka menyebabkan kurangnya kelembaban pada kelopak mata. Karena jika mata beristirahat dan terpejam maka kelopak mata dapat memberikan kelembaban pada mata. Maka perhatikan lagi kesehatan mata, karena jika mata telah bermasalah maka dapat menyebabkan hal yang tidak diinginkan seperti kebutaan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan