Sponsors Link

Penyebab Mata Seperti Ada Bayangan Air

Sponsors Link

Pernahkah Anda mengalami kondisi mata seperti ada bayangan air? Bila Anda pernah bahkan sering mengalaminya, pastinya Anda akan merasa khawatir karena bisa saja itu merupakan jenis penyakit mata yang sangat membahayakan. Karena kondisi tersebut juga akan sangat mengganggu pada penglihatan sebab bisa menyebabkan penglihatan menjadi tidak jelas. Lantas, apa sih yang menjadi penyebab mata seperti ada bayangan air? Untuk mengetahui informasi lebih lanjutnya, berikut adalah pembahasannya.

ads

Mata Berbayang Seperti Ada Air

Kondisi mata berbayang dalam istilah medisnya disebuat floaters kondisi ini bisa dialami siapa saja. Lantas, apa sih yang menjadi penyebabnya?

1. Faktor usia

Penyebab pertama yang bisa menyebabkan mata berbayang adalah karena faktor usia. Bila Anda sudah semakin bertambah usia maka kondisi mata juga tidak akan selamanya baik. Cairan vitreus yang ada di dalam mata pada mulanya mempunyai konsistensi kekenyalan baik agar bisa menjaga bola mata, namun lama kelamaan malah akan mencair dan tidak elastis lagi. Sehingga hal tersebut malah akan mengakibatkan vitreus mengerut, selain itu beberapa bagian pada bola mata pun juga akan ada yang tertarik. Dan ketika vitreus tersebut semakin padat serta mengerut maka sisa kotorannya akan terlepas dan menyebabkan gangguan pada penglihatan. Ini juga bisa saja disebabkan karena efek samping operasi katarak .

2. Mengalami pendarahan pada mata

Ada berbagai macam hal yang bisa mengakibatkan pendarahan pada mata Anda. Misalnya saja, pernah mengalami trauma secara langsung pada mata atau juga bisa disebabkan karena mengalami gangguan pada pembuluh darah mata seperti kasus retinopatik diabetic.

3. Mengalami peradangan pada mata

Peradangan yang terjadi pada mata khususnya dibagian belakang mata disebut unveitis posterior. Yaitu kondisi yang akan menyebabkan lapisan pada bola mata meradang karena terjadi infeksi.

4. Retina yang sobek

Penyebab mata seperti ada bayangan air selanjutnya adalah karena Anda mengalami kondisi sobek pada bagian retina. Kondisi ini bisa terjadi ketika vitreus mengerut kemudian menari retina. Bila Anda mengalami ini dan tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat malah akan menyebabkan retina mata menjadi lepas dan mengakibatkan resiko kebutaan semakin besar. Ini juga bisa menyebabkan mata berbayang bintik hitam.

Lantas, bagaimana pencegahan terjadinya kondisi ini?

Kondisi floaters pada umumnya tidak bisa dicegah. Namun walaupun begi Anda juga sangat disarankan untuk selalu memeriksakan kondisi mata bila mendapatkan gekala yang sangat mengganggu agar tidak mendapatkan resiko yang besar. Karena pada umumnya, floaters juga tidak membahayakan dan tidak akan menyebabkan kebutaan pada mata. Mereka yang sudah mendapatkan kondisinya sejak lama juga biasanya sudah sangat terbiasa dengan adanya bayangan pada mata sehingga tidak mempermasalahkannya.

Sponsors Link

Namun sayangnya bila Anda mengalami kondisi mata berbayang seperti ada air dan menimbulkan gejala lain seperti sangat senstif terhadap cahaya matahari, mata mengalami rasa nyeri yang berlebihan, rasa nyeri mata menjalar hingga ke kepala, mengalami kebutaan sesaat, tidak bisa melihat dengan sangat jelas, sudah tidak bisa membedakan benda dan warna sama sekali sebaiknya segeralah periksakan diri ke dokter. Karena bisa saja kondisi yang Anda alami bukan penyakit ringan melainkan penyakit berat namun bukan penyakit mata yang menular yang harus segera mendapatkan penanganan baik menggunakan obat ataupun melakukan operasi.

Itulah penyebab mata seperti ada bayangan air, berhati-hatilah setiap saat agar tidak mengalami kondisi buruk pada mata. Konsumsilah makanan untuk menjaga kesehatanseperti wortel supaya mata Anda bisa mendapatkan asupan nutrisi dari luar tubuh yang memfokuskan langsung pada mata.

, ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan