Sponsors Link

10 Penyebab Mata Sering Berkedip Sebelah dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Normalnya, mata akan berkedip sebanyak 10 sampai 15 kali permenit. Berkedip sendiri memiliki fungsi yang baik untuk mata yaitu agar mata selalu lembab dan tidak kering. Namun pada jadinya jika mata terlalu sering berkedip dan hanya terjadi pada sebelah mata? Berikut penyebab mata sering berkedip sebelah dan cara mengatasinya:

ads
  1. Kekeringan

Jika mata anda tiba-tiba sering berkedip. Bisa jadi penyebabnya adalah karena mata anda mengalami kekeringan, sehingga secara otomatis mata akan berkedip dengan sering untuk melembabkan bola mata yang mengalami kekeringan.

  1. Alergi

Mata berkedip terlalu sering bisa jadi disebabkan oleh adanya alergi. Alergi dapat menimbulkan reaksi tertentu. Dalam kasus mata, reaksi yang ditimbulkan karena alergi ialah mata menjadi lebih sering berkedip. Misalnya anda memiliki alergi terhadap debu, dan kebetulan debu itu masuk ke dalam mata anda. Maka secara cepat tubuh anda akan menunjukkan reaksi penolakan melalui kedipan mata yang terlalu sering.

  1. Gejala Mata Minus

Salah satu gejala mata minus ialah penderita secara tidak sadar sering mengedipkan matanya hanya untuk membuat penglihatannya lebih jelas. Seseorang yang menderita mata minus pasti merasa pandangannya kabur dan tidak jelas oleh sebab itu mereka sering mengedipkan mata. Jika anda merasa sering mengedipkan mata hanya untuk mendapatkan penglihatan yang lebih jelas, ada baiknya anda segera melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah anda menderita mata minus atau tidak. Bila tidak segera diperiksakan, tingkatan mata minus bisa bertambah banyak dan tentu saja menyulitkan pandangan Anda.

  1. Gejala Sindrom Tourette

Sindrom Tourette adalah suatu kondisi dimana sistem saraf otak mengalami gangguan sehingga menimbulkan gerakan yang terjadi secara tiba-tiba dan berulang dalam waktu yang cukup lama. Biasanya sindrom Tourette menyerang salah satu bagian tubuh seperti area wajah yakni mata atau bibir, tangan, dan kaki. Sindrom Tourette lebih banyak di alami oleh laki-laki dan dapat terdeteksi sejak usia 2 sampai 15 tahun

  1. Terkena Penyakit Ayan/Epilepsi

Penyebab mata sering berkedip pada anak-anak maupun dewasa juga bisa dikarenakan epilepsi. Epilepsi merupakan suatu kondisi yang dapat membuat penderitanya mengalami kejang-kejang secara berulang. Epilepsi bisa terjadi karena adanya kerusakan pada otak yang menyerang sel-sel saraf. Bukan hal yang tidak mungkin bahwa kerusakan tersebut terjadi pada saraf di satu bagian mata sehingga menyebabkan mata sering berkedip sebelah.

  1. Gangguan Saraf

Gangguan saraf atau dalam istilah medis dikenal dengan neurologis adalah penyebab mata sering berkedip yang paling mungkin terjadi. Karena terjadinya gangguan pada sistem saraf dapat menyebabkan gangguan pada gerak, salah satunya mata menjadi lebih sering berkedip

  1. Blefarospasme

Penyebab mata sering berkedip sebelah selanjutnya ialah blefarospasme. Blefarospasme ialah suatu kondisi yang menyebabkan kelopak mata tertutup secara tiba-tiba diluar kendali karena adanya kontraksi otot mata. Penyebab dari terjadinya blefarospasme diantaranya ialah iritasi pada mata, kelelahan, mata kering, hingga faktor genetik. Pada kondisi yang sudah parah, blefarospasme dapat menyebabkan gangguan penglihatan bahkan kebutaan.

  1. Bell’s Palsy

Bell’s Palsy merupakan suatu penyakit yang menyerang salah satu otot wajah sehingga mengalami kelumpuhan dalam sementara waktu. Bell’s Palsy juga dapat menyerang otot mata, sehingga mempengaruhi gerakan mata seperti sering berkedip atau bahkan kesulitan menutup dan membuka kelopak mata.

Sponsors Link

  1. Parkinson

Parkinson merupakan suatu penyakit yang menyerang sel saraf dan terjadi secara perlahan di bagian otak tengah, yang tidak lain adalah pusat pengatur gerakan tubuh manusia. Gejala yang sering terjadi ialah gemetar. Jika menyerang saraf mata, bukan tidak mungkin akan menyebabkan mata menjadi sering berkedip.

Selain penyebab diatas, ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan terjadinya mata sering berkedip sebelah, diantaranya adalah :

  • Stress
  • Kelelahan
  • Sering mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh
  • Mengonsumsi alkohol

Lalu bagaimanakah cara mengatasinya?

  • Hindarilah segala aktivitas yang dapat menyebabkan terjadinya mata sering berkedip sebelah seperti mengurangi konsumsi alkohol, kopi, dan teh, dan menjaga pola tidur.
  • Memijat mata secara perlahan. Apabila anda mulai merasa ada yang tidak beres dengan mata anda, cobalah untuk memijat kelopak mata dengan gerakan melingkar selama 2 menit. Hal tersebut diyakini dapat mengurangi frekuensi mata berkedip.
  • Buatlah jarak pandang yang aman ketika sedang menggunakan komputer dan handphone. Karena menatap layar terlalu dekat akan membuat mata anda perih. rabun dekat atau rabun jauh adalah salah satu dari sekian penyakit mata akibat gadget, yang nantinya akan membuat mata anda sering berkedip. selain itu anda juga perlu mengetahui tentang bahaya sinar hp untuk mata.
  • Mengompres mata dengan irisan mentimun. Mentimun terkenal khasiatnya untuk menyegarkan mata dan mengurangi kantung mata anda. Mentimun yang segar akan membantu membuat otot mata anda menjadi lebih kendur dan mengatasi kelelahan pada mata yang menjadi penyebab mata sering berkedip sebelah
  • Istirahat yang cukup. Mata juga harus mendapatkan istirahat yang cukup. cara terbaik untuk mengatasi kelelahan mata ialah dengan mengalihkan pandangan ke sesuatu yang dapat menyegarkan mata seperti hamparan rerumputan hijau.

Demikian penjelasan mengenai penyebab mata sering berkedip sebelah. Apabila mengalami gejala yang lebih parah, segera periksakan ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat. Jaga selalu kesehatan mata Anda, agar terhindar dari jenis-jenis penyakit mata.

, , , , ,