Sponsors Link

Penyebab Mata Sering Kedutan dan Cara Ampuh Mengatasinya

Sponsors Link

Kedutan pada mata tampaknya adalah salah satu gangguan mata yang kerap dialami oleh manusia. Kedutan mata biasanya muncul dan terjadi tidak lama dan hilang dengan sendirinya. Dalam dunia medis, kedutan mata disebut dengan istilah blepharospasm. Istilah ini merujuk pada definisi adanya kejang yang terjadi secara berulang tanpa sebab pada otot kelopak mata. Berbeda dengan sikatrik kornea, blepharospasm tidak terkait erat dengan adanya kerusakan pada organ mata yang perlu penanganan khusus.

ads

Umumnya, kedutan terjadi dalam waktu yang tidak lama. Pada beberapa orang, kedutan yang muncul cukup ringan dan tidak jauh berbeda dengan tarikan lembut yang terjadi pada bagian kelopak mata Anda. Namun, kedutan juga bisa terjadi cukup hebat hingga membuat kelopak mata tidak nyaman. Ada beberapa penyebab umum dari kedutan mata yang perlu Anda ketahui yakni sebagai berikut.

1. Penyebab Ringan Kedutan Mata

Penyebab ringan kedutan mata umumnya adalah penyebab-penyebab yang tidak cukup parah dan tidak berhubungan dengan penyakit tertentu pada mata atau kepada Anda. Beberapa penyebab ringan yang bisa membuat mata sering berkedut adalah sebagai berikut.

  • Stres bisa menyebabkan kedutan atau dengan kata lain, kedutan pada mata adalah salah satu tanda yang menunjukkan bahwa Anda mengalami stres. Dengan melakukan kegiatan relaksasi, kedutan bisa hilang dengan mudah.
  • Kelelahan pada mata bisa mengakibatkan kedutan. Terutama jika Anda banyak bekerja di depan layar komputer, hal tersebut bisa membuat otot-otot pada kelopak mata Anda lelah.
  • Iritasi mata bisa menjadi salah satu penyebab kedutan, maka dari itu Anda sebaiknya menghindari penyebab iritasi mata merah agar tidak mengalami kedutan.
  • Mengonsumsi kafein secara berlebihan ketika Anda kekalahan bisa menjadi penyebab utama dari mata sering kedutan. Jangan memaksakan diri dan beristirahatlah yang cukup.

2. Penyebab Serius Kedutan Mata

Selain karena hal-hal ringan tersebut, ada beberapa jenis kedutan mata yang disebabkan oleh beberapa hal serius seperti berikut ini.

  • Trauma pada kepala atau wajah. Kedutan pada mata biasanya merupakan respons paling jelas dari trauma yang terjadi pada bagian kepala, terutama wajah.
  • Tremor bawaan pun kerap menjadi penyebab mata sering kedutan. Hal ini berkaitan erat dengan faktor risiko dari keluarga Anda.
  • Beberapa jenis pengobatan memiliki efek samping kedutan pada mata.

Memahami penyebab dari mata sering kedutan bisa memudahkan Anda dalam mencari cara mengatasinya. Sebab kedutan pada mata umumnya bukanlah gangguan mata yang serius, cara ampuh mengatasi mata sering kedutan cukup mudah dilakukan. Ada beberapa cara mengatasi mata sering kedutan, yakni seperti berikut.

  1. Mengatur Stres

Salah satu penyebab umum dari mata sering kedutan berkaitan dengan manajemen stres Anda, termasuk di dalamnya adalah kerap bekerja hingga kekalahan dan mengonsumsi kafein. Dengan demikian—jika penyebab utama mata Anda sering kemudian adalah stres—pelajarilah cara mengatur stres Anda. Kecenderungan merasa cemas berlebihan juga kerap memperburuk keluhan mata berkedut yang Anda derita, bahkan bisa menjadi penyebab bola mata terasa nyeri.

Mengatasi stres bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti tidak berlebihan ketika bekerja yang membuat Anda kehilangan waktu untuk beristirahat dan perlu mengonsumsi kafein dalam jumlah yang banyak. Anda juga bisa melakukan kegemaran yang membuat Anda nyaman dan damai ketika waktu luang, serta memenuhi waktu tidur Anda.

  1. Suntik Botulinum

Jika kedutan pada mata Anda sudah melebihi batas wajar, Anda sudah sepatutnya memeriksakan diri kepada dokter. Cara mengatasi kedutan yang bisa menjadi pilihan adalah dengan suntik botox. Botox terbuat dari botulinum tipe A toxin. Zat ini mampu menghentikan kedutan pada otot saraf. Namun, cara ini akan menimbulkan efek samping seperti mata kering, membuat kelopak mata layu, serta pandangan ganda.

  1. Pengobatan Medis

Pengobatan medis lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mata sering berkedut adalah penggunaan motility Drugs. Namun, cara ini tentu harus di bawah pengawasan dokter. Beberapa jenis pengobatan yang umum dilakukan untuk mengatasi blepharospasm adalah diazepam.

  1. Tindakan Operasi

Jika mata berkedut atau blepharospasm sudah berada pada tahap yang sangat tidak wajar dan tidak berhasil disembuhkan dengan botok, maka Anda bisa mencoba untuk mengatasinya dengan tindakan operasi. Operasi yang dilakukan bernama myectomi dan dilakukan dengan izin dan pertimbangan dokter profesional.

Mata sering kedutan yang dialami oleh manusia bisa jadi merupakan keluhan ringan yang umum terjadi karena stres, namun beberapa lainnya adalah bagian dari gangguan tertentu yang harus ditangani dengan penggunaan obat. Terutama jika kedutan disertai dengan keluhan lain yang tidak umum seperti munculnya ciri-ciri pembuluh darah mata pecah karena mata luka kena kuku. Anda tentu harus segera mencari pengobatan dari dokter mata Anda. Yang terpenting adalah, jangan meremehkan satu pun keluhan tertentu pada kesehatan tubuh Anda, namun Anda juga harus mampu bersikap tenang dalam upaya mengatasinya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan