Sponsors Link

Penyebab serta Penanganan Mata Terasa Berat dan Kering

Sponsors Link

Mata merupakan indra penting bagi kehidupan kita. Terkadang kita merasa mata terasa berat dan kering. Kondisi tersebut membuat kita merasa tidak nyaman.

ads

Mata terasa berat dan kering dapat mengindikasikan bahwa mata kita mengalami kelelahan. Mata kering terjadi karena mata tidak memproduksi air mata secara baik. Mata tidak memproduksi air mata secara konsisten dan menguap terlalu cepat.

Pada saat mata terasa berat dan kering, permukaan mata dapat mengalami peradangan. Apabila tidak ditangani maka kondisi ini akan menimbulkan rasa sakit, bekas luka pada kornea, hingga kehilangan penglihatan sebagian. Kehilangan penglihatan secara permanen akibat mata kering jarang dijumpai.

Mata yang terasa berat dan kering dapat menyebabkan diproduksinya air mata palsu. Air mata palsu ini hanya mampu membilas kotoran, tetapi tidak dapat melapisi mata dengan baik. Air mata ini tidak memiliki kualitas pelicin atau memiliki komposisi air mata normal.

Terdapat beberapa faktor penyebab mata terasa berat dan kering yaitu

  1. Menatap layar komputer atau gawai dalam waktu yang cukup lama.
  2. Membaca buku terlalu lama.
  3. Menyetir kendaraan dengan jarak tempuh yang cukup jauh.
  4. Terus menerus terpapar cahaya yang menyilaukan.
  5. Terus menerus melihat pada ruangan yang gelap atau minim cahaya.
  6. Berusaha terlalu keras untuk memfokuskan penglihatan pada penderita mata minus atau silinder.
  7. Perubahan hormon, umumnya dialami oleh wanita selama kehamilan, menopause, dan pada saat menggunakan pil KB.
  8. Proses penuaan dapat menjadi penyebab dari kondisi ini, karena produksi air mata menurun seiring dengan bertambahnya usia.
  9. Penyakit seperti diabetes, lupus, gangguan tiroid, HIV, defisiensi vitamin A, dan alergi.
  10. Konsumsi obat-obatan seperti terapi pengganti hormon, antidepresan, obat-obat hipertensi, dekongestan.
  11. Kondisi lingkungan yang mengandung banyak debu, angin, tiupan angin panas, cuaca kering, dan berada pada tempat yang tinggi.
  12. Penggunaan lensa kotak.

Setelah mengetahui faktor penyebabnya, sekarang kita akan membahas mengenai gejala-gejala dari kondisi tersebut

  1. Mata memerah
  2. Mata terasa kering dan panas
  3. Mata seperti berpasir dan kering
  4. Penglihatan kabur atau buram
  5. Menjadi sensitif terhadap cahaya matahari
  6. Mata sulit terbuka pada saat bangun tidur karena kelopak mata yang menempel
  7. Sekitar mata terdapat lendir
  8. Mata terasa cepat lelah

Penanganan atau pengobatan mata kering bertujuan untuk meringankan gejala dan mengobati penyakit mata kering yang diderita oleh penderita. Penanganan mata kering sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan spesialis perawatan mata. Berikut adalah beberapa rekomendasi penanganan mata kering:

  1. Penggunaan air mata buatan

Apabila seseorang menderita mata kering ringan hingga sedang, maka penderita dapat menggunakan air mata buatan atau obat pelumas mata. Obat pelumas mata dijual bebas tanpa memerlukan resep dokter. Obat tersebut dapat dibeli di apotik dalam bentuk tetes mata, gel, ataupun salep. Obat-obatan tersebut berfungsi sebagai pengganti air mata untuk melembabkan mata. Jika Anda menggunakan obat pelumas mata buatan lebih dari empat kali dalam sehari, maka hindari obat pelumas mata yang diolah dengan bahan kimia sehingga bisa menyebabkan pembuluh darah mengerut.

  1. Penggunaan obat tetes mata

Obat tetes mata merupakan obat yang sudah tidak asing di telinga kita. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih obat tetes mata. Obat tetes mata pada umumnya mengandung bahan pengawet untuk mencegah tumbuhnya bakteri di dalam botol. Apabila Anda termasuk penderita mata ringan yang harus sering menggunakan obat tetes mata, maka pilihlah obat tetes mata tanpa bahan pengawet.

  1. Hindari menggosok mata

Apabila Anda merasa bahwa mata terasa kering dan berat, maka perbanyaklah berkedip. Saat mata berada pada kondisi tidak nyaman, jangan langsung menggosok mata Anda.

  1. Perbanyak minum air dan asupan yang bergizi

Apabila Anda melakukan aktivitas yang membutuhkan kerja ekstra dari mata, maka perbanyaklah minum air. Anda juga perlu memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi. Perbanyaklah jenis makanan yang mengandung asam lemak omega 3 seperti salmon, tuna, dan makarel.

  1. Penggunaan lensa kontak khusus

Scleral lens dapat digunakan bagi Anda untuk mempertahankan kelembapan mata dan melindungi permukaan mata. Selain itu, bagi Anda pengguna lensa kontak gunakanlah pelicin bebas pengawet. Residu pengawet dapat menempel pada lensa kontak dan merusak mata.

  1. Menggunakan kacamata

Pilihlah kacamata yang memiliki perisai samping sehingga dapat membantu memperlambat penguapan air mata dari permukaan mata.

  1. Menghindari kondisi kering

Jangan sampai mata Anda berada pada kondisi yang kering. Jika Anda memang akan bekerja dalam waktu yang cukup lama di depan layar komputer, pastikan bahwa mata Anda mendapatkan istirahat yang cukup. Aplikasi obat tetes dapat membantu mata tetap berada pada kondisi yang lembab.

Semoga Anda tetap dapat menjaga kesehatan mata Anda. Selalu  perhatikan kondisi mata Anda. Mata yang sehat dapat menjadikan akitivitas Anda terasa lebih mudah dan menyenangkan.

, , ,
Oleh :