Sponsors Link

Penyebab Mata Tidak Fokus Sebelah

Sponsors Link

Pernahkah Anda mengalami kondisi mata tidak fokus sebelah? Sering mengalami atau bahkan mengalaminya secara permanen? Mata tidak fokus bisa mengindikasikan seseorang mengalami jenis penyakit mata membahayakan ataupun tidak. Nah, untuk mengetahui lebih pastiya, berikut ini adalah penyebab mata tidak fokus sebelah.

ads

1. Mata yang mengalami kelelahan

Saat retina mengalami kelelahan misalnya karena terlalu lama membaca buku, atau terlalu lama beriteraksi dengan layar komputer atau bisa juga karena Anda terus bergadang maka akan menyebabkan mata malah tidak fokus atau kabur baik yang sebelah kanan, kiri atau bisa juga kedua mata. Rasa lelah yang berlebihan bisa mengakibatkan bagian saraf Anda mengalami rasa lelah sehingga Anda malah akan mengalami hilangnya kemampuan dalam moncover bayangan yang tidak bisa terlihat dengan jelas.

2. Mata mengalami cedera

Kondisi cedera juga bisa mengakibatkan mata tidak fokus sebelah. Bola mata yang mengalami kondisi hantaman hingga pukulan malah bisa menyebabkan mata menjadi terasa kabur baik yang sebelah kiri ataupun kanan bila memang benturan nya sangat keras. Cedera juga bisa mengakibatkan terjadinya kerusakan pada saraf sehingg penglihatan pada objek yang jaraknya dekat atau jauh akan bisa mengakibatkan penglihatan menjadi tidak jelas.

3. Mengalami infeksi pada mata

Mata yang tidak fokus juga bisa disebabkan karena infeksi oleh bakteri mata yang mengakibatkan tidak berfungsinya jaringan mata pada bagian retina sehingga menjadi lemah atau bisa juga mengakibatkan penglihatan jari buram. Bila buram disertai mata berbayang bintik hitam sebaiknya segera menghubungi dokter.

4. Mata terkena paparan radiasi elektromagnetik

Saat berjam-jam lamanya Anda memaksa mata untuk terus dalam keadaan fokus di layar monitor, handphone ataupun televisi, hal tersebut bisa mengakibatkan sinar biru dan mengakibatkan luka pada jaringan mata sehingga akan menyebabkan efek samping pandangan jadi tidak fokus, penglihatan seperti ganda bahkan mata berair atau cenderung terlihat seperti adanya kabut. Paparan radiasi elektromagnetik juga adalah penyebab mengapa mata menjadi kabur pada bagian kanan dan kiri yang paling sering dialami oleh manusia. Kondisi mata fokus bukan  penyakit mata yang menular  jadi anda tidak perlu terlalu khawatir.

5. Mata terkena paparan polusi udara

Polusi udara misalnya seperti debu atau bisa juga asap kendaraan, asap pembakaran sampah atau rokok bisa cukup berbahaya dan menyebabkan kondisi iritasi pada mata. Mereka yang terkena papara polusi tersebt juga bisa saja mengalami kondisi mata yang kemerahan, trauma, gatal sampai pedih. Bila didiamkan kondisi ini bisa saja berkembang menjadi semakin membahayakan, ketajaman penglihatan Ada benar-benar bisa berkurang secara permanen.

Sponsors Link

6. Mata yang terkena glaucoma

Salah satu jenis penyakit yang membahayakan adalah glaucoma, penyakit ini bisa menyebabkan timbulnya gejala seperti mata yang kabur secara mendadak atau tidak fokus pada bagian kanan atau kiri, atau bisa juga keduanya. Glaukoma sendiri merupakan kondisi kerusakan yang terjadi pada saraf optic. Biasanya kondisi ini juga sering dipengaruhi oleh mereka yang memiliki penyakit diabetes. Kurang fokus juga bisa saja disebabkan karena efek samping operasi katarak.

Di atas adalah 6 penyebab mata tidak fokus sebelah yang bisa membahayakan dan juga bisa tidak. Bila Anda mengalami kondisi tidak fokus yang terus berkelanjutan sebaiknya segeralah memeriksakan mata Anda pada dokter agar tidak mendapatkan resiko penyakit mata yang semakin membahayakan atau menyebabkan kebutaan secara mendadak. Saat mengalami ketidak fokusan pada mata disebabkan kelelahan, segeralah untuk beristirahat untuk merileksasikan kembali otot mata dan saraf Anda. Jangan pernah mendiamkannya dalam waktu lama bila Anda tidak ingin mendapatkan gejala yang semakin membahayakan. Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan agar mata selalu dalam keadaan sehat sepanjang waktu.

, ,