Sponsors Link

Cara Mengatasi Mata Berbayang Secara Medis dan Non Medis

Sponsors Link

Apakah yang dimaksud dengan mata berbayang? Mata berbayang adalah kondisi dimana Anda tidak dapat melihat benda dengan jelas. Misalnya saat Anda melihat tulisan dalam kemasan makanan. Anda mungkin bisa melihat tulisan yang tertera dalam kemasan, tetapi tidak dapat melihat dengan jelas tulisan tersebut.

ads

Mata berbayang juga biasa dikenal dengan mata kabur. Mata berbayang merupakan keluhan visual yang umum terjadi. Bagi Anda yang memiliki keluhan mata ini, sebaiknya berkonsultasi ke dokter ahli mata. Pasalnya mata berbayang ini bisa menjadi penanda untuk penyakit yang lebih serius.

Penyebab Mata Berbayang

Mengatasi mata berbayang baik secara medis dan non medis dapat Anda lakukan. Namun, sebelum membahas mengenai cara mengatasi mata berbayang baik secara medis maupun non medis, kita akan membahas mengenai penyebab mata berbayang. Mata berbayang bisa disebabkan oleh beberapa hal yaitu:

  1. Gangguan refraktif pada kornea mata

Gangguan refraktif pada mata merupakan penyebab paling umum dari mata berbayang. Gangguan ini dapat berupa mata plus, mata minus, mata silinder, atau pembengkakan kornea.

  1. Gangguan pada makula

Gangguan pada makula merupakan kondisi yang terjadi pada mata seiring pertambahan usia. Kerusakan makula ini menyebabkan kehilangan kemampuan penglihatan di lapang pandang bagian tengah. Makula berada di sekitar retina mata yang berfungsi untuk meningkatkan ketajaman penglihatan.

  1. Katarak

Penderita katarak memiliki penglihatan mata yang berbayang atau kabur. Katarak menjadikan bagian lensa mata menjadi buram. Cahaya yang masuk terhalang untuk sampai ke retina, sehingga menyebabkan penglihatan menjadi kabur. Bagi penderita katarak, terdapat 6 jenis makanan yang dilarang untuk penderita katarak untuk menurunkan risiko katarak bertambah parah.

  1. Glaukoma

Glaukoma merupakan kondisi dimana saraf mata menjadi rusak permanen akibat dari tekanan berlebihan pada bola mata.

  1. Lensa kontak rusak dan kotor

Penggunaan lensa kontak bertujuan untuk membantu penglihatan penggunanya. Lensa kontak perlu dirawat dengan baik agar tidak membuat penglihatan menjadi terganggu. Apabila lensa kontak tidak digunakan dan dirawat dengan benar maka dapat mengakibatkan luka dan infeksi pada kornea mata. Anda juga dapat membaca artikel mengenai cara mengatasi mata buram setelah pakai softlens.

  1. Infeksi pada mata

Infeksi dapat disebabkan oleh virus, jamur atau bakteri yang masuk ke dalam mata. Infeksi yang sering terjadi adalah konjungtivitas. Konjungtivitas terkadang menyebabkan pandangan mata menjadi kabur.

  1. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi dapat mengakibatkan stroke mini pada mata atau disebut oklusi vena. Penderita oklusi vena umumnya mengalami mata berbayang. Oklusi vena hanya menyerang satu mata saja.

  1. Diabetes

Penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2 dapat beresiko terkena retinopati diabeti. Kondisi ini menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan saraf di retina mata, sehingga pandangan mata menjadi kabur atau berbayang. Lalu bagaimanakah hubungan katarak dengan diabetes melitus dan tips pencegahannya.

Cara Mengatasi Mata Berbayang Secara Medis

Mengatasi mata berbayang secara medis dan non medis penting untuk Anda ketahui. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, mata berbayang bisa saja merupakan indikasi adanya penyakit yang lebih serius. Pada sesi ini akan dibahas cara mengatasi mata berbayang secara medis.

Sponsors Link

  1. Pemakaian kacamata atau lensa kontak resep

Pemakaian kacamata atau lensa kontak resep dapa menjadi pilihan tepat bagi penderita mata berbayang karena kelainan refraktif. Kelainan refraktif tersebut meliputi mata minus, plus, atau silinder. Perlu Anda ketahui bahwa terdapat perbedaan mata silinder dan minus yang perlu diketahui.

  1. Operasi LASIK

LASIK atau Laser-Assisted in Situ Keratomileusis merupakan bedah refraktif yang paling dikenal untuk saat ini. Operasi LASIK biasanya menggunakan sinar laser untuk membentuk ulang permukaan kornea. Pembentukan ulang tersebut dilakukan agara sinar yang masuk dari luar dapat jatuh tepat di retina. Dokter akan membuat sayatan kecil pada kornea, yang disebut flap. Selanjutnya sebagian jaringan di dalamnya dihilangkan dengan tembakan laser. Kemudian flap akan ditutup kemballi seperti sedia kala. LASIK dapat mengatasi masalah penglihatan karena rabun jauh, rabun dekat, astigmatisme, hingga presbiopi. Terdapat beberapa pantangan setelah LASIK mata yang harus dihindari seperti penggunaan make up, olahraga berlebihan di luar ruangan, paparan sinar atau cahaya yang terlalu terang dan dalam jangka waktu lama, dan beberapa pantangan lainnya.

Cara Mengatasi Mata Berbayang Secara Non Medis

Selain secara medis, mata berbayang dapat diatasi secara non medis. Tindakan non medis ini setidaknya dapat mengurangi kemungkinan dari penglihatan mata yang kabur. Bebarapa hal yang dapat Anda lakukan yaitu:

  1. Perhatikan kebersihan tangan Anda saat memakai dan melepas lensa kontak. Cuci tangan Anda sebelum melakukan hal tersebut.
  2. Sebaiknya kenakan kacamata hitam berlensa anti-UV. Kacamata jenis ini dapat memberikan perlindungan saat sedang berada di bawah sinar matahari.
  3. Hindarilah kebiasaan merokok karena tidak baik untuk kesehatan.
  4. Konsumsi makanan bergizi terutama sayuran yang berdaun hijau gelap seperti kangkung. Anda juga dapat mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 seperti ikan tuna.
  5. Menggunakan kacamata pelindung saat melakukan aktivitas tertentu yang dapat mencederai mata.

Pada penjelasan sebelumnya Anda dapat mengetahui bahwa mata berbayang dapat diatasi secara medis maupun non medis. Mata berbayang mungkin terkesan sepele, tetapi Anda perlu waspada karena bisa saja merupakan tanda dari penyakit tertentu. Jika mata Anda mengalami gangguan seperti mata berbayang, segera konsultasikan permasalahan tersebut ke dokter. Jaga selalu kesehatan mata Anda.

, ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan