Sponsors Link

Cara Mengatasi Mata Berurat Merah yang Benar

Sponsors Link

Rasanya serba salah jika mata berurat merah selain timbul rasa gatal dan perih pada mata, bola mata yang berurat merah ini akan membuat anda nggak nyaman tampil di depan umum, anda merasa nggak pede jika kondisi mata merah.

ads

Jenis penyakit mata  ini disebabkan oleh beberapa hal pemicu, yang mengakibatkan mata memerah, terlihat jelas guratan merah pada mata. Berikut ini penyebab umum mata berurat merah yang perlu anda ketahui:

  • Darah tinggi : Hipertensi ini bisa menyebabkan pembuluh darah disekitar mata berkontraksi sehingga menimbulkan warna merah pada urat merah pada bola mata.
  • Konjungtivitis: Terjadi pada konjungtiva mata yang mengalami peradangan dengan berbagai macam penyebabnya.
  • Iritasi : Mata yang terkena benda iritan seperti debu dan kotaran lain yang masuk ke mata atau juga bisa terjadi karena pemakaian softlens.
  • Mata lelah: merupakan kondisi mata yang lelah karena telah digunakan untuk konsentrasi visual dalam beberapa waktu tertentu. Misalkan menggunakan handphone dalam waktu lama, bekerja di depan layar komputer. Anda perlu cara mengatasi mata lelah karena Hp untuk solusi jika anda mengalaminya.
  • Mata terluka: Mata yang mengalami trauma akibat terkena goresan benda tajam atau benda lainnya yang menggores bola mata.

Mengatasi Mata Berurat Merah

Beberapa hal yang perlu anda perhatikan bahwa untuk mengatasi mata berurat merah ini hal yang pertama adalah Anda harus mengetahui apa yang terjadi pada mata anda. Apakah mata Anda Surat Merah itu disebabkan karena tekanan darah tinggi pada diri Anda, apa ada konjungtivitas atau peradangan mata anda atau iritasi yang menyebabkan mata merah. Jika mata merah karena terlalu lama di depan komputer maka cara penanganannya pun berbeda, dan anda bisa menggunakan tips menjaga kesehatan mata didepan komputer agar mata anda tidak bermasalah biarpun lama digunakan untuk konsentrasi visual di depan komputer.

Namun jika anda tidak mengetahui secara pasti apa penyebab mata Anda berwarna merah, sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter mata. Dengan berkonsultasi pada ahlinya anda akan mendapatkan diagnosa yang tepat dan penanganan yang dibutuhkan sehingga mata berurat merah dapat segera teratasi.

Berikut ini cara mengatasi mata berurat merah yang bisa anda terapkan pada kasus mata yang anda alami;

1.Tidak menggosok mata

Usahakan kita menggosok mata walaupun mata tapi terasa perih dan gatal, cara menggosok mata akan memperparah kondisi bola mata bahkan bisa menimbulkan luka pada bola mata.

2. Istirahatkan mata

Bisa jadi mata anda merah karena anda teralalu lama bekerja di depan komputer yang bisa menjadi penyebab sindrom mata kering. Jika demikian anda perlu mengistirahatkan mata anda agar mata kembali rileks dan tidak mengalami dry eye.

3. Mengobati Mata berurat merah dengan Obat tradisonal

Obat tradisional ini cocok untuk anda gunakan untuk mengatasi mata berurat merah,setidaknya cara ini bisa dilakukan sebagai cara pertama untuk mengatasi kelainan mata yang anda hadapi sebelum anda berkonsultasi ke dokter.

  • Menggunakan bawang merah
    bawang merah ini dapat digunakan untuk mengatasi beberapa masalah yang terjadi pada mata, selain bisa digunakan sebagai  cara mengatasi mata bengkak pada bayi. Bawang merah ini bisa untuk mengatasi masalah mata berurat merah. Caranya adalah dengan memotong bawang merah menjadi bagian yang tipis lalu letakka dikelopak mata. Cara ini akan menimbulkan sedikit rasa perih karena adanya reaksi yang terjadi antara zat yang ada dibawang putih dengan bakteri yang ada di mata. Biarkan untuk beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih.
  • Daun Sirih
    Daun sirih ini merupakan jenis herbal mata yang paling terkenal. Cara pakainya pun mudah, cukup ambil beberapa lembar daun sirih. kemudian direbus hingga mendidih. Setelah itu dinginkan air rebusan daun sirih dalam mangkuk atau piring. Setelah dingin, bilas mata dengan cara menempelkan pada air yang ada di mangkuk atau piring tadi. kedip-kedipkan untuk beberapa saat.
Sponsors Link

  • Air Garam
    Air garam ini mampu menetralisir atau membunuh bakteri yang menyebabkan mata merah. Cara adalah campurkan sesendok teh garam maja ke dalam air bersih kemudian gunakan air tersebut untuk membilas mata.
  • Lidah Buaya
    Tanaman lidah buaya ini juga dapat digunakan untuk mengatasi mata berurat merah. Caranya adalah dengan mengambil daging lidah buaya, kemudian blender lidah buaya bersama air putih. Gunakan air yang sudah dicampur dengan lidah buaya ini untuk mencuci mata yang merah.
  • Susu dan Madu
    Penyebab mata berurat merah salah satunya adalah peradangan pada konjungtiva akibat infeksi bakteri. Gunakan ramuan susu dan madu ini untuk mencuci mata anda. lakukan 2 kali sehari hingga beberapa hari. Pastikan yang anda gunakan adalah susu murni, bukan susu kental manis atau susu bubuk.

Demikian cara mengatasi mata berurat merah yang bisa anda praktikkan sewaktu-waktu anda mengalaminya.

Semoga bermanfaat.

 

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan