Sponsors Link

Obat Mata Belekan Pada Anak 3 Tahun Sesuai Penyebab

Sponsors Link

Penyakit mata pada anak adalah salah satu kondisi yang paling umum terjadi pada semua umur anak. Bahkan bayi yang baru lahir saja bisa langsung terkena penyakit mata. Salah satu hal yang sangat umum untuk anak usia dua tahun ke atas adalah mata belekan. Mata belekan akan membuat mata mengeluarkan kotoran terus menerus yang bercampur dengan air mata. Karena itu belekan juga akan membuat anak menjadi rewel terlebih saat bangun tidur.

ads

Kotoran yang menumpuk di sudut mata anak akan membuat anak sulit untuk berkedip dan membuka mata. Terlebih jika anak sering bermain di luar rumah maka semua kotoran akan menumpuk pada mata dan keluar dari sudut mata. Karena itu belekan sebaiknya segera diobati agar tidak memburuk dan anak bisa ceria lagi. Berikut ini akan kami berikan informasi mengenai obat mata belekan pada anak 3 tahun sesuai penyebabnya.

Pengertian dan Jenis Belekan

Belekan pada anak menjadi hal yang sangat umum dan sering terjadi pada anak. Hal ini karena biasanya sudut mata dan kelenjar mata anak memang belum bisa berfungsi dengan baik. Akibatnya bagian katup air pada mata anak tertutup oleh saluran air mata yang memang menghubungkan antara produksi air mata dan rongga hidung. Penyumbatan yang terjadi akibat air mata tidak bisa kembali ke rongga hidung yang kemudian menyebabkan genakan dan membuat kotoran menumpuk di sudut mata. Selain penyebab umum ini maka belekan juga bisa terjadi karena infeksi bakteri dan virus. Jika sudah sangat parah maka bisa menjadi penyebab mata bengkak pada anak.

Tipe belekan pada anak adalah jenis belekan basah dan belekan lengket. Apapun jenis belekan yang terjadi pada anak maka jika kondisinya sangat parah bisa membuat mata anak sulit membuka, sakit pada area kelopak mata dan kerusakan pada bulu mata. Karena itu segera rawat belekan anak dengan obat yang tepat, seperti dibawah ini.

1. Belekan karena Blefaritis

Blefaritis pada anak sering terjadi karena infeksi Staphylococcus epidermidis dan S. aureus. Kondisi infeksi ini bisa dilihat dari beberapa gejala seperti mata yang bengkak, mata merah, mata sulit membuka, ada banyak bintik kotoran pada bulu mata. Beberapa anak juga bisa merasakan iritasi, mata merah dan sensasi terbakar. Terkadang infeksi ini sangat mirip dengan gejala konjungtivitis sehingga sehingga bisa disembuhkan dengan obat tetes mata biasa.

Obat

Beberapa jenis obat yang sering diresepkan oleh dokter termasuk seperti salep yang mengandung antibiotik seperti eritromisin dan bacitracin. Salep mata dianggap lebih sesuai untuk belekan anak karena bisa membantu menangkat kotoran dan mengatasi jaringan sekitar kelopak mata yang terkena infeksi. Selain dengan obat ini maka orang tua bisa mencoba untuk membersihkan belek dengan kapas yang sudah dicelup ke dalam air hangat.

2. Belekan Karena Konjungtivitis Bakteri

Anak-anak juga sangat rentan dengan belekan yang terjadi karena infeksi bakteri yang memicu konjungtivitis. Infeksi ini bisa ditandai dengan mudah karena muncul kerak tebal pada mata dan munculnya cairan kuning pada mata. Jika sudah terjadi produksi cairan kuning maka mata menjadi sangat lengkat dan sulit untuk membuka.

Saat sudah muncul tanda-tanda sakit mata ini maka anak sulit untuk berakifitas biasa dan membutuhkan perawatan yang lebih lama. Namun jika baru muncul gejala maka bisa sembuh dalam waktu yang cepat. Terlambat dalam perawatan juga bisa menyebabkan kerusakan kornea yang sangat fatal. Bayi dan anak-anak kemungkinan sering terkena penyakit belekan ini akibat tertular dari infeksi Moraxella catarrhalis, Haemophilus influenzae dan Streptococcus pneumoniae.

Obat

Perawatan tanpa obat bisa dilakukan dengan memberikan cairan hangat pada bagian kelopak mata yang lengket. Caranya bisa dilakukan dengan kompres dengan kain atau kapas yang bersih.

Obat khusus untuk kondisi penyakit ini harus disesuaikan dengan penyebabnya sehingga harus mengikuti resep dokter.

3. Belekan Akibat Konjungtivitis Virus

Belekan juga bisa menjadi salah satu penyakit mata yang disebabkan oleh virus. Tanda penyakit belekan yang disebabkan oleh virus seperti cairan yang dikeluarkan mata lebih cair,mata menjadi sangat merah, dan kemungkinan terjadi perdarahan dalam mata. Ada banyak penyebab belekan virus seperti ketika anak terkena infeksi adenovirus, herpes dan varicella zoster.

Obat khusus yang diberikan untuk anak adalah semua jenis tetes mata yang tidak mengandung antibiotik. Karena perawatan virus tidak boleh dilakukan dengan antibiotik yang bisa menyebabkan kerusakan pada mata anak.

Obat

Selain memberikan obat yang tidak mengandung antibiotik maka sebaiknya mata anak juga dikompres dengan handuk hangat atau dingin. Kemudian juga bisa menggunakan obat tetes mata yang membantu proses produksi air mata buatan agar mata tidak terlalu kering. Anak sebaiknya juga diisolasi sementara agar tidak menularkan virus ke anak yang lain. Dengan perawatan ini biasanya belekan akan sembuh dalam waktu 1 sampai 2 minggu.

Cara Mencegah Belekan Pada Anak

Karena anak memang sangat rentan terkena belekan maka sangat penting untuk mencegah belekan pada anak. Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan.

  1. Jangan biasakan anak sering menyentuh mata. Karena tangan anak kemungkinan mengandung bakteri atau virus yang menyebabkan belekan.
  2. Biasakan anak untuk mencuci tangan sesering mungkin agar lebih sehat.
  3. Jika anak terkena belekan maka kompres dengan handuk hangat atau dingin agar mata lebih nyaman.
  4. Jaga kebersihan ruang tidur anak seperti mengganti seprai dan sarung bantal dan mencucinya dengan detergen khusus.
  5. Jika anak menerima salep atau obat tetes mata biasakan saat memberikan obat maka ujung salep atau botol tetes mata anak tidak menyentuh langsung bagian mata atau bulu mata anak.
  6. Perawatan dokter. Belekan pada anak sebaiknya tidak diobati dengan obat sembarangan. Resep dokter sangat dibutuhkan karena penyebab belekan pada anak memang berbeda.

Itulah obat mata belekan pada anak 3 tahun sesuai penyebab. Jadi memang untuk mengobati belek anak sebaiknya tidak menggunakan obat bebas. Semua obat harus didapatkan dengan pemeriksaan dokter agar mata anak tidak terkena bahaya belekan.

, ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan