Sponsors Link

5 Obat Mata Kuning di Apotik Sesuai Penyebabnya

Sponsors Link

Mata yang sehat memang akan terlihat sangat bening dan bersih. Tapi terkadang kita sulit untuk memiliki mata yang bening karena berbagai sebab. Diantaranya karena terkena beberapa jenis jenis penyakit mata yang ringan atau yang berbahaya. Karena mata termasuk organ yang sangat sensitif maka terkena partikel asing kecil saja bisa membuat mata terlihat tidak bersih atau jernih.

ads

Misalnya adalah kondisi bagian putih mata yang tampak kuning. Kondisi penyakit ini bisa karena komplikasi dari penyakit dalam misalnya gangguan liver atau penyakit hepatitis. Tapi kondisi mata yang kuning dan tidak jernih juga bisa karena pengaruh ringan yang bisa diatasi dengan obat. Berikut ini akan kami sebutkan mengenai obat mata kuning di apotik sesuai penyebabnya.

1. Akibat Debu

Ketika Anda berada di luar rumah dan cuaca berangin maka kemungkinan debu dan partikel yang kecil akan masuk ke mata. Terlebih jika Anda bekerja di luar ruangan dengan lokasi yang cukup kotor dan berdebu. Saat debu masuk ke dalam mata maka biasanya menyebabkan rasa gatal dan perih. Karena itu kita akan menggosok mata untuk menghilangkan debu yang kasar. Tapi cara ini bisa menggores bagian mata sehingga membuat mata kering, perih, gatal dan kuning. Hal ini bisa diatasi dengan obat:

Insto

Insto adalah salah satu jenis obat mata yang bisa dibeli bebas di apotik. Obat ini memang khusus untuk mengatasi mata merah, perih dan gatal akibat terkena debu atau partikel yang kecil. Obat juga akan membantu menjernihkan mata akibat kebiasaan melihat TV atau akibat pengaruh komputer terhadap kesehatan mata. Namun sayangnya obat ini tidak bisa mengatasi peradangan yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Jangan menggunakan obat ini untuk peradangan karena justru bisa menyebabkan kondisi yang lebih buruk lagi.

2. Akibat Asap

Asap yang sangat halus memang bisa menyebabkan dampak yang serius untuk mata. Asap bisa merusak mata termasuk asap akibat kebakaran, asap limbah industri, dan asap akibat polusi udara yang sangat kotor. Memang kita tidak menyadari bahwa asap ini bercampur dengan kotoran yang kecil sehingga ketika mengenai mata akan membuat mata terasa sangat gatal. Kemudian tanpa kita sadari maka pasti kita akan menggosok mata. Kondisi mata akibat asap seperti karena proses memasak juga menyebabkan mata pedih dan kurang jernih. Jika dilakukan terus menerus maka bisa menyebabkan mata menjadi perih. Nah obatnya bisa:

Obat Tetes Mata FreshKon Clear

Obat ini sangat baik untuk mengembalikan kesegaran mata sehingga mata kembali jernih. Juga sangat baik untuk mengatasi iritasi akibat mata terkena paparan asap. Obat sangat sesuai jika Anda sering bekerja diluar rumah atau sering terkena asap. Sayangnya obat ini juga tidak bisa mengatasi semua penyakit mata yang disebabkan karena peradangan. Obat bisa diteteskan ke mata cukup dua kali sehari saja. Tapi obat ini tidak boleh digunakan untuk penderita glaukoma yang menjadi penyebab kebutaan mata.

3. Efek Melihat Komputer Terus

Ada sebuah kesimpulan bahwa sekarang banyak orang dan anak muda yang memiliki putih mata berwarna kuning. Kondisi ini ternyata tidak disebabkan oleh penyakit hepatitis atau gangguan liver, tapi karena kebiasaan melihat komputer secara terus menerus. Hal ini memang sesuai dengan kondisi perkembangan zaman dimana semua hal membutuhkan komputer untuk bekerja. Tidak perlu takut karena mata bisa diatasi dengan obat tetes mata lelah yang sudah tersedia di apotik, diantaranya seperti:

Visine

Visini adalah salah satu obat tetes mata yang sangat ringan. Visine bisa digunakan untuk mengatasi mata merah, gatal dan kuning. Obat hampir sama seperti jenis Rohto dan Insto. Obat bisa dibawa kemana saja dan kapan saja sesuai kondisi mata Anda. Terlebih jika Anda sering bekerja dengan komputer maka jaga kesehatan mata dengan visine. Hanya saja Anda harus segera menyadari jika ada efek sampingnya seperti mata kering dan tidak nyaman. Segera pergi ke dokter mata untuk mendapatkan perawatan.

4. Kontak Lensa

Menggunakan lensa kontak memang bisa membantu penderita gangguan mata seperti rabun jauh. Karena menggunakan lensa kontak juga dianggap lebih nyaman daripada kacamata maka terkadang banyak orang lebih memilih kontak lensa. Hanya saja ketika kontak lensa digunakan terus menerus maka bisa menyebabkan mata kering, mata perih saat berkedip dan mata seperti mengganjal. Kondisi ini juga yang akan menyebabkan mata kurang jernih dan terlihat lebih kuning. Untuk itu bisa menggukan obat:

Blink Contats: ini adalah jenis obat khusus untuk pemakai lensa kontak untuk menghilangkan beberapa gejala seperti mata yang lelah, mata terasa gatal, iritasi, kuning dan tidak nyaman. Obat ini bisa ditemukan di apotik terdekat dan tidak memerlukan resep. Hanya saja obat sebaiknya digunakan sesuai dosis yaitu 1 sampai 2 tetes setiap 6 sampai 7 jam sekali.

Refresh Contacts: ini juga obat yang sangat sesuai untuk pengguna lensa kontak. Obat akan mengatasi mata kering dan tidak nyaman akibat menggunakan lensa kontak dalam waktu yang lama. Obat juga bisa menyembuhkan iritasi ringan akibat lensa kontak di ruangan ber AC. Jadi sebaiknya berikan 1 atau 2 tetes setiap 6 jam sekali.

5. Obat Perawatan Alami

Karena menggunakan berbagai jenis obat kimia secara terus menerus untuk mata juga bisa berbahaya, maka sesekali cobalah dengan cara alami. Berikut ini beberapa resep yang bisa Anda coba:

  • Daun sirih: pilih beberapa daun sirih lalu cuci sampai bersih. Rebus dengan satu gelas air sampai mendidih. Tiriskan dan dinginkan di wadah yang bersih. Anda juga bisa mendinginkan rebusan ini di kulkas. Kemudian masukkan mata secara langsung ke dalam wadah atau dengan bantuan kapas. Lakukan setiap pagi agar mata jernih lagi.
  • Konsumsi buah dan sayuran yang berwarna cerah. Anda mungkin saja memiliki mata yang kurang jernih karena kurang vitamin A dan terlalu lelah. Karena itu cobalah untuk mengonsumsi sayuran dan buah yang seperti wortel, labu, apel, jeruk, stroberi, bayam, kale dan jenis makanan yang lain. Selain itu cukupi waktu tidur agar mata tidak terlalu lelah.

Itulah beberapa obat mata kuning di apotik sesuai penyebabnya. Jika ternyata mata kuning akibat infeksi maka sebaiknya segera pergi ke rumah sakit, sebab diperlukan obat khusus yang harus dibeli dengan resep dokter.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan