Sponsors Link

4 Obat Mata Merah dan Berair Di Apotik

Sponsors Link

Pernahkah anda mengalami kemerahan pada mata diikuti dengan mata berair dan tentu rasanya akan gatal dan pedih. Kondisi seperti ini sangat mengganggu aktivitas anda dalam sehari tentu saja mengganggu penampilan mata anda karena biasanya pada kasus ini ada yang disertai dengan bengkak.

ads

Mata sebagai indra pengelihatan sangat penting untuk kita oleh karena itu anda harus bisa menjaganya dengan baik. Menurut dr. Yosephine. S. dalam penuturannya menyebutkan bahwa biasanya kondisi mata merah, pedih dan berair disebabkan oleh infeksi virus, flu, alergi, cuaca, infeksi konjungtiva, dan benda asing. Dalam penuturannya juga menambahkan untuk meringankan kondisi demikian kita dapat melakukan tips sebagai berikut :

  • Melakukan kompres mata dengan handuk basah dan air hangat
  • Menggunakan obat tetes mata untuk penderita mata kering
  • Menghindari langsung dari paparan sinar matahari dan juga polusi udara
  • Hindari penggunaan kontak lensa

Berbagai jenis obat yang beredar di pasaran untuk penyembuhan sakit mata sangat marak namun anda harus mengetahui beberapa jenis obat yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Berikut ini beberapa jenis kandungan obat mata sesuai dengan kebutuhan sakit mata anda :

  1. Mata Merah

Penyebab mata merah yang biasa terjadi di kalangan masyarakat adalah dipengaruhi oleh faktor kecapekan, infeksi dan juga alergi. Obat mata seperti dekongestan dapat membantu anda dalam mengatasi mata merah. Dengan menggunakan obat ini akan menghasilkan mata anda lebih putih karena obat mata ini bekerja untuk mengecilkan pembuluh darah sehingga sklera mata anda lebih putih. Meskipun obat ini ampuh untuk mata merah ringan namun tetap saja obat tersebut memiliki efek yang negatif jika dipakai dalam jangka panjang yakni bisa menimbulkan  mata kering, iritasi dan pupil semakin melebar. Efek obat ini pada jangka panjang juga dapat menimbulkan seperti kecanduan jadi saat reaksi obatnya sudah hilang anda akan memiliki rasa untuk menggunakannya kembali.

  1. Mata Kering

Pada kondisi mata kering biasanya disebabkan oleh terlalu lama anda dalam menatap layar laptop atau komputer bisa juga terjadi karena kondisi luar berangin, efek operasi mata atau bisa juga karena kelelahan. Obat tetes mata bisa sebagai solusi anda dalam menyembuhkan penyakit mata ini karena obat tetes mata ini bisa dijadikan sebagai pelumas atau air mata buatan sehingga bola mata anda lebih lembab. Pada jenis obat tetes mata ini sebaiknya anda menghindari obat tetes mata yang didalamnya mengandung dekongestan karena kandungan tersebut akan membuat mata anda semakin kering.

  1. Mata Gatal Akibat Alergi

Pada saat mata anda gatal akibat alergi sebaiknya anda tidak menggosoknya sebab kali ini akan membuat nada lebih banyak melepaskan histamin yang mengakibatkan mata malah semakin gatal. Untuk mata gatal ini anda dapat menggunakan obat tetes mata yang didalamnya mengandung antihistamin karena kandungan zat tersebut secara khusus dibuat untuk mengobati mata gatal akibat alergi tentunya obat ini bekerja pada jaringan mata untuk mengurangi histamin

  1. Konjungtivitis

Kondisi mata yang memerah dan berair disertai belekan atau kotoran mata menyebabkan mata anda sakit biasanya kondisi seperti ini akibat konjungtivitis yakni oleh infeksi. Dengan kondisi seperti ini anda membutuhkan air mata buatan untuk meredakan sakitnya namun tetap saja anda akan merasakan sakit biasanya dari pihak dokter memberikan obat tetes mata yang mengandung anti biotik.

Dari penjelasan yang berada diatas anda mungkin sudah mulai tahu tentang kandungan yang harus ada dalam obat tetes mata tentunya sesuai penyakit mata itu sendiri. Namun bagaimana dengan obat yang berada di apotik apakah di apotik terdapat obat dengan kandungan tersebut?

Beberapa jenis obat yang di gunakan untuk obat mata merah dan berair di apotik:

  1. Cendo Xitrol

Obat ini merupakan obat tetes mata anti biotik dimana kondisi mata yang dialami penderita berupa mata merah, berair dan belekan. Untuk mendapatkan obat ini anda harus memiliki resep oleh dokter meskipun obat ini beredar di apotik hal ini dikarenakan kadar dosis yang terdapat pada kandungan obat ini cukup tinggi sehingga harus menggunakan anjuran dokter.

Sponsors Link

  1. Insto

Obat mata insto sangat berguna untuk mencegah ataupun pengobatan mata merah. Mata merah biasanya disebabkan beberapa faktor dinatarannya oleh pengaruh debu atau asap di sekitar kita dan juga mata lelah akibat melihat layar TV ataupun komputer dapat mengakitbatkan gangguan mata. Insto bisa didapatkan di apotik, tanpa harus dengan resep dokter. Obat insto ini mengobati mata seperti iritasi dan kemerahan pada mata saja, tidak untuk pengobatan pada peradangan mata. Jika sudah pemakaian tiga kali dan anda masih merasakan pedih maka sebaiknya segera periksakan mata anda ke dokter mata.

  1. Freshkon Clear

Obat tetes mata yang berkualitas yang terdapat di berbagai apotik adalah FreshKon Clear yang berkhasiat untuk menyegarkan mata dan mengatasi iritasi mata. FreshKon Clear ini tidak dianjurkan untuk mengobati peradangan mata parah, tetapi sangat berkhasiat untuk mengatasi mata merah dan juga mata kering. Meskipun obat ini dikategorikan aman namun anda harus tetap berhati – hati dalam menggunakanya, anda hanya cukup memakai obat ini maksimal 2 kali sehari.

  1. Rohto

Obat tetes mata ini kegunaannya hampir sama seperti obat tetes mata insto yang hanya bisa mengatasi mata merah dan iritasi ringan. Tetapi ada perbedaan pada obat mta ini yang mana obat tetes mata ini tidak dianjurkan bagi penderita glaukoma atau mata yang meradang, dan anak-anak. Untuk mendapatkan Obat tetes mata ini anda tidak membutuhkan resep dokter.

Namun tetap ada efek samping obat mata merah dan berair di apotik ini, yakni dalam penggunaannya jika mata anda terasa perih dan panas sebaiknya anda menghentikan pemakaiannya dan segerakan untuk periksa ke dokter.



Oleh :
Kategori : Pengobatan