Sponsors Link

7 Obat Sakit Mata Alami untuk Dewasa yang Manjur

Sponsors Link

Jika Anda mengalami mata Anda kering atau sakit, Anda mungkin tahu betapa tidak nyaman dan bahkan menyakitkan kondisinya. Ketika mata tidak menghasilkan cukup air mata untuk tetap dilumasi dengan baik atau jika air mata berkualitas buruk Anda mungkin mengalami iritasi, peradangan, dan penglihatan kabur.

ads

Kekeringan, rasa gatal, dan rasa pedih yang Anda rasakan bisa disebabkan oleh faktor-faktor di lingkungan Anda (seperti kelembapan di rumah Anda atau posisi monitor komputer Anda) atau disebabkan gangguan medis yang mendasarinya.

Air mata memainkan peran kunci dalam mempromosikan penglihatan yang jelas, menangkal infeksi, dan menjaga permukaan depan mata bersih dan lembab. Gejala mata kering dapat meliputi:

  • Rasa menyengat, terbakar, atau berpasir di mata
  • Pembuangan kotoran berlebih dari mata
  • Penglihatan buram, penglihatan ganda, atau kehilangan penglihatan
  • Sensitivitas cahaya
  • Muncul kemerahan pada mata
  • Kelelahan mata
  • Tidak nyaman saat memakai lensa kontak

Meskipun saat ini ada uji klinis skala besar yang mengeksplorasi penggunaan vitamin dan suplemen untuk mata masih belum terlalu banyak, namun setidaknya semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa tidak mendapatkan cukup vitamin dan nutrisi dapat dikaitkan dengan sindrom mata kering. Oleh karena itu beberapa perawatan dan obat sakit mata alami untuk dewasa berikut ini bisa dicoba:

1. Kompres dingin

Tempatkan kain lap dingin di atas mata tertutup Anda dua sampai tiga kali sehari selama lima menit sekaligus untuk mengatasi rasa sakit dan bengkak. Hal ini bisa menjadi solusi untuk mwngatasi gangguan mata ringan misalnya mata panas atau gatal. Cara ini juga bisa atasi mata sakit saat berkedip.

2. Minyak jarak

Obat tetes mata yang mengandung minyak jarak dapat membantu mengurangi iritasi mata. Letakkan satu tetes di setiap mata sebelum tidur, lalu lakukan lagi di pagi hari. Saat ini sudah cukup banyak penggunaan obat tetes mata berbahan minyak jarak di pasaran.

3. Lidah buaya

Karena sifat anti-inflamasi dan antibakteri dari lidah buaya, maka beberapa pengobatan dan penyembuhan alami menyarankan untuk menggunakannya untuk meringankan sakit mata. Campurkan 1 sendok teh gel lidah buaya segar ke dalam 2 sendok makan air dingin, lalu rendam campuran kapas dalam campuran. Tempatkan putaran kapas direndam di mata tertutup Anda selama 10 menit. Lakukan ini dua kali sehari.

4. Konsumsi Vitamin D

Orang dengan kekurangan vitamin D mungkin rentan terhadap mata kering, menurut beberapa studi yang telah meneliti hubungan antara vitamin D atau defisiensi vitamin D dan sindrom mata kering. Sebuah penelitian yang melibatkan 17.542 orang dewasa di Korea, misalnya, menemukan bahwa kadar vitamin D pada mereka dengan sindrom mata kering secara signifikan lebih rendah daripada mereka yang tidak memiliki mata kering.

Sebuah penelitian kecil yang diterbitkan dalam Medical Science Monitor pada 2017 juga meneliti hubungan antara tingkat vitamin D dan sindrom mata kering dan menemukan bahwa tingkat itu lebih rendah pada orang dengan sindrom mata kering.

Menghindari defisiensi vitamin D tampaknya memperbaiki sindrom mata kering, menurut sebuah penelitian dalam Laporan Ilmiah. Untuk penelitian ini, suplemen vitamin D mempromosikan sekresi air mata, mengurangi ketidakstabilan air mata, dan mengurangi ukuran peradangan mata pada orang dengan sindrom mata kering. Hal ini juga bisa jadi solusi alami  cara menyembuhkan mata yang sakit ketika berkedip.

5. Konsumsi Vitamin A

Masalah yang signifikan di negara berkembang (seperti Asia Tenggara dan Afrika) adalah kekurangan vitamin A. Hal ini bisa menyebabkan kehilangan penglihatan (terutama pada malam hari), mata kering, kepekaan cahaya, sensasi benda asing, ulkus kornea, dan kebutaan. Vitamin A ditemukan dalam sayuran berdaun hijau, sayuran dan buah jeruk (wortel, ubi jalar, mangga, melon), dan telur.

Sponsors Link

Di negara maju, sebagian besar kekurangan vitamin A terkait dengan penyakit radang usus, sindrom usus pendek, cystic fibrosis, diare kronis, alkoholisme, penyakit hati kronis, pankreatitis, malabsorpsi lemak, diet ketat, gagal ginjal atau hati, gangguan makan, sindrom Sjogren, diet vegetarian, dan operasi pada saluran pencernaan bagian atas (esofagus, kantong empedu, dan perut), seperti operasi bariatrik dan pengangkatan kantung empedu. Mata kering adalah efek samping umum dari kelas obat yang disebut retinoid (senyawa yang berhubungan dengan vitamin A). Retinoid umumnya diresepkan untuk kondisi kulit seperti jerawat.

6. Konsumsi Omega-3 Asam Lemak

Penelitian awal menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 docosahexaenoic acid (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA) menunjukkan hasil yang baik dalam pendekatan alami untuk menghilangkan mata kering. Sebuah tinjauan penelitian yang diterbitkan dalam Medical Science Monitor pada tahun 2014 menganalisis uji coba terkontrol secara acak yang diterbitkan antara 2007 dan 2013. Meskipun tidak ada perbedaan yang ditemukan pada indeks penyakit permukaan okular (skala 12-item untuk menilai gejala mata kering), asam lemak omega-3 dikaitkan dengan waktu pemecahan air mata yang lebih baik.

Suplemen asam lemak Omega-3 ditemukan untuk memperbaiki mata kering pada orang yang menjalani pengobatan Lasik, menurut sebuah penelitian kecil. Suplementasi meningkatkan sekresi air mata tetapi tidak mempengaruhi stabilitas air mata. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Kornea pada tahun 2015, tiga bulan pengobatan dengan tetes mata, tisu tutup, dan suplemen asam lemak omega-3 secara signifikan meningkatkan sindrom mata kering dan fungsi kelenjar meibom (kelenjar di kelopak mata yang menghasilkan minyak menangis) dibandingkan dengan kompres hangat dan basah yang digunakan setiap hari. Asam lemak omega-3 ditemukan secara alami dalam ikan berminyak (seperti salmon, sarden, trout, dan mackerel).

7. Tawas dan air mawar

Gunakan 4 gm tawas dan campurkan ke dalam 25 gm air mawar. Gunakan 2 tetes campuran air ini 2-3 kali dalam sehari. Ini akan memberi Anda 100 % pengobatan untuk sakit mata dan mata merah. Ini adalah obat sakit mata alami terbaik dan sangat ampuh. Jika air mawar tidak tersedia maka Anda bisa menggunakan air suling atau air matang.

Itulah beberapa perawatan dan obat sakit mata alami untuk dewasa yang bisa digunakan. Semoga bermanfaat dan apabila sakit mata tidak kunjung sembuh, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan