Sponsors Link

3 Obat Tetes Mata untuk Pendarahan Mata Subkonjungvita

Sponsors Link

Pada gangguan pendarahan mata atau pendarahan subkonjungtiva ringan, penggunaan obat-obatan baik obat tetes mata maupun obat oral sesungguhnya tidak begitu diperlukan. Pendarahan subkonjungtiva adalah gangguan mata umum yang tidak separah sikatrik kornea. Gangguan ini bisa terjadi karena trauma ringan, kebiasaan mengucek mata, maupun karena tekanan pembuluh darah pada jaringan konjungtiva yang besar. Dalam jangka waktu dua minggu, bercak darah yang muncul akan pelan-pelan memudar dan seperti sedia kala.

ads

Kendati demikian, pendarahan subkonjungtiva kerap disertai dengan keluhan ringan lainnya seperti mata kering, lelah, hingga mata perih karena iritasi ringan. Ada pun penggunaan obat tetes mata untuk pendarahan mata ringan umumnya berguna untuk mengatasi keluhan-keluhan tersebut. Sementara, tidak terdapat obat tetes mata yang mampu memperbaiki pecahnya pembuluh darah. jenis obat tetes mata yang Anda gunakan bisa merupakan jenis obat tetes mata generik seperti berikut ini.

  1. Navitae Eyedrop

Salah satu obat tetes mata untuk pendarahan mata atau pendarahan subkonjungtiva ringan adalah Navitae Eyedrop. Obat tetes mata ini bebas digunakan tanpa resep dokter. Kendati demikian, harus digunakan sesuai dengan aturan yang berlaku. Navitae Eyedrop hanya akan membantu mata Anda untuk tetap lembab dan membasmi penyebab iritasi mata merah yang kerap menjadi keluhan dari pendarahan subkonjungtiva.

Kandungan utama dari Navitae Eyedrop adalah asam hialuronat dan karboksimetil beta glucan. Ada pula kandungan vitamin A dan vitamin E yang terikat dengan PEG. Vitamin A pada Navitae Eyedrop mampu membuat lensa mata Anda terasa nyaman dan mengurangi kerusakan mekanis pada sel epitel kornea. Sementara vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menjaga mata Anda dari serangan radikal bebas.

  1. Visine Tears

Jika pendarahan subkonjungtiva yang Anda alami disertai dengan keluhan mata kering dan iritasi ringan, maka Visine Tears bisa membantu Anda mengatasi hal tersebut. Produk ini juga bisa melindungi dan membersihkan mata Anda dari debu dan pengaruh cuaca panas terhadap mata Anda. Ada pun sensasi yang muncul ketika Anda menggunakannya adalah sensasi dingin pada mata.

Artificial teras yang terkandung dalam Visine Tears adalah salah satu obat tetes mata untuk pendarahan mata yang akan direkomendasikan oleh dokter mata Anda. Kelebihan yang akan Anda dapatkan dari Visine Tears adalah kandungan PEG 400 di dalamnya. Karena menggunakan pengawet berbahan benzakolnium chlorid 0,01%, perhatikan aturan penggunaan agar tidak berlebihan.

  1. Cendo Hyalub

Kendati memiliki khasiat yang cukup tinggi, penggunaan Cendo Hyalub harus didasarkan pada resep dokter. Produk obat tetes mata ini kerap digunakan untuk mengatasi keluhan berat pada mata Anda setelah menjalani operasi seperti menghilangkan penyebab ulkus kornea dan katarak. Di sisi lain, penggunaan tanpa anjuran dokter memiliki risiko pemicu efek samping seperti hipersensitif, iritasi, hingga membuat mata Anda bernanah.

Kandungan utama dari Cendo Hyalub adalah sodium hyaluronate yang menjadikannya ke dalam golongan obat keras. Cendo Hyalub dijual satuan dalam botol dan didistribusikan oleh perusahaan farmasi Cendo Pharmaceutical Industries. Hal terbaik yang bisa Anda rasakan dari penggunaan obat tetes ini adalah mempercepat perbaikan permukaan oculer.

Selain tiga produk tersebut, masih terdapat banyak jenis obat tetes untuk pendarahan mata yang bisa Anda coba. Berusahalah sebisa mungkin untuk menggunakan obat tetes yang memang dianjurkan oleh dokter. Atau, jika keluhan Anda ringan cukup untuk menggunakan obat tetes mata generik yang bisa digunakan tanpa resep dokter dengan mempertimbangkan hal berikut ini.

  • Upayakan untuk memilih produk tetes mata yang tidak mengandung pengawet seperti benzalkonium chloride. Obat tetes mata tanpa pengawet seperti ini cenderung lebih aman untuk digunakan.
  • Jika keluhan dari pendarahan subkonjungtiva yang Anda alami rasa gatal dan kemerahan, carilah produk obat tetes mata yang tidak mengandung zat vasoconstrictor. Vasoconstrictor cenderung membuat sekresi air mata menurun sehingga tekanan pembuluh darah membesar dan memiliki risiko memicu munculnya ciri-ciri pembuluh darah mata pecah.
  • Jika mata Anda disertai keluh lelah, maka carilah produk obat tetes mata untuk pendarahan mata yang mengandung vitamin dan pelembab. Produk yang direkomendasikan adalah produk dengan komposisi hialuronat (hyaluronic acid).
  • Produk mata dengan kandungan air mata buatan atau artifisial tears adalah yang paling direkomendasikan oleh dokter. Zat yang terbuat dari campuran sodium chloride dan potasium chloride ini aman dan bebas efek samping karena sifatnya yang menyerupai air mata asli manusia.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, diharapkan pendarahan mata atau pendarahan subkonjungtiva yang Anda alami akan lebih membaik. Namun satu hal yang perlu Anda pahami adalah bahwa obat tetes mata atau air mata buatan tidak akan memberikan perbaikan yang signifikan terhadap pembuluh darah di mata Anda. Namun, penggunaan yang tepat mampu menjauhkan mata Anda dari kemungkinan mengalami keluhan yang lebih parah seperti terhindar dari penyebab bola mata terasa nyeri tidak normal.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan