Sponsors Link

9 Obat Tradisional untuk Mata Kedutan Paling Ampuh

Sponsors Link

Apakah Anda pernah merasa kedutan? Ya, salah satu masalah mata yang sangat umum dan sering dialami semua orang adalah mata kedutan. Sama seperti namanya maka mata yang terkena kedutan akan terasa berkedut-kedut seperti ada gerakan pada bagian bawah atau atas kelopak mata. Terkadang juga bisa terjadi di sekitar mata. Sebenarnya jika terjadi sangat singkat maka kedutan tidak akan mengganggu. Tapi jika terjadi dalam waktu sangat lama maka bisa menyebabkan gangguan penglihatan seperti penglihatan bergelombang.

ads

Intinya adalah kedutan bisa menjadi kondisi mata atau bahkan karena penyakit tertentu yang menyerang mata dan sekitarnya. Kejadian kedutan bisa terjadi karena gerakan otot mata yang terjadi dengan sendirinya. Kedutan bisa terjadi pada semua usia dan terkadang waktunya tidak bisa dipastikan. Tapi tentu saja jika terjadi kedutan maka harus diobati. Berikut ini daftar obat tradisional untuk mata kedutan paling ampuh.

1. Tarik Nafas Panjang Secara Teratur

Kedutan ternyata bisa disebabkan karena kondisi stres atau banyak pikiran. Karena itu biasanya orang yang stres selalu berprasangka buruk saat terkena kedutan. Padahal kondisi ini berhubungan dengan tekanan yang terjadi karena stres. Karena itu untuk mengatasinya maka harus mencoba menghilangkan stres secara perlahan.  Caranya adalah dengan latihan pernafasan dengan menarik nafas panjang lalu hembuskan. Latihlah berulang kali dan saat itu juga mencoba untuk mengurangi stres dan tekanan. Jika kedutan karena stres maka kedutan akan sembuh sendiri dengan terapi ini. Dan perhatikan juga dengan munculnya penyebab kedutan pada mata kanan menurut kesehatan.

2. Cukup Waktu Tidur

Mungkin kedutan memang dianggap hal yang sangat sepele. Tapi nyatanya kedutan juga bisa terjadi karena kurang tidur. Saat Anda kurang tidur maka bagian kelopak dan syaraf mata menjadi sangat kencang. Kondisi ini yang kemudian menyebabkan gangguan untuk syaraf mata. Jika memang kedutan karena kurang tidur maka satu-satunya obat adalah dengan mengatur waktu tidur. Setelah mengatur waktu tidur maka Anda bisa mencukupi waktu tidur. Karena mata yang kurang tidur juga tidak segar maka cobalah melakukan cara menyegarkan mata yang kurang tidur.

3. Istirahatkan Mata dari Gadget

Salah satu penyebab kedutan ternyata juga bisa karena mata yang sangat lelah. Mata lelah bisa terjadi karena sering atau terlalu banyak menatap layar gadget atau komputer. Sinar biru yang memicu radiasi pada mata menyebabkan kondisi yang tidak nyaman. Mata yang lelah akan terasa kurang fokus dan pedih. Karena gadget dan komputer menjadi penyebab mata cepat lelah, maka cobalah untuk mengurangi waktu melihat atau menggunakan gadget. Selain baik untuk mata juga menjadi cara untuk meningkatkan fokus mata.

4. Tangani Mata Tegang

Mata tegang menjadi salah satu penyebab kedutan yang paling sering terjadi. Kondisi ini juga banyak menyerang orang yang sering menggunakan komputer atau bekerja dengan komputer sepanjang hari. Jarak ketika melihat komputer yang terlalu dekat akan membuat mata tegang dan penat. Selain bisa menyebabkan kerusakan pada bagian dalam mata maka juga bisa membuat syaraf tegang dan lelah. Jadi lebih baik untuk istirahat dari komputer sementara waktu. Memandang suasana diluar rumah atau diluar kantor juga sangat disarankan.

5. Kurangi Kafein

Mata kedutan sering menjadi kondisi yang sangat umum untuk orang yang mengonsumsi kafein. Minum kopi, teh, coklat dan minuman bersoda adalah sumber kafein yang buruk untuk tubuh. Tapi bukan berarti Anda tidak boleh minum kafein. Dengan mengurangi asupan kafein maka secara berangsur-angsur kedutan akan sembuh. Kafein menyebabkan rangsangan untuk sistem syaraf sehingga menyebabkan kedutan. Jadi cobalah untuk mengurangi kafein agar tidak terkena masalah mata kedutan.

6. Berhenti Minum Alkohol

Alkohol menjadi salah satu minuman yang tidak sehat untuk tubuh. Alkohol bisa menyebabkan dampak yang serius untuk tubuh. Salah satunya adalah efek untuk sistem syaraf yang menyerang otak dan kemudian berakhir ke mata. Efeknya adalah mata menjadi kedutan dan tidak nyaman. Untuk itu cobalah untuk berhenti minum alkohol. Lebih baik untuk tidak minum alkohol sama sekali dan segera lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat Anda.

7. Atasi Mata Kering

Orang tua yang sudah berusia lebih dari 50 tahun biasanya akan mengalami kondisi mata kering. Mata kering untuk orang tua inilah yang membuat mereka sering mengeluh dengan mata kedutan dan tidak nyaman. Apalagi jika masih sering mengonsumsi alkohol dan kafein secara berlebihan. Karena itu disarankan untuk segera mengatasi mata kering. Ada banyak cara misalnya dengan berkedip secara teratur atau berulang kali saat mata kering, menggunakan obat tetes mata kering dan mengurangi penggunaan gadget. Jika sudah melakukan tindakan ini dan masih belum berkurang maka segera periksa ke dokter mata terdekat.

8. Konsumsi Makanan Kaya Magnesium

Beberapa orang ternyata bisa mengalami kedutan karena kekurangan nutrisi tertentu seperti magnesium. Kekurangan nutrisi ini akan menyebabkan kejang pada otot mata. Kondisi ini sangat tidak nyaman dan biasanya kedutan berlangsung terus menerus. Keadaan ini paling sering terjadi pada orang yang sedang diet ketat dimana tubuh mengalami kekurangan nutrisi. Untuk itu segera konsumsi makanan kaya magnesium seperti bayam, kangkung, kale, sawi, lemon, dan berbagai jenis makanan laut.

9. Hindari Pemicu Alergi

Mata kedutan yang disertai dengan bengkak, gatal, dan berair biasanya terjadi karena pemicu alergi. Terlebih ketika sudah terkena kedutan dan Anda menggosok kelopak mata maka kedutan akan bertambah parah. Hal ini terjadi karena aliran histamin dalam tubuh yang masuk ke dalam jaringan di sekitar mata. Untuk mengatasinya maka cobalah menjauhi semua pemicu alergi seperti bulu binatang, serbuk sari, udara yang terlalu dingin atau panas dan debu. Anda juga bisa mencoba menggunakan obat tetes mata yang mengandung bahan antihistamin. Tapi biasanya obat ini bisa didapatkan setelah pemeriksaan ke dokter mata.

Ternyata banyak sekali obat tradisional untuk mata kedutan paling ampuh. Semua obat dan cara ini direkomendasikan berdasarkan penyebabnya, sehingga Anda juga harus memahami penyebab kedutan.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan