Sponsors Link

Bolehkah Melakukan Olahraga Setelah LASIK?

Sponsors Link

LASIK atau singkatan dari Laser Assisten in-situ Keratomileusis, ini adalah satu prosedur pembedahan dalam dunia medis yang biasa dilakukan untuk mengatasi beberapa  jenis penyakit mata, seperti mata minus, miopi, astigmatisme, dan juga mata plus. Prosedur pelaksanaan operasi ini akan dilakukan oleh seorang dokter spesialis, artinya Anda tidak dapat melakukannya oleh sembarangan dokter. Lantas, bolehkah melakukan olahraga setelah LASIK?

ads

Bahaya Olahraga Setelah Melakukan Prosedur

Olahraga setelah LASIK sebenarnya masuk ke dalam pantangan yang dilarang. Kenapa? Karena pasca melakukan operasi, mata Anda masih harus sangat dijaga dan masih sangat sensitif terhadap rangsangan cahaya bahkan debu. Olahraga menjadi hal yang dilarang karena sangat berisiko sekali membuat mata Anda mengalami trauma atau cedera ketika melakukannya. Jika sudah begitu penyembuhan mata Anda pasca operasi akan semakin lama.

Bahkan bisa saja, jika Anda berolahraga di luar ruangan kemudian mata Anda terkena debu, bisa-bisa Anda terkena infeksi mata atau mendapatkan sindrom mata kering karena serangan debu.

Perlu Anda ketahui, ada beberapa pantang yang harus dihindari setelah operasi selain olahraga, diantaranya:

  • Mendapatkan sorotan cahaya

Ya, pasca operasi mata Anda masih sangat sensitif, tidak hanya pada debus saja yang memang sudah sangat jelas akan mengganggu mata. Pada cahaya saja mata Anda akan sangat sensitif. Sehingga tidak jarang dokter menyarankan pasien nya untuk menggunakan kacamata hitam untuk melindungi mata dan berdiam diri di rumah untuk beberapa saat, guna melindungi mata dari sinar mata hari. Ini juga bisa menyebabkan sindrom mata kering.

  • Melakukan aktivitas yang perlu tingkat kefokusan tinggi

Pasien yang baru saja melakukan operasi LASIK pun biasanya dilarang untuk melakukan aktfitas yang membutuhkan tingkat kefokusan sangat tinggi. Misalnya saja, seperti membaca buku, menonton tv dan yang lainnya. Mereka diharuskan mengistirahatkan mata selama 2-3 hari, setelah itu bisa melakukan kontrol pada dokter. Jika mata dianggap sudah baik Anda bisa melakukan aktivitas Anda secara normal.

  • Tidak menggunakan makeup

Anda juga dilarang menggunakan makeup setelah melakukan LASIK. Kenapa? Tujuannya untuk menghindari resiko iritasi karena masuknya makeup ke dalam mata. Beberapa makeup yang dilarang seperti eye liner, mascara dan lotion wajah. Sebaiknya sih, Anda selama masa penyembuhan benar-benar tidak usah menggunakan makeup, walaupun hanya lotion ringan.

Beberapa hal di atas termasuk olahraga merupakan hal yang dilarang setelah Anda melakukan operasi LASIK. Namun, jika sudah berselang beberapa hari, milsa nya saja 3 hari atau seminggu setelah dokter menyatakan bahwa mata Anda sudah bisa melakukan aktivitas normal seperti biasanya, Anda bisa melakukan olahraga lagi.

Ada olahraga yang disarankan untuk mata, yaitu senam mata. Ini gunanya untuk melatih kefokusan pasca operasi mata LASIK. Saat minus atau plus atau silinder tentunya mata Anda tidak bisa fokus, jadi Anda kerap kali memanfaatkan fungsi kacamata minus atau kacamata yang sesuai dengan kondisi mata Anda agar bisa melihat benda dengan fokus.

Sponsors Link

Namun pasca LASIK Anda sudah bisa melihat normal, namun perlu dilatih agar mata Anda semakin terbiasa. Misalnya saja dengan senam mata, melihat benda jarak jauh dengan mata telanjang, atau melihat benda bergerak dengan mata telanjang, ini bisa menjadi terapi mata minus alami.

Jadi, bolehkan olahraga setelah LASIK? Sebenarnya boleh, namun setelah berselang beberapa hari saat dokter menyatakan bahwa mata Anda sudah bisa melakukan aktvitas normal. Kalau belum dianggap baik-baik saja oleh dokter sih sebaiknya jangan. Selama proses penyembuhan sangat disarankan untuk Anda bisa mengkonsumsi  makanan untuk menjaga kesehatan mata.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan