Sponsors Link

Operasi Ulkus Kornea : Persiapan – Prosedur – Resiko

Sponsors Link

Ulkus kornea adalah salah satu gangguan mata serius. Penyakit mata ini tidak hanya menjadi penyebab bola mata terasa nyeri melainkan juga dapat memicu penurunan daya lihat dan kebutaan. Oleh karena itu, seseorang dengan gangguan ulkus kornea harus segera melakukan pengobatan kepada dokter mata.

ads

Pengobatan terhadap ulkus mata didasarkan pada penyebab dan seberapa parah ulkus mata diderita. Umumnya, dokter akan mencari tahu terlebih dahulu penyebab dari ulkus mata yang Anda derita. Ada pun penyebab dari ulkus mata adalah infeksi virus, bakteri, dan jamur serta trauma pada mata yang disebabkan oleh benturan keras dan ledakan.

Pada ulkus kornea yang ringan, Anda biasanya akan diberikan beberapa jenis obat oral dan tetes mata sebagai langkah pengobatan, seperti paracetamol dan tetes mata antibiotik. Namun pada kondisi ulkus mata yang parah, tindakan operasi ulkus kornea harus dilakukan. Jenis operasi yang umum dilakukan adalah operasi transplantasi kornea atau keratoplasty.

Persiapan Operasi Ulkus Kornea Keratoplasty

Ada banyak cara mengobati ulkus kornea tanpa operasi selayaknya banyak pula cara mengobati mata silinder tanpa operasi. Akan tetapi, jika dokter sudah menyarankan untuk operasi maka sudah dipastikan ulkus kornea Anda sudah parah dan tidak mampu disembuhkan dengan penggunaan obat. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan diri untuk melakukan operasi sesegera mungkin.

Karena operasi keratoplasty adalah jenis operasi besar, maka sebelum melakukan operasi Anda akan digiring untuk beberapa prosedur kesehatan dan keselamatan. Umumnya, akan dilakukan pemeriksaan terhadap kesehatan tubuh Anda baik dari kondisi jantung, tekanan darah, hingga pemeriksaan thorax. Jika hasilnya baik, maka tindakan operasi bisa dilanjutkan. Mata Anda akan segera dibersihkan dan ditutup menggunakan kasa steril sampai waktu operasi tiba. Anda juga biasanya akan diminta untuk berpuasa.

Prosedur Operasi Ulkus Kornea Keratoplasty

Ada dua jenis tindakan operasi keratoplasty yang umum yakni keratoplasty penetrasi dan keratoplasty lempengan. Pemilihan jenis keratoplasy yang akan diberlakukan kepada Anda adalah hasil dari pertimbangan dokter terhadap kondisi kesehatan mata Anda. Hal tersebut juga akan didasarkan pada urgenstias dan kecocokan teknik operasi dengan proses penyembuhan yang paling cepat.

Sebelum melakukan tindakan operasi, Anda akan diberikan anestesi seluruh badan baik dengan suntikan maupun lewat infus. Lambat laun, anestesi akan mengambil kesadaran Anda selama tindakan operasi dilangsungkan. Hal tersebut dilakukan untuk mengatasi rasa sakit yang muncul selama proses operasi.

Pada tindakan operasi keratoplasty penetrasi, setelah Anda dianestesi hingga tidak sadarkan diri maka dokter akan segera melakukan tindakan operasi. Operasi ulkus kornea dilakukan dengan cara mengangkat jaringan kornea Anda yang rusak karena ulkus dengan alat potong melingkar disebut trephine a. Setelah diangkat, kornea donor akan diletakkan pada cekungan mata Anda untuk kemudian dijahit kecil. Setelah selesai dijahit, kemudian akan dilakukan pembersihan pada mata dengan menempelkan kasa steril di atasnya.

Sementara pada tindakan operasi keratoplasty lempengan, tidak semua bagian kornea yang diangkat. Dokter hanya akan mengangkat bagian atau lapisan kornea yang rusak karena ulkus dan membiarkan jaringan sehat yang tersisa.

Pasca Operasi Ulkus Kornea Keratoplasty

Tidak serta-merta setelah operasi mata Anda bisa kembali melihat dengan normal. Masih ada serangkaian proses perawatan dan observasi untuk menentukan tingkat keberhasilan dari operasi yang Anda jalankan. Biasanya, setelah bius habis mata yang dioperasi akan terasa menyakitkan, namun tidak akan berlangsung lama. Pandangan mata Anda juga tidak akan bisa melihat dengan jelas begitu saja.

Sebagai salah satu penyakit mata yang disebabkan oleh bakteri, jika Anda memilih untuk rawat inap maka dokter akan melakukan pemeriksaan rutin perkembangan proses penyembuhan mata Anda. Agar tidak kembali terserang infeksi dan trauma, Anda akan diharuskan untuk menggunakan kaca mata khusus. Jika organ kornea diterima oleh tubuh maka operasi yang dilakukan berhasil dilakukan. Akan tetapi, ada kalanya organ kornea tidak diterima oleh tubuh yang menyebabkan harus dilakukan operasi ulang.

Selain diperiksa oleh dokter, mata hasil operasi biasanya harus Anda tetesi dengan obat tetes antibiotik agar kondisinya tetap terjadi dari kemungkinan terkena infeksi. Sekali pun risiko komplikasi cukup besar, namun dengan perlakuan yang baik maka Anda akan cepat pulih. Anda juga barangkali membutuhkan obat sakit mata alami untuk dewasa dari dokter yang mencakup pemahaman mengenai cara membersihkan mata dengan benar.

Ulkus mata memang salah satu dari jenis-jenis penyakit mata yang cukup serius, namun jika Anda menanganinya dengan cepat maka jalan Anda pada kesembuhan akan lebih mudah. Jika gangguan tersebut sudah cukup parah maka salah satunya jalan untuk sembuh adalah tindakan operasi ulkus kornea. Operasi ulkus memang masih jarang dilakukan di Indonesia namun tingkat kesembuhan dan keberhasilannya cukup tinggi. Hanya dengan tindakan operasi keratoplasty, mata Anda akan sembuh dan bisa kembali berguna dengan baik.

, , , ,



Oleh :