Sponsors Link

4 Pantangan Mata Minus yang Harus Dihindari

Sponsors Link

Mata minus atau miopia atau biasa disebut juga rabun jauh adalah suatu kondisi berkurangnya kemampuan seseorang untuk melihat jauh tapi dapat melihat dekat dengan lebih baik. Miopia terjadi jika titik fokus sinar yang dibiaskan oleh kornea dan lensa mata terletak di depan retina.

ads

Persoalan mata minus memang diderita banyak orang di Indonesia. Selain karena faktor keturunan, kebiasaan yang tidak tepat serta kurangnya kesadaran dalam memperhatikan kesehatan mata menjadi faktor penyebab mata minus.

Bagi yang sudah terkena mata minus, salah satu opsi termudahnya hanyalah dengan memakai kacamata atau softlens. Namun yang perlu Anda ketahui, menggunakan kacamata tidak serta merta akan memberikan kesembuhan bagi si penggunanya. Dan saat ini juga sudah banyak alat canggih yang menawarkan solusi selain menggunakan kaca mata dalam menghilangkan mata minus, namun semu itu tidak bisa instan, dan Anda harus menerapkan pola hidup sehat untuk dapat menghilangkan mata minus Anda sedikit demi sedikit.

Tidak ada pantangan terhadap makanan tertentu bagi penderita mata minus. Sehingga sebenarnya Anda tidak perlu khawatir yang berlebihan mata minus Anda akan bertambah terus akibat salah makan. Memang secara langsung, tidak ada makanan yang dapat menyebabkan mata minus, namun bukan berarti Anda bebas mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.

Namun untuk Anda yang ingin lebih memperhatikan kesehatan mata Anda, sehingga terhindar dari menambahnya bilangan mata minus Anda, ada baiknya Anda menghindari pantangan mata minus berikut ini:

1. Hindari minuman beralkohol

Minuman dengan kandungan alkohol dapat membuat tubuh Anda menjadi tidak normal, penglihatan menjadi buram dan kondisi tubuh menjadi menurun. Jika seseorang sudah mengonsumsi alkohol banyak pengaruh negatifnya dibandingkan positifnya, pengaruh jangka panjang mengonsumsi alkohol adalah bisa membuat tubuh Anda menjadi rusak, bahkan termasuk merusak organ vital seperti hati dan jantung.

Minum-minuman beralkohol dapat memperlambat komunikasi pada otak, itu artinya otak sulit menyerap informasi, dan otak juga informasi jadinya sulit untuk disampaikan ke tubuh dengan baik. Alkohol sangat banyak tidak baiknya bagi mata, untuk itu hindari konsumsi makanan yang mengandung alkohol dan juga minuman. apalagi sekarang ini alkohol bukan hanya terkandung pada minuman, namun juga makanan yang menggunakan alkohol sebagai bahan makanannya, dan itu akan membuat gangguan pada mata.

  1. Konsumsi Obat-obatan

Beberapa efek samping konsumsi obat-obatan tertentu dapat menyebabkan efek samping pada mata Anda. Obat-obatan seperti antihistamin, obat-obatan hipertensi, obat jerawat minum, kontrasepsi oral, dekongestan, terapi pengganti hormon, antidepresan, obat-obatan parkinson, beta blocker, dan diuretik, disinyalir dapat menyebabkan mata kering. Penggunaan obat-obatan ini dalam jangka waktu yang panjang akan menyebabkan mata Anda mengalami permasalahan yang serius.

  1. Konsumsi gula yang berlebih

Untuk Anda yang memiliki riwayat diabetes, ada baiknya Anda mulai membatasi konsumsi gula Anda agar resiko diabetes tidak semakin meluas. Gula memang sangat enak untuk dikonsumsi, apalagi jika tidak menggunakan gula segala masakan dan makanan menjadi kurang. Akan tetapi tahukah Anda jika mengkonsumsi gula yang berlebih akan mengakibatkan mata minus pada mata Anda bisa bertambah tinggi.

Selain itu kadar gula yang tinggi dapat menimbulkan berbagai komplikasi dari organ tubuh Anda lainnya seperti jantung dan ginjal. dan yang paling sering terjadi yaitu penyakit diabetes. Untuk itu, mulai sekarang hindarilah mengonsumsi makanan dan minuman dengan gula yang sangat tinggi. dan jaga mata Anda agar bisa terus berjalan dengan normal.

  1. Hindari makanan berkolesterol tinggi

Kolesterol tinggi memang sangat berbahaya, bukan hanya pada mata namun juga tubuh kita. kolesterol umumnya terdapat pada makanan-makanan junkfood. kolesterol terbentuk sumbatan di pembuluh darah arteri yang membuat pembuluh darah menjadi sempit, dan bukan hanya pada pembuluh darah, namun juga aliran darah mengalami gangguan akibat kolesterol ini.

Sponsors Link

Buruknya, sumbatan kolesterol pada pembuluh darah arteri ini tidak hanya terjadi di bagian jantung dan sekitarnya. Diketahui bahwa penyumbatan tersebut dapat terjadi di pembuluh darah arteri seluruh tubuh Anda, termasuk di mata.

Kolesterol tinggi tidak memiliki tanda dan gejala yang khusus, sehingga satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan periksa kadar kolesterol Anda. Ini berarti, untuk mencegah timbulnya dampak buruk kolesterol tinggi pada mata dan organ tubuh lainnya, Anda sangat dianjurkan untuk memeriksakan kadar kolesterol secara rutin.

Jagalah pola makan Anda, dan hindari makan makanan cepat saji yang sebenarnya tidak baik bagi kesehatan tubuh dan mata. Selain itu makanan cepat saji juga mengandung kolesterol yang tinggi. Tidak mau kan jika mata minusmu menjadi bertambah akibat kelebihan kolesterol ini.

Satu-satunya cara yang telah terbukti untuk mengurangi minus pada mata Anda adalah dengan tindakan medis. Yaitu dengan melakukan pembedahan pada kornea mata, seperti dengan keratotomi radial, keratotomi fotorefraktif, atau melakukan Laser Asissted In situ Interlamelar Keratomilieusis yang lebih dikenal dengan nama operasi LASIK.

Namun Anda bisa mencegah bertambahnya bilangan mata minus Anda dengan berbagai cara seperti menerapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga secara teratur, menghindari rokok, minuman beralkohol, dan stres, serta cukup istirahat setiap hari. Tidak terlalu lama berada di depan layar monitor komputer atau gadget, atau tidak menonton TV terlalu dekat juga bisa menjadi salah satu pencegah meningkatnya bilangan mata minus Anda.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai pantangan mata minus yang dapat mengganggu kesehatan mata Anda dan menambah tingkatan mata minus Anda. Namun yang terpenting sebagai salah satu cara bersyukur atas nikmat melihat adalah tentu saja dengan menjaga nikmat itu agar tetap selalu menjadi milik Anda. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat bagi kita semua.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman