Sponsors Link

Pantangan Setelah Operasi Retina Yang Wajib Dilakukan

Sponsors Link

Ada cukup banyak jenis penyakit mata , baik yang membahayakan ataupun tidak. Salah satunya adalah kondisi ablasio dimana terjadinya kerusakan pada retina atau retina yang terlepas. Sementara itu, retina sendiri merupakan lapisan yang berada pada bagian belakang bola mata dan berfungsi agar bisa mengubah masuknya cahaya menjadi gambar. Bila retina mengalami kerusakan, maka akan mengakibatkan penglihatan menjadi semakin buruk. Oleh sebab itulah, tidak sedikit orang yang mencoba untuk mengatasi retina dengan cara melakukan operasi. Namun, pasca operasi tentunya penderita juga tetap harus menjaga kesehatan matanya. Beberapa pantangan setelah operasi retina yang wajib dilakukan diantaranya:

ads

1. Menghindari aktivitas yang langsung berhubungan dengan mata

Pasca melakukan operasi retina, sebaiknya Anda benar-benar tidak melakukan aktivitas yang hubungannya erat dengan penglihatan. Karena hal tersebut malah akan membuat mata Anda mengalami kelelahan. Bisa-bisa bukannya sembuh, kondisi Anda malah semakin buruk dan bisa memicu penyebab kebutaan mata dan penyakit mata yang menular . Beberapa aktivitas yang sebaiknya perlu dihindari seperti bermain handphone dan bermain komputer.

2.Menghindari paparan sinar matahari yang langsung mengarah ke mata

Saat akan keluar rumah, sebaiknya untuk sementara waktu Anda menghindari paparan sinar matahari yang langsung mengarah ke mata. Hal ini dilakukan agar kondisi mata Anda setelah operasi bisa cepat mengalami penyembuhan dan terhindar dari gangguan yang tidak diinginkan. Anda bisa melindungi mata menggunakan kaca mata hitam untuk meminimalisir masuknya cahaya matahari ke mata.

3. Menghindari masuknya air ke mata

Selain cahaya, Anda juga sangat perlu melindungi mata dari masuknya air. Sebaiknya juga hindari aktivitas yang berhubungan langsung dengan air, misalnya berenang. Bahkan, ketika Anda hendak mencuci muka, alangkah baiknya Anda tetap mencari cara agar mata tidak terkena air. Untuk menghindarinya, cobalah mengubah cara mencuci muka Anda, jangan mencipratkan air langsung ke muka, sebaiknya lap saja muka menggunakan handuk kecil.

4. Menghindari pemakaian kosmetik untuk sementara waktu

Setelah melakukan operasi mata yang berhubungan dengan retina, Anda benar-benar harus melindungi mata dari gangguan apapun. Sebab bila terjadi gangguan, bisa menyebabkan hal buru. Sebaiknya, untuk sementara waktu hindarilah pemakaian kosmetik. Apalagi bila kosmetik tersebut berhubungan dengan mata, seperti eye liner atau eye shadow. Ini berjaga-jaga, bila nantinya kosmetik masuk ke mata dan bisa menjadi penyebab iritasi mata merah.

Selain pantangan di atas, biasanya juga dokter akan memberikan beberapa pantangan untuk dipatuhi selama masa penyembuhan setelah melakukan operasi. Sebaiknya, ikutilah semua apa yang disarankan oleh dokter. Jangan sampai acuh, karena itu bisa sangat membahayakan kondisi mata Anda. Misalnya saja, bila memang pada makanan pun dokter menyarankan untuk menghindari beberapa makanan, maka lakukanlah. Atau bila menyarankan konsumsi makanan untuk menjaga kesehatan selama proses penyembuhan maka lakukanlah.

Selain itu, pasca operasi bila Anda merasakan ada keanehan pada mata, seperti gejala yang tidak biasa, sebaiknya segelah memeriksakan mata Anda ke dokter. Guna mengantisipasi bahwa mata dalam keadaan baik-baik saja. Hindari juga pemakaian obat tetes atau apapun tanpa ada resep dari dokter karena bisa mengakibatkan kondisi mata menjadi buruk karenanya.

Sponsors Link

Itulah beberapa pantangan setelah operasi retina yang wajib Anda lakukan. Ingat, setelah operasi bukan berarti Anda sudah bisa menggunakan mata dengan normal, Anda tetap harus menjaga mata sampai benar-benar sembuh dan tidak memberikan efek samping karena operasi.

, , ,