Sponsors Link

Cara Mengatasi Pendarahan Mata Akibat Benturan dan Trauma

Sponsors Link

Permasalahan yang terjadi pada organ mata manusia tidak hanya disebabkan oleh faktor penyakit seperti halnya sikatrik kornea. Kecerobohan Anda dalam menjaga diri dan kesehatan organ mata Anda juga kerap menjadi penyebab yang memicu adanya gangguan. Salah satu kecerobohan tersebut berasal dari kebiasaan buruk atau aktivitas yang membuat mata Anda terbentur dan luka. Benturan atau trauma pada mata bisa berakibat fatal.

ads

Salah satu masalah yang paling umum sebagai dampak dari benturan yang terjadi pada mata adalah pendarahan. Jika benturan terjadi cukup ringan, pendarahan umumnya terjadi karena adanya pembuluh darah yang pecah dalam jaringan konjungtiva. Tanda umum dari pendarahan subkonjungtiva adalah munculnya bercak kemerahan pada bagian putih mata Anda. Ada beberapa cara untuk menangi pendarahan mata akibat benturan, yakni sebagai berikut.

  • Bersihkan mata dengan benar. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan mata Anda yang terbentur dengan kain bersih. Terutama jika benturan disebabkan oleh benda tumpul yang tidak Anda yakini kebersihannya. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya infeksi bakteri pada luka di mata Anda.
  • Kompres Air Dingin. Jika pendarahan yang terjadi cukup ringan yakni hanya ditandai dengan munculnya bercak kemerahan di mata, maka Anda cukup mengompresnya dengan air dingin. Pendarahan subkonjungtiva merupakan gangguan yang cukup ringan dan akan membaik dalam kurun waktu kurang dari 2 minggu.
  • Selanjutnya, Anda bisa menggunakan obat tetes mata dengan kandungan utama artifisial tears secara rutin untuk mengatasi keluhan-keluhan ringan yang terjadi karena benturan seperti mata perih, terasa kering, atau gatal.

Namun jika benturan terjadi cukup keras, bisa jadi trauma fisik yang disebabkan cukup parah. Tentu hal tersebut adalah kondisi yang sangat buruk karena tidak hanya bisa menjadi penyebab bola mata terasa nyeri, tapi juga rusak. Berikut adalah beberapa langkah cara mengatasi pendarahan mata akibat benturan yang bisa Anda lakukan di rumah.

  • Anda bisa memulainya dengan melakukan pembersihan dan kompres air dingin selayaknya cara mengatasi pendarahan mata akibat benturan yang terhitung ringan. Jika tidak membaik, lanjutkan pada langkah berikutnya.
  • Tekan dengan kasa steril. Namun jika pendarahan terjadi cukup parah, tekanlah bagian yang terluka menggunakan kasa steril. Tekan dengan lembut agar pendarahan berhenti.
  • Jika pendarahan sudah berhenti, biasanya bagian mata yang terluka akan bengkak. Hal ini dikarenakan adanya luka di area jaringan lunak dan tulang sekitar mata. Kompreslah dengan air es selama 20 menit untuk membuatnya kembali kempis.
  • Konsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen untuk meredakan nyeri yang muncul. Selain nyeri, keluhan yang umum terjadi adalah pandangan yang sedikit menghitam akibat dari benturan tersebut.

Ada beberapa kondisi yang mengharuskan Anda melarikan diri ke rumah sakit setelah mengalami benturan di area mata seperti mata luka kena kuku sehingga menimbulkan luka iris, ada benda asing atau binatang yang masuk, hingga luka terbuka yang cukup parah. Beberapa penyebab ini tidak hanya akan menunjukkan ciri-ciri pembuluh darah mata pecah, melainkan juga adanya luka terbuka. Maka hal yang harus Anda lakukan sebagai cara mengatasi pendarahan mata akibat benturan yang cukup parah adalah sebagai berikut.

  • Bilaslah air mata Anda dengan air hangat selama lima menit. Upaya pembersihan pada mata juga bisa dilakukan dengan cara mengolesinya dengan krim atau obat tetes mata.
  • Jika luka terbuka cukup besar, jangan coba-coba untuk menyentuh mata Anda dengan tangan yang tidak steril. Begitu juga jika terdapat sesuatu yang tertinggal di dalamnya. Tutuplah dengan plester lantas pergilah ke rumah sakit secepatnya.

Dalam langkah-langkah cara mengatasi pendarahan mata akibat benturan, ada beberapa hal lainnya yang perlu Anda perhatikan untuk membuat luka benturan pada mata Anda tidak menjadi parah, yakni sebagai berikut.

  • Jangan menggunakan kapas untuk membersihkan luka pada mata Anda. Kapas cenderung rapuh hingga bisa menempel pada mata Anda dan akan berpengaruh pada proses penyembuhan. Gunakanlah kain kapas atau perban.
  • Jika Anda perlu menggunakan kompres, hindari penggunaan produk kompres dengan bahan dasar kimia. Hal ini untuk menghindari kemungkinan kompres bocor sehingga bahan kimia di dalamnya akan menimbulkan infeksi pada luka di mata.

Satu hal penting yang perlu Anda lakukan ketika mengalami benturan pada area wajah atau mata adalah jangan panik. Kendati menimbulkan pendarahan, luka terbuka pada mata selayaknya luka terbuka pada bagian kulit lainnya yang bisa diatasi dengan mudah. Terutama jika luka terbuka yang muncul berukuran kecil atau hanya ditandai dengan bercak merah pada bagian putih mata Anda. Umumnya, benturan juga menjadi penyebab iritasi mata merah. Namun jika luka terbuka menimbulkan pendarahan yang cukup parah, cara mengatasi pendarahan mata akibat benturan paling benar adalah dengan memeriksakan diri pada dokter mata.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan