Sponsors Link

Pengaruh Gadget Terhadap Kesehatan Mata

Sponsors Link

Sekarang ini gadget merupakan salah satu alat yang cukup intens digunakan oleh banyak orang. Ini karena memang manfaat dari gadget bisa memudahkan kita dalam mengerjakan beberapa hal. Bahkan bisa dibilang sekarang ini orang-orang tidak akan bisa hidup tanpa gadget. Namun sayangnya, biarpun memiliki manfaat, ternyata gadget juga memiliki pengaruh buruk pada kesehatan bila digunakan terlalu sering, khususnya pada kesehatan mata. Berikut ini adalah pengaruh gadget terhadap kesehatan mata yang perlu Anda ketahui agar bisa menghindarinya.

ads

1. Bisa Menyebabkan Mata Minus

Pengaruh gadget terhadap kesehatan mata memang sangat membahayakan, apalagi bila pemakaiannya terlalu sering. Misal, lebih dari 8 jam sehari non stop. Mata akan sangat rentan terkena minus atau rabun jauh. Apalagi bila ternyata Anda memang memiliki jenis penyakit mata , kemungkinan akan bertambah sangat lah besar.

2. Mata Kering

Sinar biru yang berasal dari gadget bisa membuat Anda menjadi kering. Ini pengaruh dari terlalu lamanya mata menatap layar gadget. Kondisi mata kering ini akan sangat mengganggu, bila sudah semakin parah mungkin Anda akan merasakan beberapa gejala lain seperi mata yang teras gatal hingga panas dan memang ini dipengaruhi oleh mata yang kering akibat terlalu lama melihat gadget. Bila Anda merasakan kondisi mata kering, sebaiknya segeralah antisipasi menggunakan obat tetes mata yang banyak di jual di apotik, seperti insto. Namun bila kondisi mata kering sudah semakin parah bahkan membuat tidak nyaman segeralah periksakan kondisi mata Anda ke dokter. Apalagi bila anda baru saja melakukan operasi katarak sebaiknya hindari penggunakan gadget, karena efek samping operasi katarak akibat gadget akan sangat buruk.

3. Mata berbayang

Mata berbayang juga bisa menjadi gejala dari pengaruh gadget. Berbayangnya mata membuat Anda tidak bisa fokus melihat benda dan ini bila didiamkan dalam waktu lama bisa menyebabkan kondisi mata minus seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Anda akan sangat kesulitan fokus ketika melihat objek benda, akibatnya Anda perlu menggunakan alat bantu seperti kacamata agar bisa melihat objek benda lebih fokus apalagi bila jenis objeknya agak jauh dari pandangan. Tapi Anda tenang saja, mata lelah bukan penyakit mata yang menular

4. Mata lelah

Pemakaian gadget yang terlalu sering juga bisa membuat mata Anda menjadi sangat lelah. Ini sebenarnya dipengaruhi oleh sinar radiasi yang dipaparkan ketika melihat layar gadget. Sebaiknya saat Anda mengalami kondisi mata lelah segeralah beristirahat. Jangan didiamkan dalam waktu lama dan memaksakan mata terus melihat gadget, ini bisa sangat menggangu juga pada siklus istirahat Anda secara umum.

Tips Menghindari Pengaruh Buruk Akibat Gadget

Berikut ini adalah beberapa tips menghindari pengaruh buruk akibat gadget yang harus dihindari:

1. Buatlah jadwal pemakaian gadget

Sebaiknya Anda membuat jadwal pemakaian gadget agar tidak terlalu non stop menggunakan gadget dan tidak mempengaruhi pada mata. Misal, Anda menggunakan gadget 5 jam dalam sehari atau saat perlu saja. Di luar itu sebaiknya Anda tidak menggunakannya.

Sponsors Link

2. Aturlah cahaya layar gadget Anda

Cahaya layar gadget juga bisa mempengaruhi pada kesehatan mata. Sebaiknya atura cahayanya, sedang saja jangan terlalu terang.

3. Konsumsi makanan untuk menjaga kesehatan mata

Konsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata juga sangatlah dianjurkan agar kesehatan mata Anda selalu terjaga meskipun Anda sering menggunakan gadget.

4. Berikan obat tetes ketika mata terasa kering

Pemberian obat tetes bisa menjadi cara mengantisipasi agar mata Anda tidak kering. Oleh sebab itu sebaiknya Anda sediakan obat tetes mata yang dijual umum di apotik. Sebaiknya, Anda segera periksakan ke dokter bila kondisi mata berbayang bintik hitam terjadi pada Anda.

Itulah pengaruh gadget pada kesehatan mata yang sebaiknya bisa Anda hindari.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan