Sponsors Link

Pengaruh Hipertensi Pada Mata

Sponsors Link

Hipertensi digunakan oleh dokter untuk menggambarkan kondisi umu yang disebut dengan tekanan darah tinggi. Hipertensi tidak hanya berdampak buruk untuk sistem kardiovaskular saja namun juga berdampak buruk untuk mata anda dan jenis penyakit mata lainnya. Tekanan darah tinggi atau hipertensi yang tidak terkontrol bisa meningkatkan risiko masalah serius seperti penyakit jantung, stroke dan juga retinopati hipertensi yang merupakan salah satu gangguan pada mata. Lau, sebenarnya apa saja pengaruh hipertensi pada mata?, berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

ads

Dampak Buruk Hipertensi Untuk Mata

Hipertensi memberikan efek buruk yang sangat banyak untuk berbagai bagian pada organ mata. Meningkatnya tekanan darah yang terjadi nantinya akan menyebabkan serangkaian perubahan mikrovaskuler retina yang dinamakan dengan retinopati hipertensi yang terdiri dari menyempitnya pembuluh darah di retina generalisata dan juga fokal, tonjolan arteriovenosa, perdarahan di retina, mikroneurisma dan juga beberapa kasus berat lainnya seperti diskus optik dan juga edema makula. Selain beberapa bahaya tersebut, ada beberapa pengaruh hipertensi pada mata lainnya seperti:

1. Kerusakan Pembuluh Darah

Kerusakan pembuluh darah atau retinopati bisa terjadi karena aliran darah menuju retina berkurang dan mengakibatkan pandangan menjadi kabur atau bahkan hilang seluruhnya. Seseorang yang menderita diabetes atau tekanan darah tinggi memiliki risiko lebih besar terhadap kerusakan pembuluh darah ini. Untuk itu, menjaga tekanan darah menjadi satu satunya cara untuk mencegah sekaligus mengobati retinopati hipertensi tersebut. Untuk mencegah kondisi ini Anda bisa coba konsumsi makanan untuk menjaga kesehatan.

2. Penumpukan Cairan di Bawah Retina

Menumpuknya cairan di bagian bawah retina atau disebut juga dengan choroidopathy terjadi pada jaringan yang amat peka terhadap cahaya dan berada di bagian belakang bola mata. Saat penumpukan cairan di bawah mata karena hipertensi ini terjadi, maka bisa menimbulkan beberapa masalah seperti penglihatan yang terganggu dan di beberapa kasus juga bisa menyebabkan jaringan parut yang tentu sangat mengganggu penglihatan dan penyebab iritasi mata merah.

3. Neuropati Optik

Neuropati optik bisa terjadi pada saat hasil dari aliran darah terhalang dan akhirnya merusak saraf optik yang juga disebabkan karena hipertensi. Saat neuropati optik ini terjadi, maka sel sel saraf yang terdapat pada mata bisa mati dan nantinya bisa membuat penglihatan hilang sementara waktu atau bahkan permanen.

4. Mikroaneurisma Retina

Mikroaneurisma retina merupakan area kecil darah yang menonjol dari arteri atau vena di bagian belakang mata. Tonjolan ini nantinya bisa terbuka dan kemudian mengeluarkan darah menuju jaringan retina yang mengelilingi dan menyebabkan penglihatan semakin menurun atau bisa juga menjadi penyebab kebutaan mata.

5. Edema Macular

Edema macular bisa terjadi karena hipertensi pada saat cairan bocor dari pembuluh darah retina kemudian menumpuk pada atau di bagian bawah makula mata yang kemudian bisa menyebabkan pembengkakan dan juga penebalan. Makula ini bertanggung jawab untuk penglihatan sentral sehingga nantinya jelas akan berpengaruh pada kualitas penglihatan seseorang.

6. Optic Disc Edema

Pembengkakan disk optik atau disebut juga dengan papilledema bisa terjadi karena berbagai kondisi termasuk pada saat seseorang terkena hipertensi. Tekanand arah sistemik yang terlalu tinggi nantinya bisa menyebabkan pembengkakan dan menjadi indikasi stroke yang akan datang dan bisa menyebabkan kematian. Disk optik sendiri merupakan area berbentuk oval kecil di retina yang menjadi tanda tempat masuk dalam bola mata dari saraf optik.

Gejala Gangguan Mata Karena Hipertensi

Ada beberapa gejala yang ditimbulkan jika seseorang mengalami hipertensi dan sudah mempengaruhi organ mata. Beberapa gejala umum yang ditimbulkan diantaranya adalah:

  • Penglihatan ganda
  • Penglihatan yang semakin meredup terkadang ada juga yang mengalami gejala mirip penyebab mata bintitan pada anak
  • Sakit kepala
  • Kehilangan penglihatan seluruhnya.

Tingkat Kerusakan Retina Karena Hipertensi

Pengaruh hipertensi pada mata nantinya akan menyebabkan kerusakan retina dengan skala dari mulai 1 hingga 4,namun bukan  penyakit mata yang menular.

Sponsors Link

  • Tingkat 1: Akan terjadi tanpa disertai dengan gejala.
  • Tingkat 2 sampai 3: Ada beberapa perubahan pada pembuluh darah seperti pembuluh darah yang bocor dan pembengkakan di bagian lain retina.
  • Tingkat 4: Akan terjadi pembengkakan saraf optik dan juga pusat visual retina atau macula dimana pembengkakan tersebut bisa menyebabkan penglihatan semakin menurun.

Hipertensi yang sudah menjadi salah satu penyakit umum di masyarakat modern sekarang ini bisa terjadi karena kebiasaan buruk seperti merokok, kadar kolesterol yang terlalu tinggi dan juga obesitas yang nantinya akan menyebabkan berbagai masalah dalam tubuh seperti kerusakan mata sebab pengaruh hipertensi pada mata sangatlah buruk. Untuk itu, pastikan anda menjaga tekanan darah agar selalu stabil sebelum terlambat dan membuat penglihatan anda rusak secara permanen.

, ,