Sponsors Link

Penglihatan Ganda dan Kabur – Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Pernahkah Anda mengalami kondisi penglihatan ganda dan kabur? Ini merupakan jenis penyakit mata  yang biasa disebut diplopia atau gangguan pada penglihatan yang menyebabkan penderita bisa melihat 2 gambar padahal hanya ada 1 objek. Kondisi ini bisa dibilang cukup sering karena jika tidak segera mendapatkan penanganan bisa saja membahayakan. Berikut ini adalah penyebab, gejala dan cara mengatasi penglihatan ganda dan kabur.

ads

Penyebab

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan Anda akan mengalami penglihatan ganda, diantaranya:

  1. Gangguna pada permukaan kornea atau disebut astimatisme, cara mengatasi asigmatisma biasanya menggunakan kacamata.
  2. Kornea yang menipis dan lama kelamaan membentuk kerucut atau disebut keratoconus
  3. Adanya selaput lendir tipis pada bagian putih di bola mata sehingga menghalangi pandangan. Kondisi ini dapat terjadi pada salah satu mata atau keduanya.
  4. Karena katarak
  5. Adanya dislokasi lensa atau pergerakan lensa atau bergesernya lensa sehingga berubah tempat. Kondisi ini bisa disebabkan karena trauma mata.
  6. Pembengkakan pada kelopak mata
  7. Mata yang mengering
  8. Masalah pada bagian retina yang tidak mulus karena berbagai macam penyebab.
  9. Mata juling
  10. penyebab mata cepat lelah

Sementara itu, pengilahatan ganda dan kabur juga kerap kali dirasakan oleh mereka yang memiliki beberapa penyakit:

  1. Diabetes: Penyakit yang disebabkan karena ketidak stabilan kadar gula darah sehingga membuat beberapa orang merasa pusing dan mengakibatkan penglihatan ganda saat mengalami kenaikannya.
  2. Penyakit graves: Penyakit yang akan mengakibatkan terganggunya sistem imun pada tubuh dengan penyebanny karena kelebihan hormone tiroid.
  3. Myasthenia gravis: penyakit yang mengakibatkan otot tubuh merasa sangat mudah lelah
  4. Trauma pada bagian otot mata: penyakit yang mengakibatkan trauma pada rongga mata.
  5. Hipertensi: tingginya tekanan darah

Gejala

Sementara untuk gejalanya sudah sangat jelas kalau penderita akan merasakan penglihatan yang ganda dan kabur. Namun kerap kali penderita juga merasakan pusing karena tidak terbiasa dengan kondisi tersebut. Mungkin beberapa orang juga ada saja yang mengalami penyebab mata buta mendadak namun dalam waktu singkat, ini bisa karena dampak dari kondisi tersebut yang membuat mata semakin tidak bisa terkontrol.

Beberapa gejala lain yang mungkin dirasakan :

  • Nyeri pada pelipis
  • Merasa mual
  • Lemah pada bagian mata
  • Kelopak mata menurun
  • Badan terasa lemas

Cara Mengatasi Penglihatan Ganda dan Kabur

Jika Anda mengalami penglihatan ganda dan kabur haru yang harus Anda lakukan:

1. Beristirahat

Saat kamu mendapatkan gejala gangguan pada penglihatan sebaiknya kamu harus memutuskan untuk beristirahat sebentar apalagi jika kamu sedang melakukan aktivitas membahayakan. Jika kamu terus memaksakan melakukan aktivitas malah akan membahayakan. Mereka yang mendapatkan gejala mendadak biasanya yang sedang terserang hipertensi.

2. Mengetahui penyebab

Mungkin Anda memiliki riwayat penyakit tertentu seperti yang sudah disampaikan sebelumnya. Misalnya saja, diabetes atau hipertensi. Jika memang demikian Anda sebenarnya sudah tau penyebabnya sehingga yang harus Anda lakukan adalah mengkonsumsi obat yang sudah diresepkan saat mendapatkan gejala tersebut.

3. Lepaskan softlense

Apakah Anda sedang menggunakan softlense? Sebaiknya lepaskan karena bisa jadi gejala muncul dipicu oleh softlense.

Sponsors Link

4. Berkonsultasi pada dokter mata

Bagi Anda yang tidak tau menau kenapa mata bisa mengalami gangguan sebaiknya segera konsultasikan pada dokter mata. Ya, ini penting sekali karena ditakutkannya Anda mengalami penyakit mata tertentu yang bahkan tidak diketahui.

Itulah pembahasan mengenai penglihatan ganda dan kabur. Mengkonsumsi Makanan untuk menjaga kesehatan mata juga bisa menjadi solusi agar dapat menjaga kesehatan mata sejak dini.

, ,