Sponsors Link

Penyebab Penglihatan Tiba-Tiba Gelap

Sponsors Link

 

ads

Pernah mengalami gejala penglihatan tiba-tiba gelap disertai dengan kepala pusing? Ini bisa jadi Anda mendapatkan jenis penyakit mata  tertentu atau bisa juga penyakit lain. Lantas, sebenarnya apa yang menyebabkan kondisi tersebut dan mengapa Anda bisa merasakannya bahkan dengan waktu sangat sering, apakah hal tersebut membahayakan atau tidak apakah merupakan penyakit mata yang menular atau tidak? Pembahasan ini tentunya menjadi informasi penting yang harus Anda ketahui.

  • Penglihatan gelap disertai gejala pusing saat berdiri

Apakah Anda pernah merasakan mata yang tiba-tiba gelap ketika berdiri dalam waktu lama, atau saat akan berdiri dan setelah makan? Hal tersebut bisa disebabkan karena Anda memiliki kelainan tekanan darah rendah atau yang biasa disebut hipotensi. Kondisi ini biasanya akan terjadi ketika tekanan darah Anda kurang dari 90 mmHg. Lebih parahnya lagi penderita tekanan darah rendah juga ada yang sampai mengalami pingsan secara tiba-tiba karena otak tidak bisa memperoleh pasokan darah yang cukup.

Sementara mata berkunan dengan tekanan darah rendah juga bisa dipicu oleh berbagai macam hal, bisa karena gaya hidup yang buruk atau karena kondisi penyakit tertentu dan pengaruh dari obat-obatan.

Ketika kondisi ini terjadi pada Anda, sebagai langkap awal cara penanganannya sebaiknya Anda segera mencari tempat untuk berbaring lalu angkatlah kaki agar Anda bisa mendapatkan pasokan darah ke otak dengan cukup. Cara ini akan cukup membantu terutama dalam proses pengaliran darah pada otak.

  • Buta mendadak dan sementara

Selain dikeranakan tekanan darah rendah, kondisi penglihatan tiba-tiba gelap juga bisa saja disebabkan karena Anda sedang mengalami proses kebutaan secara mendadak namun dalam waktu yang sementara. Namun kehilangan penglihatan ini bisa dianggap mendadak bila berkembang dalam waktu beberapa menit hingga beberapa hari. Ini juga bisa mempengaruhi satu ataupun dua mata.

Kondisi ini juga bisa saja mendai kondisi yang sangat serius karena berpotensi menjadi buta secara permanen terutama bila tidak mendapatkan penangan dengan segera. Penyebabnya sendiri biasanya disebabkan karena beberapa kondisi berat seperti, stroke, retina yang putus atau ablasio retina, dan juga diebete. Namun hingga sekarang katarak serta glaucoma masih masih menjadi penyebab kebutaan mata paling utama di dunia.

Sebaiknya, Anda segera berhati-hati dan memeriksakan diri ke dokter bila mendapatkan beberapa gejala berikut ini:

  1. Objek yang terlihat menjadi berbayang
  2. Pandangan mata jadi sulit sekali fokus
  3. Penglihatan mulai buram
  4. Penglihatan mulai mengalami penurunan secara mendadak dan secara terus menerus
  5. Mata menjadi merah atau timbul penyebab iritasi mata merah dan sakit pada bagian bola mata yang menyebar hingga sakit pada kepala
  6. Tiba-tiba ada yang menghalangi pandangan seperti kilatan cahaya atau disebut juga floaters seperti bintik hitam, benang, helaian ataupun jaring-jaring seperti adanya tirai yang menutup bagian penglihatan Anda.
Sponsors Link

Gejala-gejala di atas benar-benar harus Anda waspadai agar tidak mendapatkan kondisi yang semakin parah. Bila Anda sudah jelas mengetahui penyebabnya segela atasi dengan obat yang biasa Anda konsumsi, namu bila Anda baru saja mengalaminya sebaiknya segeralah memeriksakan kondisi penglihatan pada dokter untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Jagalah kondisi mata Anda sejak dini dengan mengkonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan seperti wortel. Karena bagaimanapun juga penglihatan merupakan indera yang sangat penting guna melihat objek sekitar dengan baik. Lakukanlah pencegah dengan cermat agar Anda tidak mendapatkan kondisi penglihatan gelap tiba-tiba.

, ,