Sponsors Link

3 Cara Pengobatan Mata Bengkak Berdasarkan Penyebabnya

Sponsors Link
mata bengkak

Obat mata bengkak yang saat ini tersedia di apotek sangat beragam pilihan dan jenis sediaannya. Dimulai dari obat tetes mata, antibiotik tetes mata, krim atau salep untuk sakit mata. Pemilihan obat mata bengkak yang tepat haruslah sesuai dengan indikasi atau penyebab dari mata bengkak tersebut. Saat ini sudah banyak obat mata bengkak yang bisa dibeli bebas atau harus menggunakan resep dokter.

ads

Mata bengkak atau bisa disebut edema periorbital merupakan sebuah kondisi bengkak pada daerah disekitar mata. Mata bengkak dapat disebabkan karena adanya kelebihan cairan di jaringan ikat pada mata. Mata bengkak dapat mengenai satu mata atau kedua mata.

Penyebab utama terjadinya mata bengkak adalah adanya proses peradangan atau inflamasi yang menyebabkan adanya penumpukan cairan di jaringan ikat di sekitar mata. Kondisi ini dapat menjadi akut (jangka pendek) atau kronis (jangka panjang). Beberapa penyebab seperti tidur ireguler, diet tinggi garam, konsumsi alkohol berlebih, merokok, alergi, penyakit kulit, penuaan, menangis, dan gangguan tiroid dan penyebab lain.

Saat ini banyak obat-obat golongan bebas atau over-the-counter (OTC) yang beredar di masyarakat dan mudah dijangkau di apotek. Namun kebutuhan obat bebas di masyarakat dibandingkan dengan pengetahuan masyarakat dalam memilih obat masih minim. Minimnya tersebut karena kurangnya pengetahuan tentang penyakit serta indikasi yang tepat untuk meringankan gejala dan tanda dari penyakit yang ditimbulkan.

Cara terbaik untuk mengetahui dan mendapatkan informasi dengan membaca dan mengerti informasi mengenai petunjuk penggunaan obat yang terdapat di label. Sehingga penggunaan obat secara mandiri dapat menimbulkan efek yang diinginkan dan tidak berbalik arah menjadi efek samping. Beberapa hal penting untuk diketahui saat menggunakan obat yang dibeli di apotek seperti, nama produk, zat aktif pada obat, petunjuk penggunaan obat, peringatan, serta dosis yang digunakan.

Hal yang lebih penting adalah tidak menyalahgunakan obat bebas dengan menggunakan dosis yang lebih dari pada yang dianjurkan pada petunjuk di label. Jika tidak ada efek yang ditimbulkan lebih baik hentikan penggunaan obat di apotek dan periksakan ke dokter.

Sebelum memilih obat pastikan dahulu penyebab dari mata bengkak agar penggunaan jenis obat mata bengkak dapat sesuai dengan indikasi penyakit. Selain perlu mengetahui penyakit yang mendasari, pengobatan mata bengkak juga perlu disesuaikan dengan derajat keluhan yang dirasakan. Obat mata bengkak yang biasa ada di apotek seperti obat tetes mata Cendo xitrol, Erlamycetin dan Terra Cortil Eye Oint. Berikut ini cara-cara pengobatan mata bengkak berdasarkan penyebabnya:

1. Alergi Mata

Untuk mata bengkak yang disebabkan oleh alergi, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menghindari faktor penyebab alergi. Untuk pengobatan, dokter akan memberikan resep obat mata tetes seperti air mata buatan yang memiliki fungsi untuk membilas faktor penyebab alergi dan antihistamin dengan sediaan tetes mata atau obat minum untuk meredakan respon dari alergi.

2. Infeksi pada mata

Mata yang bengkak akibat infeksi akan menyebabkan peradangan pada konjungtiva atau selaput mata yang disebut konjungtivitis. Konjungtivitis dapat disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Untuk mengobati ini, air mata buatan atau kompres dingin pada mata hanya akan mengatasi gejala yang mengganggu. Untuk mengobati secara tuntas dokter akan memberikan resep antibiotik dalam sediaan tetes mata.

3. Cedera mata

Mata yang bengkak akibat cedera biasanya akan menimbulkan nyeri serta memar pada bagian mata yang terluka atau cedera. Cedera mata yang ringan akan membaik dengan sendirinya dalam beberapa waktu. Untuk mengatasi keluhan, diperlukan istirahat yang cukup dan kompres dingin selama sekitar 20 menit pada mata yang bengkak. Anda juga dapat meminum parasetamol jika adanya tanda serta gejala demam.

Sponsors Link

Kesalahan dalam pemakaian obat mata dapat menyebabkan penyembuhan mata menjadi melambat atau tak kunjung sembuh karena efek dari obat tidak bekerja dengan baik. Hingga akhirnya akan menjadi komplikasi jika tidak hati-hati. Berikut kesalahan yang paling sering terjadi saat memakai obat mata:

  • Tidak Mencuci Tangan

Sebelum menggunakan obat mata pastikan terlebih dahulu untuk mencuci tangan. Walaupun mencuci tangan merupakan hal yang sederhana tetapi dapat memberikan dampak yang besar. Mencuci tangan yang baik adalah mencuci tangan dengan 6 langkah prosedural.

  • Tidak Memperhatikan Tanggal Kadaluarsa

Obat mata yang sudah lewat dari tanggal kadaluarsa akan mengakibatkan efek samping atau komplikasi. Reaksi kimia akan terjadi pada obat yang sudah kadaluarsa sehingga sifat dari obat tersebut akan berubah. Oleh karena itu, perlu melihat kembali tanggal kadaluarsa sebelum memakai obat.

  • Asal memakai Obat Mata

Sebaiknya tidak sembarangan dalam memakai obat mata jika memiliki keluhan tertentu pada mata. Jika penggunaan obat pribadi memang tidak kunjung menghilangkan gejala dalam 24-48 jam lebih baik periksa ke dokter. Terutama jika gejala yang dialami seperti penglihatan ganda dan kabur atau terganggu

Demikian penjelasan mengenai pengobatan mata bengkak. Apabila mata tidak kunjung sembuh, segera periksakan ke dokter mata agar mendapat penanganan yang tepat dan cepat. Jaga selalu kesehatan mata Anda agar terhindar dari jenis-jenis penyakit mata.

, , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan