Sponsors Link

Pengobatan Mata Buta Akibat Kecelakaan Sesuai Cedera

Sponsors Link

Kebutaan setelah mengalami kecelakaan menjadi kejadian yang paling sering terjadi. Kecelakaan yang fatal bisa menyebabkan trauma mata yang kemudian membuat mata tidak bisa melihat dengan jelas. Lalu kebutaan secara pasti akan terjadi tanpa bisa dihindari. Kondisi ini biasanya sudah terlihat setelah kecelakaan dimana dokter tidak bisa memberikan respon untuk mata pasien.

ads

Mata buta dalam artian mata sudah kehilangan fungsinya untuk melihat bisa menjadi dampak kecelakaan yang sangat serius. Bahkan dalam pemeriksaan biasanya mata sudah tidak memberikan respon terhadap cahaya atau gerakan. Jadi hal yang perlu segera dilakukan adalah perawatan pasca kecelakaan dan perawatan lanjutan. Berikut ini kami berikan beberapa pengobatan mata buta akibat kecelakaan sesuai cedera.

1. Jika Syaraf Mata Putus

Jika terjadi syaraf mata putus maka bisa menyebabkan penyakit mata ablasio yang bisa menyebabkan kebutaan. Retina sendiri adalah bagian mata yang terletak di belakang bola mata serta memiliki manfaat untuk menangkap cahaya atau bayangan ke bagian mata. Kemudian bayangan yang diterima akan dirubah menjadi sistem impuls listrik yang kemudian akan diteruskan ke syaraf mata lalu ke otak.

Jika bagian ini terlepas maka aliran darah yang melewati pembuluh darah juga akan hilang. Kondisi ini sangat serius sehingga harus dirawat segera setelah kecelakaan. Jika terlalu lama dibiarkan maka sel yang ada di retina akan mati karena kehilangan oksigen dan darah.

Tanda jika mengalami ablasi retina adalah sudut pandang menyempit, mata melihat kilatan, mata sakit dan ada bayangan yang menutupi mata. Perawatan yang perlu dilakukan seperti:

  • Jika terjadi robekan atau retina berlubang akibat kecelakaan maka perlu dilakukan operasi dengan menggunakan sinar laser atau fotokoagulasi. Tindakan ini diharapkan bisa membangun kembali jaringan pada retina sehingga tidak sampai terjadi kebutaan.
  • Jika ternyata retina sudah robek dan terlepas maka dokter akan melakukan penyuntikan gelembung yang berisi gas ke dalam bagian mata. Kemudian gas ini yang akan menekan retina sehingga retina bisa pulih kembali. Tindakan ini juga disebut dengan istilah pneumatic retinopexy.
  • Langkah yang lain adalah dengan melakukan vitrektomi. Tindakan ini dilakukan dokter untuk mengambil cairan  yang ada dalam bola mata dan kemudian menggantikannya dengan silikon atau gas khusus.
  • Perawatan dengan scleral buckling. Tindakan yang lain adalah dengan melakukan scleral buckling dimana dokter akan memasang karet dari bahan silikon ke arah sklera yang kemudian bisa menempel pada bola mata sehingga retina tidak terlepas.
  • Perawatan dengan terapi diperlukan setelah melakukan tindakan medis ini. Penglihatan ganda dan kabur tetap bisa terjadi sehingga terapi digunakan untuk mengembalikan penglihatan bisa pulih lagi.  

2. Transplantasi Kornea

Tindakan transplantasi kornea bisa dilakukan dengan beberapa syarat. Kerusakan kornea dan kecocokan kornea antara pendonor dan penerima harus dikonfirmasi oleh dokter. Tindakan ini dilakukan dengan cara mengganti semua bagian kornea yang rusak dan kemudian menggantinya dengan kornea sehat dari donor mata yang sesuai.

Ada beberapa kondisi yang membuat transplantasi kornea dilakukan yaitu: kornea keluar, kornea tipis, kornea bengkak karena benturan, kornea rusak akibat benturan, dan komplikasi kornea yang sudah tidak mungkin diperbaiki.

Ada beberapa pertimbangan yang dilakukan sebelum melakukan transplantasi kornea, yaitu:

  • Mencari donor kornea : mencari donor kornea biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama. Hal ini karena kornea hanya didapatkan dari pendonor yang sudah meninggal dunia. Terkadang masalahnya menjadi lama karena sulit mendapatkan donor yang cocok.
  • Proses donor kornea membutuhkan waktu antara 1 sampai 2 jam. Dalam proses ini hanya menggunakan jahitan yang sangat kecil untuk membantu agar kornea yang terpasang tidak terlepas. Tapi tetap ada risiko seperti misalnya keratitis setelah operasi kornea.

3. Perawatan Pencegahan

Sebenarnya kebutaan akibat kecelakaan mungkin juga sulit disembuhkan. Tidak ada obat alami atau obat herbal untuk menyembuhkan kebutaan. Hanya saja dokter biasanya memberikan beberapa langkah agar kebutaan tidak menghambat aktifitas. Misalnya dengan menggunakan kaca pembesar, menggunakan perangkat komputer khusus dan membaca huruf braile.

Dukungan Kepada Penderita Kebutaan

Memberikan dukungan pada penderitabuta akibat kecelakaan menjadi salah satu langkah untuk mendukung kehidupan penderita. Hal ini karena biasanya penderita mengalami shock yang bisa menyebabkan kondisi fisik semakin menurun. Berikut ini beberapa dukungan yang bisa diberikan.

1. Merubah kondisi rumah.

Setelah penderita pulang dari rumah sakit maka buat kondisi rumah menjadi ramah untuk penderita. Pasanglah beberapa tanda khusus di rumah agar penderita bisa mandiri di rumah. Misalnya tanda ke arah kamar mandi, dapur, kulkas, ruang tamu, ruang keluarga dan ke ruangan yang lain. Ini akan membuat penderita merasa tidak membebani orang lain.

2. Menggunakan perangkat dukungan

Langkah yang lain adalah memberikan perangkat dukungan. Cara ini bisa dilakukan dengan ponsel pintar yang sesuai dengan kebutuhan. Ini langkah yang membuat penderita bisa hidup normal meskipun mengalami kebutaan.

3. Fasilitas Buku Braile

Ketika kebutaan tidak bisa disembuhkan maka cobalah memberikan fasilitas buku braile yang dibutuhkan oleh penderita. Anda bisa mencoba mengajari cara membaca dan biasanya dalam waktu cepat penderita bisa beradaptasi dengan huruf braille.

4. Jasa Anjing Pemandu

Jika penderita menyukai anjing dan bersahabat dengan anjing maka bisa mencoba untuk menggunakan anjing sebagai pemandu. Hewan ini sangat loyal dan bisa menjadi pemandu ketika akan bepergian atau beraktifitas. Biasanya anjing memang sudah dilatih sehingga sangat aman karena sudah berpengalaman sebagai mata pengganti.  

5. Alat Bantu untuk Mata

Beberapa kondisi kebutaan berlangsung lama atau tidak, atau bahkan bersifat permanen. Karena itu penderita bisa menerima beberapa alat bantu seperti kaca pembesar dan kaca mata khusus. Hal yang sangat penting adalah menjaga agar mata tidak infeksi selama pasca kecelakaan.

Itulah beberapa pengobatan mata buta akibat kecelakaan sesuai cedera. Semua perawatan ini harus dilakukan secara medis oleh dokter.

, ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan