Sponsors Link

4 Penyakit Mata Akibat Gadget Yang Membahayakan

Sponsors Link

Gadget sekarang sudah menjadi alat yang sangat umum digunakan. Bahkan, sekarang ini tidak sedikit orang yang mengalami ketergantungan terhadap gadget. Akibatnya, ia tidak bisa menjauhkan diri dari gadget. Selain itu, memang gadget juga memberikan manfaat besar untuk para penggunanya. Selain bisa digunakan untuk berkirim pesan dan telepon, kita juga bisa mendapatkan informasi penting dari gadget melalui aplikasi-aplikasi yang ada di dalamnya. Namun, sayangnya biarpun memiliki manfaat besar, ternyata gadget juga bisa menjadi boomerang yang memicu timbulnya jenis penyakit mata akibat gadget. Apa saja jenis penyakit matanya? Berikut beberapa diantaranya:

ads

1. Pandangan menjadi kabur

Terlalu melihat pada layar gagdte atau smartphone, akan membuat otot mata Anda menjadi sangat tegang. Kondisi tegang yang terjadi pada otot mata akan membuat mata menjadi semakin tidak fokus. Kondisi ini dinamakan blurry vision. Bila kondisi ini terus berlanjut, Anda benar-benar tidak akan bisa melihat secara fokus dan memerlukan alat bantu agar bisa kembali fokus.

2. Mata lelah

Mengalami kondisi mata lelah sebenarnya bisa dialami oleh siapa saja. Apalagi bila seseorang memang jarang beristirahat karena alasan pekerjaan. Namun, kondisinya akan semakin parah bila penyebab mata lelah adalah karena terus saja melihat gadget. Ini karena disebabkan oleh paparan radiasi dari gadget Anda. Sebaiknya, Anda jangan menyepelekan kondisi ini sebab bila semakin para malah akan menyebabkan penyakit lainnya. Namun ini bukan penyakit mata yang menular

3. Mata merah

Bila Anda sering menggunakan gadget kemudian mengalami kondisi mata merah, artinya mata Anda membutuhkan terapi relaksasi secepatnya. Kondisi mata merah bisa terjadinya karena mata Anda sudah kehilangan kelembaban atau mengalami iritasi. Kondisi ini juga menjadi salah satu indikasi bahwa tubuh Anda sedang mengalami kondisi yang kurang sehat. Hati-hati juga bila mata merah disertai dengan gejala  mata berbayang bintik hitam

4. Mata minus atau rabun jauh

Jenis penyakit mata minus atau rabun jauh merupakan salah satu kondisi dimana mata akan mengalami kerusakan pada mata dalam jangka waktu yang cukup panjang. Hal ini bisa disebabkan karena Anda teralu memaksakan diri terhadap gadget sehingga bisa menyebabkan seseorang mengalami kondisi mata minus. Namun tentunya ini bukan hanya diakibatkan karena gaya hidup yang buruk saja atau gadget saja, mata minus juga bisa disebabkan karena keturunan hanya bisa semakin parah bila Anda tidak mengontrol penggunaan gadget.

Sebaiknya, Anda membuat jadwal kapan boleh menggunakan gadget dan berapa lama. Jangan sampai Anda terus terpaku selama seharian penuh di depan layar gadget Anda. Selain itu, atur juga posisi Anda saat sedang menggunakan gadget, aturlah jarak mata pada gadget, minimal 20 cm dari pandangan agar bisa meminimalisir efek buruk dari sinar radiasi yang dipaparkan oleh gadget.

Selain itu, sebaiknya Anda juga mendukung kesehatan mata dengan mengkonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan mata agar kondisi mata bisa semakin sehat dan tetap sehat meskipun Anda cukup sering menggunakan gadget. Oh iya, bahaya gadget untuk mata anak juga sebaiknya bisa Anda hindari karena hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan mata hingga anak beranjak dewasa.

Itulah 4 penyakit mata akibat gadget yang membahayakan dan sebaiknya Anda hindari. Ingat, mencegah lebih baik dibandingkan Anda harus mengobati. Minimalisir pemakaian gadget untuk mata yang semakin sehat dan segeralah memeriksakan kondisi mata ke dokter saat Anda mengalami gejala-gejala yang tidak biasa agar tidak semakin parah dan menyebabkan kondisi membahayakan.

, , , ,