Sponsors Link

6 Penyakit Mata Akibat Softlens yang Membahayakan

Sponsors Link

Pemakaian softlense sekarang ini sudah sangat umum. Tidak hanya orang yang memiliki gangguan penglihatan seperti mata minus saja yang menggunakan softlense, namun mereka yang memiliki mata normal pun sekarang ini sudah banyak yang menggunakan untuk menunjang penampilan. Tahukah Anda, ternyata tidak selamanya pemakaian softlense akan aman? Beberapa jenis penyaki mata akibat softlense bisa saja menimpa Anda. Berikut beberapa penyakitnya

ads

1. Mengalami infeksi pada kornea

Infeksi kornea adalah salah satu penyakit mata yang paling sering terjadi dan sangat ditakuti. Karena bila kornea mengalami infeksi maka akan sangat besar peluang untuk mengalami kebutaan. Penyakit ini dapat timbul karena pemakaian softlense yang salah, dimana softlense tidak steril atau kotor sehingga dihinggapi banyak bakteri. Ini biasanya pengaruh atau akibat karena softlense terlalu lama digunakan atau tidak pernah dibersihkan, sehingga bisa menyebabkan bakteri bersarang.

2. Peradangan pada kelopak mata

Kesalahan dalam penggunaan softlense juga bisa menyebabkan peradangan pada kelopak mata. Ini disebabkan bila ternyata softlense ternyata tidak cocok untuk digunakan. Ketidakcocokan ini biasanya bisa mengakibatkan terjadi inflamasi atau kondisi mata merah pada bagian kelopak mata. Bila hal ini terjadi sebaiknya Anda segeralah mengompres mata menggunakan air hangat sebagai langkah pertolongan pertama agar mata tidak semakin meradang.

3. Keratitis

Jenis penyakit keratitis biasanya akan disebabkan karena bakteri yang menginfeksi mata, tepatnya adalah bakteri adenovirus. Kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya peradangan pada bagian kornea mata. Ciri-ciri dari penyakit keratitis adalah mata Anda akan berwarna merah, terus menerus mengeluarkan cairan hingga mengalami pembengkakan. Jagalah selalu kondisi mata Anda dengan mengkonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan.

4. Leukoma

Kondisi leukoma merupakan kondisi mata yang mengalami bercak putih tepat pada kornea matanya seperti efek samping operasi katarak. Bila hal ini terus saja terjadi maka bisa dipastikan softlense yang kamu gunakan sudah tercemar. Adanya kondisi leukoma juga bisa menyebabkan mata Anda menjadi tidak fokus, akibatkan Anda malah akan semakin kesulitan melihat.

5. Ulkus kornea

Bila pada bagian kornea mata terdapat sebuah luka dan terbuka, tepatnya pada bagian lapisan terluar hal tersebut adalah ulkus kornea. Jenis penyakit mata ini sering juga dialami oleh para pengguna softlense yang terus menerus sepanjang hari tanpa melepasnya. Bila Anda mengalami kondisi ini hindarilah kontak langsung dengan matahari sebab bisa menimbulkan rasa nyeri yang begitu hebat. Ini bukan merupakan  penyakit mata yang menular.

6. Konjungtivitis

Jenis penyakit mata konjungtivis merupakan salah satu kondisi peradangan yang terjadi pada konjungtiva. Peradangan bisa terjadi tepat pada bagian selaput lendir mata. Konjungtiva juga dapat mengakibatkan pembengkakan pada mata Anda. Bahkan lebih parahnya lagi, bsia mengakibatkan kerusakan pada kornea mata. Untuk mendeteksi gejala konjungtivisi sebaiknya Anda berhati-hati saat mata mengalami gangguan seperti kemasukan benda yang asing atau ada yang terasa mengganjal. Anda juga mungkin akan mengalami rasa nyeri pada mata dan rasa gatal pada area mata.

Itulah 6 penyakit mata akibat softlense yang membahayakan dan sebaiknya bisa Anda hindari. Sebab pemakaian softlense yang salah bagaimanapun juga sangat bisa merusak mata Anda bahkan sampai mengalami kebutaan secara mendadak. Bila Anda mengalami iritasi karena pemakaiannnya sebaiknya jangan digunakan kembali, itu bisa saja memang Anda tidak cocok menggunakan softlense. Sebagai gantinya cobalah menggunakan kacamata saja. Atau bila ingin tetap menggunakan softlense sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kondisi Anda pada dokter agar tidak semakin parah dan membahayakan. Hati-hati juga bila Anda mulai merasakan gejala mata berbayang bintik hitam.

, , , , ,