Sponsors Link

Penyakit Mata Chalazion: Penyebab, Gejala, Pengobatan dan Pencegahan

Sponsors Link

Penyakit Mata ChalazionChalazion (kalazion) adalah penyakit mata yang ditandai dengan munculnya benjolan pada kelopak atas atau bawah mata tetapi pada umumnya muncul pada kelopak mata bagian atas yang disebabkan penyumbatan kelenjar meibom sehingga terjadi peradangan granulomatosa kronis pada kelenjar meibom. Chalazion lebih sering muncul pada kelopak mata atas karena kelenjar meibom lebih banyak terdapat di palpebra superior dibandingkan inferior. Kelenjar meibom adalah kelenjar yang  menghasilkan cairan untuk melembabkan bola mata.

ads

Jika terkadi peradangan maka kelenjar dapat tersumbat dan cairan tersebut mengeras sehingga menimbulkan benjolan. Peradangan diawali dengan terjadi pembengkakan mata yang sakit dan berkembang dalam waktu beberapa minggu tetapi tidak diiringi tanda-tanda radang akut.

Benjolan pada mata chalazion lebih mengarah ke konjungtiva jadi jika benjolan yang muncul terlalu besar maka dapat mengakibatkan penyakit mata astigmatisma karena bola mata tertekan benjolan dari mata chalazion. Benjolan dari mata chalazion ini tidak hanya muncul satu tetapi dapat muncul beberapa buah dalam satu waktu yang sama dan cenderung berulang, karena pasien yang sebelumnya pernah terkena radang ini akan beresiko lebih tinggi untuk terkena radang ini kembali.

Penyebab Penyakit Mata Chalazion

  • Tersumbatnya Kelenjar Meibom

Kelenjar meibom adalah kelenjar yang  menghasilkan cairan untuk mengatur kelembapan bola mata. Jika kelenjar tersebut tersumbat karena kotoran atau debu maka cairan tersebut mengeras sehingga terjadi peradangan granulomatosa kronis pada kelenjar meibom dan menimbulkan benjolan pada kelopak mata bagian atas.

  • Tidak Dijaganya Kebersihan Palpebra

Palpebra adalah kelopak mata yang berfungsi untuk melindungi mata, mengeluarkan sekresi kelenjar meibom, melindungi bola mata dari trauma mata, dan menjaga bola mata untuk kering. Seperti yang telah diketahui kelenjar meibom banyak terdapat pada palpebra superior, jadi kebersihan palpebra harus dijaga untuk menghindari peradangan pada kelenjar meibom yang dapat disebabkan oleh debu atau bakteri.

Jadi jaga semua hal yang menyangkut dengan kebersihan palpebra terutama kebersihan alat make up bagi perempuan. Untuk penyebab satu belum diketahui secara pasti alasan dan hubungannya, tapi dari beberapa sumber diketahui bahwa stres adalah salah satu aspek yang mampu memicu munculnya penyakit chalazion pada mata.

  • Lingkungan yang tidak dijaga kebersihannya

Sebelumnya sudah kita ketahui bahwa salah satu pemicu dari munculnya penyakit mata kalazion adalah debu atau bakteri. Tidak dijaganya kebersihan lingkungan dapat menyebabkan lingkungan yang penuh dengan bakteri sehingga dapat memicu timbulnya peradangan pada mata.

Baca juga: Penyakit Mata Akibat DiabetesPenyakit Mata Ablasio.

Gejala Penyakit Mata Chalazion

Munculnya penyakit pasti diikuti dengan munculnya beberapa gejala yang mesti Anda waspadai, berikut ini gejala-gejala dari penyakit mata kalazion:

  1. Gejala awal terjadi pembengkakan mata yang sakit dan berkembang dalam waktu beberapa minggu tetapi tidak diiringi tanda-tanda radang akut.
  2. Gejala awal hilang dan pembengkakan tidak terasa sakit.
  3. Adanya benjolan pada kelopak mata.
  4. Terjadi perubahan bentuk bola mata akibat benjolan yang tidak beraturan.
  5. Kelopak mata terasa kaku dan berat
  6. Mata sensitif saat melihat cahaya.
  7. Produksi air mata meningkat.
  8. Pandangan kabur atau dibatasi.

Baca juga: Ciri-ciri Mata BelekanJenis Penyakit Mata pada Anak.

Sponsors Link

Cara Mengatasi Penyakit Mata Chalazion

Pengobatan chalazion tidak harus kamu lakukan dengan pergi ke dokter, terutama jika munculnya benjolan belum terlalu lama dan masih kecil. Kalian bisa menggunakan cara-cara berikut ini untuk mengatasi penyakit mata kalazion, diantaranya:

  • Kompres menggunakan air hangat. Gunakan kain lembut dan bersih. Basahi kain menggunakan air hangat kemudian kompres kelopak mata terutama pada bagian munculnya benjolan. Lakukan kompres sebanyak tiga sampai empat kali dalam sehari. Pengompresan ini dapat melembabkan permukaan benjolan sehingga dapat mengurangi pembengkakan yang muncul pada kelopak mata.
  • Pijat kelopak mata. Pastikan tangan Anda bersih sebelum memijat karena jika tangan Anda kotor justru akan memperburuk peradangan, jadi pastikan untuk mencuci tangan sebelum memijat. Lakukan pemijatan secara lembut dan perlahan. Pemijatan ini tujuannya untuk mengeluarkan cairan yang menyebabkan benjolan pada kelopak mata tersebut.
  • Jaga kebersihan kelopak mata.
  • Pemberian antibiotik jika pembengakakan tidak kunjung mengecil dan dicurigai adanya infeksi bakteri.

Jika pembengkakan pada mata tidak juga mengecil bahkan lebih besar dan tidak kunjung sembuh dalam waktu beberapa minggu, maka lakukan pemeriksaan pada dokter mata. Umumnya penanganan yang akan diajukan dokter sebagai berikut:

  • Jika pembengkakan sedang (belum terlalu membesar dan mengganggu penglihatan), maka akan dilakukan injeksi sterori untuk meredakan inflamasi.
  • Jika pembengkakan berat dan mengganggu penglihatan apalagi sudah sampai menekan bola mata, maka akan dilakukan operasi pengangkatan clazion melalui konjungtiva denan local anastesi.

Baca juga: Penyakit Mata HipermetropiCara Merilekskan Mata.

Sponsors Link

Cara Mencegah Penyakit Mata Chalazion

Seperti yang telah diketahui chalazion tidak hanya berdampak memunculkan benjolan biasa, benjolan yang tidak di atasi dengan cara yang tepat akan berubah ukuran menjadi besar hingga akhirnya menekan bola mata dan mengakibatkan astigmatisma. Berikut ini hal-hal yang harus kita lakukan untuk menghindari dampak buruk yang bisa muncul karena penyakit mata chalazion, antara lain:

  1. Hindari kebiasaan buruk menggosok mata. Chalazion bisa disebabkan karena infeksi bakteri yang menyebabkan munculnya peradangan pada mata. Kebiasaan menggosok mata terutama dengan tangan yang kotor akan menyebabkan bakteri menyebar dan memperburuk peradangan yang terjadi pada mata.
  2. Gunakan pelindung mata. Terutama bagi pasien chalazion yang mengendarai sepeda motor atau bekerja ditempat yang penuh dengan debu, upayakan untuk menghindari polusi dan debu mengenai mata kita secara langsung. Gunakanlah selalu pelindung mata seperti kacamata saat berkendara atau bekerja.
  3. Jaga kesehatan kelopak mata terutama bagi pasien yang memiliki riwayat penyakit hordeolum atau kalazion. Seperti yang telah diketahui bahwa chalazion akan lebih mudah menyerang pasien yang memiliki riwayat penyakit hordeolum atau kalazion, jadi upayakan untuk menjaga kebersihan kelopak mata Anda dengan cara mencucinya secara teratur.
  4. Jika muncul gejala-gejala peradangan pada mata segera lakukan pengobatan pada peradangan.
  5. Jaga kesehatan tubuh terutama telapak tangan, karena telapak tangan adalah anggota tubuh yang sering bersentuhan secara langsung dengan kelopak mata.
  6. Jaga kebersihan lingkungan rumah untuk menghindari dampak buruk dari debu terutama bagi pasien yang memiliki riwayat penyakit hordeolum (bintitan) dan kalazion.

Baca juga:

Demikian informasi mengenai penyakit mata chalazion. Semoga bermanfaat dan jaga selalu kesehatan mata Anda.

, , , ,
Oleh :