Sponsors Link

Penyakit Mata Gonoblenore : Penyebab – Gejala – Pengobatan – Pencegahan

Sponsors Link

gonoblenorrhoeSalah satu gangguan mata yang parah adalah Gonoblenore. Gangguan mata ini ditandai dengan peradangan yang terjadi pada selaput lendir mata. Kadang, radang terjadi begitu saja tanpa gejala disertai dengan munculnya nanah yang kerap bercampur dengan darah. Penyebab utama dari penyakit mata gonoblenore adalah intervensi kuman bernama Neisseria Gonoroika. Berbeda dengan ulkus kornea, penyakit mata gonoblenore adalah jenis penyakit mata yang menular, oleh karena itu penderita gonoblenore harus diobati dengan intensif dan penuh dengan kehati-hatian.

ads

Penyebab

Penyebab utama dari penyakit gonoblenore adalah kuman bernama Neisseria Gonoroika. Kuman ini juga menjadi penyebab dari beberapa penyakit kelamin pria dan wanita seperti uretritis dan vaginitis. Kuman Neisseria Gonoroika berbentuk bulat dan termasuk ke dalam jenis kuman yang berbahaya. Jika penderita penyakit ini tidak mendapatkan pertolongan, maka dalam jangka waktu 2 hingga 3 hari kornea matanya akan hancur. Sebab, kuman ini mengandung enzim penghancur yang mampu menembus kornea mata yang masih utuh.

Kehancuran pada kornea mata tentu adalah kabar yang buruk. Kornea berfungsi penting dalam daya lihat Anda. Kornea yang hancur dapat menurunkan daya lihat Anda dengan signifikan. Tidak hanya menyerang kornea, kuman ini bisa menyebar di seluruh bola mata. Jika telah diberikan pertolongan, pilihan terbaik untuk terbebas dari penyakit ini adalah dengan tindakan pengangkatan bola mata.

Gejala

Ada beberapa keluhan dan gejala yang harus Anda pahami terkait penyakit mengerikan ini mengingat gonoblenore tidak hanya menyerang orang dewasa, melainkan juga bayi berumur kurang dari lima tahun. Namun umumnya, goboblenore terjadi begitu saja tanpa gejala yang jelas. Sebab, kuman Neisseria Gonoroika hanya perlu masa inkubasi selama 3 hari inkubasi untuk kemudian merusak dan menyebabkan masalah.

Setelah melewati masa inkubasi, gejala awal yang muncul adalah radang pada selaput lendir yang menyebabkan pembengkakan pada mata. Bengkak tersebut kerap memunculkan nanah bercampur darah. Karena bukan merupakan jenis-jenis penyakit mata yang ringan, penderita haruslah mendapatkan pengobatan yang intensif agar kerusakan pada kornea tidak terjadi.

Secara klinis, gejala objektif dari penyakit ini yang menyerang anak dan bayi adalah bentuk kelopak mata yang membengkak sehingga selit untuk dibuka. Bagian yang mengalami kemerahan adalah konjungtiva bulbi, serta ditemukannya kelainan bilateral dengan sekret kuning kental. Pada orang dewasa, gejala yang menonjol adalah rasa nyeri pada mata yang disertai dengan tanda-tanda infeksi umum. Ada pun, mata yang umum terserang penyakit ini adalah mata bagian kanan. Jika tidak diberikan obat sakit mata alam untuk dewasa, maka penyakit bisa berlangsung selama berminggu-minggu dan semakin parah.

Pengobatan dan Pencegahan

Pengobatan utama dari penyakit mata gonoblenore adalah dengan mengobati keluhan konjungtiviti atau peradangan pada selaput bening mata. Konjungtiviti yang disebabkan oleh jamur sangat jarang terjadi. Anda bisa menggunakan obat sulfonamida atau antibiotik untuk menyembuhkan konjungtiviti karena bakteri. Atau, antihistamin dan kortikosteroid jika kojungtiviti terjadi karena virus.

Karena termasuk dalam gangguan mata yang parah, tentu pengobatan terhadap gonoblenore juga tidak mudah. Untuk itu, sebaiknya Anda memahami cara pencegahan penyakit ini agar terhindar di kemudian hari. Gonoblenore yang disebabkan oleh kuman Neisseria Gonoroika berhubungan erat dengan aktivitas seksual penderitanya. Sebab, kuman tersebut juga menjadi penyebab dari beberapa jenis penyakit menular seksual. Oleh karena itu, lakukanlah aktivitas seksual yang sehat dan aman. Hindari melakukan kecenderungan melakukan hubungan seksual dengan sembarang atau berganti-ganti pasangan. Selain itu, basuhlah tangan setiap selesai memegang kemaluan.

Selain itu, laju infeksi dan penularan dari kuman ini bisa dicegah dengan pembasmian gonokkus dari seorang penderita secara dini. Anda juga bisa menggunakan solusi borisi dalam upaya pembersihan mata, atau dengan menggunakan pemberian salep mata berupa kloramfenikol. Sementara itu, pada bayi dengan ibu yang menderita penyakit tersebut bisa dicegah penularannya dengan pemberian obat tertentu. Salah satunya adalah obat lokal zat bakterisida.

Berbeda dengan penyakit mata yang disebabkan oleh bakteri lainnya, kuman ini bisa menular melalui penggunaan handuk atau barang pribadi. Jadi, pastikan Anda tidak berbagi peralatan pribadi dengan orang lain yang belum dikenal dengan baik. Jika Anda peduli dengan kesehatan keluarga Anda, lakukanlah pengecekan kesehatan secara berkala agar kesehatan keluarga Anda tetap terpantau.

Beragamnya jenis penyakit mata yang ringan maupun berat sudah seharusnya menjadi perhatian Anda. Baik gangguan tersebut hanya menjadi penyebab pandangan mata tidak fokus atau sampai pada tahap daya penglihatan Anda menurun secara signifikan. Mengonsultasikan kepada dokter mata Anda mengenai keluhan tersebut bisa menjadi langkah pembuka. Setelah itu, dokter akan memeriksa gangguan yang terjadi pada mata Anda dan memberikan pengobatan yang paling efektif untuk menyembuhkan Anda serta memulihkan mata Anda yang terganggu menjadi kembali berfungsi dengan baik.

, ,



Oleh :