Sponsors Link

5 Penyakit Mata yang Disebabkan oleh Virus dan Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Penyakit pada mata memiliki penyebab yang beragam. Salah satu penyebabnya adalah karena infeksi. Infeksi pada mata bisa disebabkan oleh banyak hal pula, seperti bakteri virus, jamur, dan parasit. Mengetahui jenis-jenis penyakit mata beserta penyebabnya akan memudahkan penanganan, sehingga memperkecil kemungkinan penyakit semakin parah.

ads

Infeksi pada mata adalah kasus yang banyak terjadi. Terjadinya infeksi yang berkepanjangan bisa memicu terjadinya inflamasi atau peradangan yang dapat berlanjut menjadi penyakit serius lain. Berikut adalah macam penyakit mata yang disebabkan oleh virus.

1. Keratitis

Tak hanya disebabkan oleh bakteri, jamur, dan parasit, keratitis seringkali disebabkan oleh infeksi virus. Keratitis adalah inflamasi atau peradangan pada kornea mata. Virus yang dapat menyebabkan terjadinya keratitis adalah herpes simplex atau herpes zoster. Gejala yang biasa muncul karena penyakit ini adalah mata bengkak, merah, nyeri karena iritasi, fotofobia, dan penyebab mata terasa berpasir dan mengeluarkan kotoran terus menerus, serta penurunan kualitas penglihatan.

Menjadi salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus, keratitis bisa diatasi dengan pemberian antivirus. Namun, pada kasus keratitis yang parah, kerusakan kornea dapat diatasi dengan cara melakukan transplantasi atau cangkok kornea. Penyakit ini adalah salah satu penyakit mata akibat softlens yang berbahaya. Untuk melakukan upaya pencegahan, sebaiknya Anda menggunakan kontak lensa secara bijak, seperti membersihkannya secara teratur, mengganti lensa kontak sesuai dengan batas pemakaian, dan mengaplikasikannya ke mata dengan tangan yang bersih. Pola hidup sehat juga diperlukan karena tak jarang penyakit ini timbul karena penurunan imunitas tubuh.

2. Herpes Zoster Oftalmikus

Tak hanya menyebabkan keratitis, rupanya virus herpes dapat menyebabkan penyakit mata lain yaitu herpes zoster oftalmikus. Selain menyebabkan cacar ular, virus varicella-zoster dapat menyebabkan penyakit mata. Penyakit ini biasanya menyerang orang-orang yang pernah mengalami cacar air. Gejala yang ditimbulkan adalah ruam dan bengkak pada kelopak mata, mata merah, dan fotofobia. Ruam yang disebabkan oleh virus ini bahkan bisa mencapai hidung.

Untuk mengatasi penyakit mata ini, dokter akan meresepkan obat antivirus. Langkah pencegahan yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit herpes zoster oftalmikus adalah dengan menjaga kebersihan dan mencuci tangan sebelum menyentuh mata. Membersihkan tempat tidur secara teratur juga dapat mengurangi potensi terjadinya penyakit herpes tersebut.

3. Konjungtivitis

Penyakit mata yang disebabkan oleh virus selanjutnya adalah konjungtivitis. Konjungtivitis adalah peradangan konjungtiva yang dapat disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, jamur, atau parasit. Virus yang bisa menyebabkan penyakit ini di antaranya adalah herpes dan influenza. Penyakit ini menimbulkan gejala umum seperti mata merah, perih, mata gatal dan berair terus, serta pandangan menjadi kabur.

Dokter biasanya akan meresepkan obat jenis antivirus untuk mengatasi konjungtivitis yang disebabkan oleh infeksi virus. Untuk mencegah terjadinya penyakit ini, menggunakan kontak lensa secara bijaksana dan menjaga kebersihan sangat dianjurkan. Meski dapat sembuh secara cepat, jangan menggunakan lensa kontak atau kaca mata terlebih dahulu bila konjungtivitis belum sembuh sempurna. Penyakit ini sering kali dianggap sepele, padahal konjungtivitis yang berlanjut dapat menyebabkan penyakit mata lain yang lebih parah seperti radang kornea atau keratitis.

4. Dakrioadenitis

Peradangan pada mata selanjutnya adalah dakrioadenitis. Dakrioadenitis adalah radang atau inflamasi pada kelenjar lakrimalis yang memproduksi air mata. Penyakit ini biasanya muncul pada penderita gondok yang disebabkan oleh virus Epstein-Barr. Seseorang yang menderita penyakit ini akan mengalami penurunan produksi air mata. Gejala yang bisa distimbulkan oleh salah satu penyakit mata ini adalah mata merah, nyeri, bengkak, dan mata sering berair. Gejala penyakit ini memiliki kemiripan dengan penyakit kanker kelenjar lakrimal, maka dari itu segera periksakan mata Anda ke dokter jika mengalami gejala-gejala tersebut. Dokter akan meresepkan obat antivirus untuk menangani dakrioadenitis yang disebabkan oleh virus. Untuk mencegah terjadinya penyakit ini, selalu menjaga kesehatan lingkungan dan mencuci tangan sebelum menyentuh mata sangat dianjurkan.

Sponsors Link

5. Penyakit Mata Uveitis

Penyakit mata yang disebabkan oleh virus selanjutnya adalah uveitis. masih berbicara masalah radang, uveitis adalah radang atau inflamasi yang disebabkan oleh agen infeksi, seperti virus, bakteri, jamur, atau parasit. Uveitis menyerang bagian uvea atau lapisan dalam mata. Menurut tempat infeksinya, uveitis dibagi menjadi empat, yaitu uveitis anterior, uveitis intermedia, uveitis posterior, dan uveitis seluruhnya. Gejala yang biasa ditimbulkan oleh penyakit ini adalah mata merah, nyeri, fotofobia, pandangan kabur, dan cakupan penglihatan menjadi sempit.

Untuk mengatasi uveitis karena virus, dokter akan meresepkan antivirus untuk menekan inflamasi. Biasanya obat ini akan dilengkapi dengan kortikosteroid yang berfungsi untuk menekan peradangan. Pada kasus uveitis yang parah, dapat dilakukan prosedur vitrektomi untuk mengambil cairan veitreus pada mata. Hal ini dikarenakan penderita uveitis mengalami edema makula dan agregasi sel vitreus yang menyebabkan cairan vitreus menjadi menekan daerah sekitarnya dan mempengaruhi pandangan. Pencegahan terhadap penyakit ini sulit dilakukan karena secara umum disebabkan oleh cedera mata atau kondisi autoimun. Hal yang mungkin bisa dilakukan untuk mencegah potensi terjadinya uveitis adalah dengan selalu berhati-hati dalam mengaplikasikan zat pada mata dan melakukan pola hidup sehat agar sistem kekebalan tubuh selalu dalam kondisi baik.

Penyakit-penyakit akibat infeksi virus di atas sering disebabkan oleh lingkungan yang kurang bersih. Maka dari itu, menjaga kebersihan lingkungan merupakan suatu keharusan. Melakukan pola hidup sehat adalah salah satu cara menjaga kesehatan mata yang sangat ideal. Selain itu, dengan menjalani hidup sehat, sistem kekebalan tubuh akan selalu dalam kondisi yang baik. Tak hanya itu, memeriksakan kondisi mata pada dokter secara rutin juga dianjurkan untuk melakukan deteksi dini pada penyakit-penyakit mata yang mungkin bisa menjadi semakin parah. Segera untuk memeriksakan mata ketika mengalami gangguan penglihatan juga menjadi upaya penting dalam mencegah penyakit mata yang serius.

Itu tadi adalah beberapa macam penyakit mata yang disebabkan oleh virus. Jangan lupa untuk mempelajari cara menjaga kesehatan mata secara alami yang bermanfaat bagi Anda, karena mata adalah jendela dunia.

, , ,