Sponsors Link

6 Penyebab Bintitan Di Bawah Mata Yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Bintitan merupakan  jenis penyakit mata ringan yang tidak membahayakan. Namun biarpun tidak membahayakan bintitan akan sangat membuat mata Anda tidak nyaman. Karena pada saat bintitan akan menimbulkan beberapa gejala seperti timbul benjolan kecil seperti jerawat, biasanya akan berwarna merah dan mengeluarkan nanah, terkadang juga bintitan terasa sangat nyeri. Berikut ini adalah penyebab bintitan di bawah mata yang perlu Anda waspadai.

ads

1. Bintitan karena virus dan bakteri

Secara umum bintitan sering kali dikaitkan dengan kondisi lingkungan yang kotor yang terlalu banyak mengandung bakteri, terutama bakteri penyebab bintitan yaitu stafilokus. Bakteri ini biasanya selalu ada di bawah kotoran yang menempel di tangan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menjaga kebersihan agar tidak terserang penyebab mata bintitan pada anak di bawah mata.

2. Mata yang terkena debu

Apakah Anda sering mengalami bintitan? Hati-hati bisa saja hal tersebut terjadi karena debu yang menempel di mata Anda. Debu selalu ada dimana-mana dan lagi-lagi akan erat kaitannya dengan kebersihan lingkungan. Karena debu tidak hanya ada di jalanan tapi juga di rumah, disetiap sela-sela perabotan dan atas lemari, jika Anda tidak teliti membersihkannya maka akan banyak sekali debut yang menempel

3. Mata kemasukan pelembab

Bintitan juga sebenarnya bisa terjadi secara tidak sengaja. Misalnya saja saat Anda sedang menggunakan pelembab muka kemudian secara tidak sengaja masuk ke dalam mata, hal tersebut akan menyebabkan timbul bintitan.

4. Tangan Anda sangat kotor

Kebersihan memang harus selalu Anda jaga, baik dari lingkungan atau kebersihan tubuh Anda sendiri. Usahakan kondisi tubuh selalu dalam keadaan steril bagaimanapun caranya, ini sangat penting untuk melindungi tubuh Anda dan terhindar dari penyakit. Misalnya saja tangan Anda, jika Anda jarang sekali mencucinya hal tersebut malah akan menyebabkan terjadinya penumpukan bakteri. Saat bakteri mulai menyebar di tangan, secara tidak sengaja Anda mengucek mata Anda, maka bakteri akan langsung berpindah ke mata. Itulah yang memicu terjadinya bintitan secara tidak sengaja. Untuk pengobatannya cobalah  cara mengobati mata bintitan dengan bawang putih.

5. Anda memakai barang-barang yang kotor dan tidak steril

Ada 2 jenis barang berdasarkan kepemilikan, yaitu barang pribadi dan barang umum. Begitu juga dengan tempat seperti kamar mandi, ada yang memang secara khusus Anda buat di rumah untuk kepentingan pribadi dan ada juga yang dibuat di luar untuk kepentingan orang banyak. Permasalahan pribadi dan umum nampaknya tidak bisa Anda anggap remeh, karena bisa saja barang pribadi Anda bersih namun ada satu waktu Anda harus memakai barang umum atau tempat umum yang kebersihannya kurang terjaga. Hal tersebut bisa memicu terjadinya bintitan pada mata.

6. Air yang Anda gunakan kotor

Sponsors Link

Pemakaian air yang sangat kotor juga bisa mengakibatkan terjadinya mata bintitan. Misalnya saja air yang ada di rumah sangat keruh atau terdapat zat yang membuat air jadi terkontaminasi hal-hal yang menggangu mata Anda. Kemudian secara tidak sengaja Anda membersihkan muka dengan air tersebut dan terjadilah bintitan. Untuk pengobatannya cobalah   cara menyembuhkan bintitan yang sudah mengeras dengan air hangat.

Itulah 6 penyebab bintitan di bawah mata yang perlu Anda perhatikan dan Anda hindari.  Yang terpenting adalah jaga selalu kondisi lingkungan Anda agar terhindar dari hal-hal yang membuat tubuh Anda jadi sakit atau terserang bakteri. Tidak hanya bintitan karena masih banyak sekali penyakit yang disebabkan karena kondisi kebersihan lingkungan yang tidak bisa dijaga dengan baik. Anda juga tidak perlu khawatir karena bintitan bukan merupakan  penyebab kebutaan mata.

, , , ,