Sponsors Link

11 Penyebab Bisul di Mata yang Paling Sering Terjadi

Sponsors Link

Mata menjadi indra yang sangat penting untuk semua orang. Ketika terjadi masalah kesehatan pada bagian mata maka mata menjadi tidak nyaman. Selain itu terjadi gangguan penglihatan sehingga menyebabkan penglihatan ganda dan kabur. Salah satu penyakit mata yang bisa terjadi pada semua orang adalah munculnya bisul pada mata. Bisul berupa benjolan merah kecil yang keluar dari bagian kelopak mata dalam.

ads

Selain menyebabkan rasa sakit maka bisul menyebabkan demam dan sakit pada area sekitar mata sampai sakit kepala. Terkadang bisul juga disebut dengan bintitan. Masalahnya banyak orang yang menganggap jika gangguan ini bisa terjadi karena kebiasaan buruk mengintip. Padahal ini hanya mitos karena bisul murni berhubungan dengan penyakit mata tertentu. Jadi apa sebenarnya penyebab bisul di mata paling sering? Berikut ini penjelasannya.

1. Akibat Infeksi Bakteri

Menurut penjelasan medis dikatakan bahwa bisul pada mata kebanyakan disebabkan oleh infeksi bakteri. Hal ini memang sesuai dengan bagian-bagian mata dan fungsinya yang berhubungan dengan kelenjar bulu mata. Atau disebut juga dengan kelenjar sebacea yang terletak tepat dibawah kelopak mata. Bagian ini sangat rentan dengan penumpukan kotoran yang kemudian menyebabkan penyumbatan. Akhirnya bakteri menginfeksi pada area sumbatan tersebut dan munculnya bisul kecil.

Bisul kecil ini sering ditandai dengan rasa gatal saat baru akan muncul. Kemudian karena terus disentuh oleh tangan maka bisul menjadi lebih besar dan sakit. Pada bagian tengah bisul biasanya ditemukan jalan kecil tempat nanah keluar. Jika sudah akan pecah maka terlihat ada nanah berwarna hijau, kuning dan kebiruan yang keluar dari bisul.

2. Mata Sering Kotor

Bisul mata yang juga sering disebut dengan mata bintitan bernanah biasanya sering dialami oleh orang yang bekerja di luar rumah dan terekspos langsung dengan debu dan kotoran. Meskipun sudah menggunakan kacamata khusus maka masuknya debu ke mata juga membawa kotoran. Kemudian karena rasa tidak nyaman maka biasanya akan mengucek mata yang justru menyebabkan kotoran masuk ke kelenjar di bawah kelopak mata. Dan inilah yang akhirnya menyebabkan bisul muncul dengan cepat.

3. Kebiasaan Tidak Membersihkan Riasan Mata

Untuk wanita yang sering menggunakan riasan mata memang harus waspada. Ketika setelah menggunakan riasan dan sudah masuk waktu istirahat maka sebaiknya langsung membersihkan riasan mata. Berbagai bahan kosmetik pada mata yang menempel langsung pada kelopak dan area bawah mata menyebabkan kelenjar sebacea tersumbat. Inilah yang kemudian menyebabkan bisul mata muncul dengan cepat. Karena itulah disarankan untuk membersihkan mata setelah menggunakan riasan.

4. Bertukar Barang Pribadi

Munculnya penyebab bisul atau penyebab bintitan pada mata memang hampir sama. Salah satunya adalah jika memiliki kebiasaan bertukar benda pribadi dengan orang lain. Misalnya kebiasaan menggunakan bantal, handuk dan make up orang lain. Masalahnya paparan bakteri bisa sangat berbahaya dari benda-benda pribadi ini. Kondisi ini juga akan cepat muncul jika orang yang memiliki benda pribadi tersebut sering terkena bintitan. Paparan bakteri akan cepat menular dan sulit untuk dicegah.  

5. Menggunakan Lensa Kontak

Ternyata bisul mata juga bisa menjadi efek dari efek samping menggunakan softlens dengan cara yang tidak sehat. Kontak lensa memang dianggap pengganti kacamata yang paling umum. Selain pemakaian yang mudah maka dianggap lebih praktis dan tidak merepotkan. Tapi sebenarnya pemakaian lensa kontak juga sangat rentan dengan infeksi bakteri. Kotoran dari tangan yang mengenai lensa kontak bisa menyebar ke area mata sampai menyebabkan bisul. Karena itulah ketika menggunakan lensa kontak harus dilakukan secara hati-hati.

Sponsors Link

6. Insomnia

Ternyata insomnia yang menyebabkan kurang tidur juga bisa menyebabkan bisul pada mata. Hal ini sering terjadi pada orang-orang dengan beban pekerjaan yang cukup tinggi. Saat tubuh mengalami kurang istirahat maka sistem kekebalan tubuh juga akan menurun. Saat itu maka infeksi bakteri akan mudah menyerang kapan saja. Infeksi ini termasuk pada kelopak mata yang kemudian memicu timbulnya bisul.

7. Kurang Nutrisi

Orang-orang yang mengalami kekurangan nutrisi juga sangat rentan dengan bisul mata. Kondisi ini sama seperti ketika tubuh kurang istirahat, dimana sistem imunitas akan terus menurun. Karena tidak ada sistem kekebalan tubuh yang cukup maka bisa menyebabkan bakteri mudah menyerang dan tubuh tidak ada kekuatan untuk melawan. Inilah yang menyebabkan bisul mudah muncul.

8. Terkena Penyakit Blepharitis

Orang yang sedang menderita penyakit blepharitis juga sangat mudah terkena bisul pada mata. Infeksi yang menyerang pada kelopak mata akan menyebabkan mata sangat perih dan berair terus menerus. Kondisi ini bisa menjadi serius jika infeksi yang menyebabkan bisul sudah menyerang pada area bulu mata, dimana bulu mata bisa tumbuh ke luar atau ke dalam. Karena itu ketika sudah terkena gejala blepharitis maka sebaiknya segera langsung diobati.

Sponsors Link

9. Penderita Penyakit Rosacea

Penyakit rosacea akan menyebabkan bintik-bintik merah pada wajah dan sekitarnya. Bintik merah ini biasanya juga berisi nanah. Masalahnya jika penyakit ini menyebar cepat ke area mata maka bisa memicu bisul pada kelopak mata. Beberapa penderita juga akan terkena bintitan. Karena itu sangat penting untuk melakukan perawatan sampai tuntas.

10. Faktor Hormon

Bisul pada mata juga bisa disebabkan karena faktor hormon. Biasanya kondisi ini sering terjadi pada orang yang sedang stres sehingga hormon dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Beberapa wanita yang menjelang menstruasi juga akan mengalami masalah ini. Pada dasarnya tidak mudah untuk menemukan pemicu hormon pada kasus ini, sehingga pemeriksaan perlu dilakukan dan bisa dirawat dengan tepat.

11. Kebiasan Mengucek Mata

Anda mungkin sering merasa mata gatal dan tidak nyaman. Kondisi ini sangat umum dan solusinya biasanya dengan mengucek mata saja. Memang setelah mengucek mata maka biasanya mata menjadi lebih nyaman. Tapi ternyata kebiasaan ini bisa menyebabkan infeksi bakteri, terutama jika tangan kotor. Efeknya dalam waktu singkat bisa menyebabkan bisul muncul dengan cepat.

Itulah semua penyebab bisul di mata paling sering. Semua penyebab itu memang bisa dicegah atau diatasi. Karena itu mulai sekarang Anda harus memperhatikan kesehatan mata dengan baik.

, , ,



Oleh :