Sponsors Link

7 Penyebab Bola Mata Terasa Nyeri yang Harus Segera Diobati

Sponsors Link

Sebagai salah satu indera manusia, mata memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting. Dengan mata yang sehat dan terawat, seseorang memiliki kemampuan yang baik. Akan tetapi, indera yang sangat penting ini ternyata rentan mendapat masalah—baik masalah yang ringan hingga buruk sampai kebutaan. Oleh karena itu, Anda harus rutin merawatnya dengan baik.

ads

Salah satu gejala yang kerap diderita pada organ mata adalah rasa nyeri. Penyebab bola mata terasa nyeri tentu sangat beragam. Anda perlu mendapat pemeriksaan secara langsung dari dokter mata untuk mengetahui dan mendapatkan pengobatan yang tepat. Kendati demikian, ada beberapa penyebab bola mata terasa sakit yang secara umum dialami oleh manusia, yakni sebagai berikut.

  1. Migrain

Salah satu penyebab bola mata terasa nyeri adalah penyakit migrain atau sakit kepala sebelah. Tidak hanya pada bola mata, migrain kerap membuat penderitanya merasakan sakit di area belakang mata. Beberapa penderita migrain hanya akan mendapatkan rasa nyeri yang ringan, namun dalam skala yang besar migrain bisa membuat penderitanya merasakan denyutan nyeri yang intens. Salah satu cara mengatasi bola mata yang nyeri karena migrain adalah mengonsumsi obat penghilang rasa sakit atau ibuprofen dan paracetamol.

  1. Masalah pada Saraf Kranial

Area mata dan kepala manusia terdiri banyak jaringan saraf yang berfungsi sebagai jalur informasi antar bagian. Saraf yang terdapat di dalam kepala manusia seperti saraf kranial tidak benar-benar bisa terbebas dari masalah atau menyebabkan masalah. Ada banyak penyakit yang bisa memengaruhi kesehatan saraf kranial, salah satunya adalah diabetes. keluhan yang kerap terjadi adalah kelumpuhan atau peradangan. Beberapa hal yang menjadi imbas dari saraf kranial yang bermasalah adalah bola mata terasa nyeri, perubahan ukuran pupil, kelopak mata terkulai, dan penglihatan ganda.

  1. Kleritis

Kleritis adalah salah satu penyakit mata yang parah. Penyakit ini ditandai dengan munculnya peradangan pada sklera atau selaput putih mata. Beberapa dampak dari penyakit kleritis adalah mata merah, mata sakit saat berkedip, nyeri, dan terasa panas terbakar. Jika Anda mendapati gejala-gejala tersebut, melakukan pemeriksaan adalah hal terbaik yang perlu Anda lakukan—terlebih jika Anda memiliki penyakit yang dapat meningkatkan risiko kleritis seperti rheumatoid arthritis dan penyakit jaringan ikat.

  1. Kelainan Refraksi

Ada banyak jenis kelainan refraksi yang Anda bisa alami seperti rabun dekat dan jauh, presbiopia, serta astigmatisme. Sederhananya, kelainan refraksi adalah ketidakmampuan mata dalam memfokuskan cahaya yang masuk pada retina. Dengan demikian benda yang Anda lihat akan terlihat buram dan tidak jelas. Beberapa gejala dan dampak dari kelainan refraksi adalah mata lelah. Kelainan refraksi juga bisa menjadi penyebab bola mata terasa nyeri. Untuk menghindarinya, Anda perlu melakukan pengobatan serta menghindari pantangan mata minus atau rabun serta jenis refraksi lainnya.

  1. Sakit Kepala Cluster

Kesehatan bola mata tidak terlepas dari kesehatan kepala Anda. Beberapa keluhan sakit kepala termasuk sakit kepala cluster bisa menjadi penyebab bola mata terasa nyeri. Sakit kepala cluster biasanya berlangsung secara intensif dan menyakitkan. Area yang didera rasa nyeri adalah bagian mata dan salah satu bagian kepala. Menariknya, sakit kepala cluster merupakan jenis rasa sakit yang tidak mudah ditebak kemunculannya serta kerap datang dalam waktu yang tidak bisa diprediksi.

  1. Neurotis Optik

Selain selaput putih, bagian lapisan mielin dalam saraf optik mata juga rentang mendapat masalah.  Masalah peradangan yang terjadi pada bagian ini bisa membuat Anda menderita neuritis optik. Saraf optik yang terganggu tidak hanya menjadi penyebab bola mata terasa sakit namun juga bisa memunculkan dampak yang lebih parah seperti kebutaan. Selain ditandai dengan rasa sakit di area mata, Anda yang mengalami neurotis optik akan pula mengalami kelainan refraksi dan buta warna.

  1. Sinusitis

Jangan anggap sepele penyakit sinusitis. Penyakit yang ditandai dengan peradangan di area sinus ini bisa menjadi parah dan menyebar pada bagian kepala yang lain jika tidak diobati dengan benar. Area indera penglihatan adalah area paling dekat yang bisa jadi menjadi wilayah paling mungkin untuk terdampak. Mulanya, penyakit mata yang disebabkan oleh sinus akan muncul di area belakang mata lantas menyebar ke area bola mata dan sekitarnya. Kerap, sinusitis membuat mata Anda sakit saat berkedip yang mendorong Anda untuk mencari tahu cara menyembuhkan mata yang sakit ketika berkedip.

Sebagai salah satu organ yang paling penting dalam tubuh manusia, sudah selayaknya mata mendapat masa perawatan yang cukup. Sebab, indera penglihatan ini lebih kerap digunakan dari pada indera lainnya. Beberapa keluhan ringan bisa diatasi dengan mudah, namun tidak dengan keluhan-keluhan parah seperti yang telah disebutkan di atas. Keluhan-keluhan tersebut juga kerap menjadi penyebab bola mata terasa nyeri. Cari tahu pula perbedaan mata silinder dan minus agar Anda mendapatkan pengobatan yang benar.

, , ,



Oleh :