Sponsors Link

7 Penyebab Katarak di Usia Muda dan Pencegahannya

Sponsors Link

Di usia muda, organ penglihatan digunakan semaksimal mungkin untuk melihat dunia dan jutaan kesempatan. Mata adalah kunci dalam membantu kehidupan anak muda seluruh dunia. Meski mengenakan kacamata minus, tetapi daya penglihatan masih bisa diandalkan. Lalu, bagaimana seandainya ada penyebab kebutaan mata dan mengakibatkan katarak?

ads

Katarak, merupakan penyakit yang kini tidak kenal usia. Jika sebelumnya dianggap penyakit orang lanjut usia, namun katarak bisa menyerang anak muda karena gaya hidup, trauma berupa benturan, atau konsumsi obat tertentu.

Pada dasarnya, lensa mata yang menjadi basis daya penglihatan mata terbuat dari air dan protein. Seiring bertambah usia, maka protein akan menggumpal dan menghalangi lensa mata. Sehingga, pandangan menjadi kabur seperti dihalangi kabut.

Jika saat muda sudah mengalami hal tersebut, maka kondisi ini diistilahkan sebagai early onset cataract karena gejala tersebut muncul saat menginjak usia 30 tahun. Kenali penyebab katarak di usia muda beserta pencegahannya sebagai berikut.

1. Cedera mata

Katarak di usia muda bisa terjadi jika Anda pernah mengalami cedera mata seperti terbentur, trauma fisik di sekitar kepala atau mata, kecelakaan, luka tembus, luka robek, trauma tumpul, trauma kimia, radiasi, dan sebagainya. Cedera ini berakibat fatal pada saraf penglihatan, bahkan di bagian lensa mata itu sendiri.

2. Paparan sinar matahari

Sinar matahari langsung mengandung sinar ultraviolet yang dapat meningkatkan risiko katarak di usia muda. Tidak hanya itu, paparan radiasi dan gelombang radar elektromagnetik dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan katarak.

3. Pengidap penyakit sistemik

Pengidap penyakit sistemik, seperti pengidap diabetes biasanya disertai penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi). Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sistem saraf pada pengidap diabetes menimbulkan suatu aksi kejut yang mampu mempengaruhi daya penglihatan, bahkan rawan terserang katarak. Tidak hanya diabetes, seseorang yang terserang malnutrisi jangka panjang juga dapat menghambat proses metabolisme tubuh, yang nantinya akan menghambat proses regenerasi sel lensa mata.

4. Faktor genetik

Penyakit katarak termasuk penyakit yang dapat diwariskan. Jika ada salah satu kerabat atau orang tua yang pernah menderita katarak, kemungkinan besar Anda akan terserang penyakit katarak pula.

5. Faktor obat-obatan

Ada obat-obatan tertentu yang mampu memunculkan penyakit katarak di usia muda. Obat-obatan tersebut antara lain obat-obatan kortikosteroid. Obat ini berfungsi sebagai anti peradangan, bahkan sering disebut sebagai “obat dewa” karena mampu mengobati berbagai gejala penyakit, salah satunya urtikaria konjungtivitis.

Tidak hanya obat-obatan kortikosteroid, obat fenotiazin, miotik, amiodaron, statin, dan tamoxifen dalam jangka panjang dan dosis tinggi juga mampu menjadi penyebab katarak di usia muda. Konsumsi obat-obatan ini perlu dibatasi, bahkan harus di bawah resep dokter untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

6. Gaya hidup

Gaya hidup seseorang juga mampu menjadi penyebab katarak di usia muda. Misalnya, katarak dianggap sebagai penyakit mata akibat radiasi HP. Para ahli menyebutkan bahwa, penggunaan alat elektronik berlebihan seperti gawai pintar, tablet, komputer, dan televisi mampu menyebabkan katarak. Alat elektronik tersebut ditengarai mengandung sinar radiasi dan gelombang elekromagnetik. Namun, pernyataan tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Tidak hanya itu, kebiasaan merokok dan minum alkohol juga turut menjadi penyumbang penyebab katarak di usia muda. Merokok dan minum alkohol mengeluarkan zat-zat radikal bebas dan bahan toksik seperti nikotin dan sianida. Kebiasaan ini pun masih diteliti lanjut oleh para ahli.

Sponsors Link

7. Kekurangan gizi

Semenjak muda, asupan protein dan vitamin harus selalu dijaga agar tubuh selalu bugar. Namun tidak bisa dinafikkan bahwa kadang ada pula yang masih mengabaikan memenuhi gizi tubuhnya.

Sebuah studi menunjukkan bahwa ada keterkaitan antara tingkat antioksidan tubuh yang rendah dengan risiko mata terserang katarak. Zat antioksidan tubuh ini berupa vitamin mata terbaik seperti vitamin C dan E, karotenoid, seharusnya dapat menyokong proses regenerasi sel lensa mata dan pembentukan protein dan air di jaringan mata. Meski begitu, hasil studi tersebut masih belum dipastikan dan perlu penelitian lanjut.

Lalu, bagaimana mencegah katarak di usia muda? Beberapa langkah sederhana ini bisa dipraktikkan seperti.

  • Menjaga keseimbangan tubuh agar tidak kecelakaan, terbentur, dan sejenisnya
  • Memakai kacamata hitam dan topi untuk mengurangi paparan sinar matahari langsung. Manfaat kacamata hitam juga dapat menghindari mata bengkak akibat paparan sinar UV
  • Meningkatkan konsumsi vitamin, mineral, dan protein. Batasi konsumsi karbo
  • Minum teh
  • Mengurangi pemakaian gawai pintar dalam sehari

Itulah penyebab-penyebab katarak di usia muda. Pada tahap awal, memang akan sulit dideteksi. Namun, jika Anda pernah mengalami gejala-gejala tersebut, segeralah periksa ke dokter mata. Semakin cepat Anda mendeteksi, semakin besar pula peluang untuk menunda dan mengendalikan gejala katarak di usia muda.

, ,
Oleh :