Sponsors Link

3 Penyebab Katarak Pada Bayi Baru Lahir

Sponsors Link

Banyak sekali jenis penyakit mata yang cukup berbahaya jika dibiarkan, salah satunya adalah katarak. Kondisi kelainan pada mata yang pada umumnya menyerang orang tua berusia lanjut. Namun siapa sangat ternyata katarak bisa menjadi salah satu penyakit mata pada anak dan bayi yang baru dilahirkan.

ads

Bayi yang baru dilahirkan yang mengalami kondisi katarak adalah dengan jenis katarak kongenital. Yaitu merupakan jenis katarak dengan adanya keruh pada bagian lensa mata saat baru saja dilahirkan bahkan bisa saja sudah terbentuk saat masih berada dalam kandungan.

Lensa yang ada pada mata akan berfungsi untuk bisa membuat fokus cahaya yang masuk ke dalam mata dan meneruskannya pada retina untuk kemudian agar mata dapat menangkap gambar atau menerjemahkan objek dengan jelas. Namun jika bayi menderita katarak mereka tidak bisa menerima objek dengan baik dan malah mata akan mendistorsikan objek tersebut.

Bayi yang menderita katarak sejak lahir, biasanya akan mendapatkan ciri-ciri mata katarak pada bayi seperti ada titik putih pada bagian hitam atau kornea nya. Atau bahkan titik tersebut juga akan berwarna seperti noda keabu-abuan. Selain itu, penglihatan bayi juga tidak dapat berkembang dengan baik. Ia tidak akan menyadari ada banyak objek disekitar nya, tidak bisa menangkap rangsangan cahaya dan gangguan penglihatan lainnya.

Ada 4 jenis katarak kongenital, diantaranya adalah:

  • Katarak jenis polar anterior yang letaknya ada pada bagian depan lensa mata dan biasanya akan disebabkan karean keturunan.
  • Katarak dengan jenis polar posterior letaknya ada pada bagian belakang lensa mata.
  • Katarak dengan jenis nuclear letaknya ada pada bagian tengah lensa mata, ini adalah jenis katarak yang sangat sering muncul.
  • Yang terakhir adalah jenis katarak cerulean cataracts biasanya akan ditemukan pada mata bayi yang baru lahir dan akan mengakibatkan adanya masalah pada penglihatan serta dipengaruhi oleh faktor keturunan.

Penyebab Katarak

Lalu, sebenarnya apa yang bisa menjadi penyebab katarak pada bayi baru lahir? Berikut adalah ulasannya.

  • Faktor keturunan

Sudah sangat diketahui oleh banyak orang, penyakit katarak biasanya akan menyerang pada orang tua. Namun saat ini banyak sekali kasus katarak menyerang pada bayi baru lahir. Penyebabnya adalah bisa karena faktor keturunan dari orang tua. Jika memang disebabkan karena faktor keturunan, biasanya akan sangat sulit untuk dicegah sebelum ia lahir. Pada katarak yang disebabkan karena faktor keturunan juga akan terjadi sebuah kelainan saat proses pembentukan protein penting untuk bisa mempertahankan transparansi dari lensa mata secara alami, sehingga akan menyebabkan timbulnya noda yang sangat keruh pada bagian lensa mata.

  • Pengaruh dari kesehatan ibu

Katarak kongenital juga bisa dipengaruhi oleh kesehatan ibu saat sedang mengandung bayinya. Bisa saja saat ibu sedang mengandung ibu memiliki keluhan infeksi seperti adanya penyakit campak atau rubella yang memang bisa menjadi penyebab paling umum, selanjutnya beberapa penyakit lain seperti cacar air, herpes, influenza, diabetes juga bisa mempengaruhi pada kondisi katarak pada bayi.

Sponsors Link

  • Efek samping obat

Saat ibu mengkonsumsi obat pada masa kehamilan, efek sampingnya bisa saja berpengaruh pada bayi. Contoh obat yang bisa menyebabkan katarak pada bayi yang baru saja lahir adalah jenis antibiotic tertrasiklin yang biasa digunakan untuk pengobatan infeksi pada ibu hamil. Sehingga ada baiknya jika Anda sedang mengandung, jangan sembarangan mengkonsumsi obat karena bisa saja akan berpengaruh buruk pada bayi Anda.

Itulah penyebab katarak pada bayi baru lahir yang harus Anda ketahui. Cara penyembuhan katarak pada bayi, biasanya akan dilakukan dengan menjalankan prosedur operasi, dan sebaiknya jika memang penglihatan bayi sudah disadari dengan cepat ada gangguan, sebagai orang tua, Anda harus segera melakukan penyembuhan pada bayi agar katarak tidak menjadi penyebab kebutaan mata pada anak.

, , , ,