Sponsors Link

Penyebab Kebutaan Karena Kecelakaan dan Perawatannya

Sponsors Link

Kejadian kecelakaan menjadi salah satu penyebab mata buta mendadak yang bersifat sementara atau permanen. Kejadian ini membuat penderita mengalami serangan panik dan shock setelah sadar dari kecelakaan. Kondisi ini bisa saja terjadi sejak pertama kali terkena cahaya atau bersifat lamban setelah kecelakaan. Sebenarnya penurunan penglihatan terjadi ketika cahaya tidak bisa mencapai retina sehingga tidak dapat diteruskan ke sistem syaraf. Sehingga bahkan cahaya tidak sampai ke sstem saraf di belakang mata dan pusat mata yang ada di bagian otak.

ads

Dokter akan memeriksa jika terjadi kebutaan setelah kecelakaan dan memutuskan perawatan yang tepat. Hanya saja terkadang kebutaan permanen sulit untuk diobati, bahkan dengan donor kornea sekalipun. Nah apa saja sebenarnya penyebab kebutaan karena kecelakaan dan perawatannya? Dibawah ini informasi lengkapnya.

1. Cedera Berat

Ketika terjadi cedera berat yang menyebabkan trauma mata maka kemungkinan cahaya sudah tidak dapat mencapai retina. Kondisi ini bisa saja disebabkan karena benturan yang sangat keras sehingga merusak struktur mata bagian dalam. Kerusakan ini harus mendapatkan pemeriksaan secara menyeluruh sehingga dokter dapat menemukan perawatan yang tepat.

2. Kerusakan Retina

Kerusakan retina yang terjadi karena kecelakaan bisa menyebabkan retina tidak bisa membaca atau mendeteksi cahaya yang masuk ke mata secara normal. Kondisi ini kemungkinan bisa saja berhubungan dengan  retina yang terlepas saat kecelakaan. Kemungkinan penyebab lain bisa saja karena retina terkena pecahan kaca saat kecelakaan, putusnya aliran darah ke retina dan juga kurangnya aliran darah ke retina karena terjadi penyumbatan. Kondisi ini juga sering diawali dengan penglihatan tiba-tiba gelap pasca kecelakaan.

3. Terjadi Peradangan Saraf Mata Akibat Benturan

Benturan yang cukup keras saat kecelakaan kemungkinan juga bisa menyebabkan kebutaan setelah kecelakaan. Kondisi ini biasanya juga menyebabkan aliran sistem saraf dari retina ke otak tidak berjalan dengan normal. Terkadang masalah ini bisa ditemukan dengan terjadinya beberapa masalah setelah kecelakaan seperti  terjadi pendarahan atau penumpukan darah pada sistem mata dalam.

4. Cedera Pada Otak

Setelah terjadinya kecelakaan maka bisa saja ada masalah cedera pada otak akibat benturan yang sangat keras. Kondisi ini bisa menyebabkan gegar otak ringan atau berat. Akibatnya kemungkinan otak tidak dapat menerima informasi dari mata termasuk pantulan cahaya luar. Kondisi ini harus mendapatkan pemeriksaan detail seperti CT Scan dan MRI. Kerusakan bisa dianalisa dan akhirnya penyebab kebutaan yang berhubungan dengan otak bisa diketahui.

5. Penyumbatan Pembuluh Darah

Mata memiliki banyak pembuluh darah yang langsung terhubung dengan otak. Akibat benturan yang keras selama kecelakaan bisa menyebabkan pembuluh darah putus atau terjadi pendarahan yang memicu penyumbatan. Inilah yang akhirnya menyebabkan kebutaan yang bisa terjadi selamanya atau hanya bersifat sementara saja.

6. Mental yang Shock

Penyebab lain adalah kondisi mental yang shock dan menurun setelah terjadinya kecelakaan. Kondisi psikis mungkin sangat drop yang menyebabkan gangguan penglihatan. Kondisi ini bisa mendapatkan perawatan mental setelah kecelakaan dan biasanya kebutaan bersifat sementara.

7. Terjadi Abrasi Kornea

Salah satu penyebab kebutaan mata setelah kecelakaan bisa terjadi karena abrasi kornea. Kondisi ini bisa terjadi karena kornea terkena gesekan atau masuknya benda asing seperti kaca atau material kendaraan setelah kecelakaan. Kondisi ini ditandai dengan mata merah, pedih, pendarahan dan menjadi sangat sensitif terhadap cahaya. Keadaan ini bisa diatasi dengan memberikan obat untuk memulihkan kornea mata sehingga kornea mata bisa berfungsi normal lagi. Selain itu juga sebaiknya mata tidak digosok karena bisa menyebabkan infeksi jamur pada mata.

8. Mata Terkena Logam

Kemungkinan penyebab kebutaan setelah kecelakaan juga bisa karena mata terkena benda asing atau logam. Kejadian ini membutuhkan perawatan darurat segera karena biasanya benda asing seperti logam bisa membuat mata menjadi tidak nyaman. Efeknya kemudian akan menyebabkan perih sehingga sering digosok dengan tangan. Solusi untuk kondisi ini adalah dengan mengeluarkan benda asing tersebut dan merawat luka yang mengenai bagian dalam mata. Lalu dokter akan menutup mata agar tidak mengalami infeksi.

9. Pendarahan Mata

Cedera mata karena kecelakaan bisa menyebabkan pendarahan mata. Kondisi ini bisa membuat darah bocor dari satu pembuluh darah atau lebih kemudian menutupi bagian putih mata dan konjungtiva. Pendarahan mata mungkin termasuk cedera yang sangat umum dan biasanya termasuk ringan. Jika terjadi kebutaan maka biasanya hanya bersifat sementara dan akan pulih setelah dirawat dengan baik. Selama beberapa minggu biasanya darah akan bersih dari mata dan mata kembali normal.

10. Trauma Iritis

Kondisi trauma iritis biasanya terjadi setelah cedera mata akibat benturan atau pukulan yang keras saat kecelakaan. Bisa juga kejadian ini karena adanya kaca yang masuk ke mata walaupun hanya kecil. Kebutaan karena trauma iritis bisa sangat berbahaya karena menyebabkan kebutaan permanen. Karena itu perawatan medis sejak terjadi trauma iritis harus dilakukan secara hati-hati.

11. Terjadi Hyphema

Kondisi ini terjadi pada bagian kornea dan iris mata. Retakan atau kerusakan pada tulang wajah yang mengelilingi mata bisa merusak struktur mata bagian dalam sampai luar mata. Ini adalah salah satu cedera mata yang sangat serius dan membutuhkan perawatan darurat. Biasanya beberapa kecelakaan yang sering menyebabkan kondisi ini seperti terkena lemparan bola yang keras, ditendang pada area wajah dan pukulan keras saat kecelakaan mobil.

Peratan Darurat

  1. Perawatan darurat setelah terjadi kecelakaan sebaiknya dilakukan oleh dokter mata profesional. Termasuk kecelakaan yang menyebabkan mata terlepas, kerusakan pada tulang yang melindungi mata dan pendarahan berat pada mata.
  2. Jika kecelakaan tidak terlalu berat tapi menyebabkan pandangan mata kabur maka segera tutup mata dengan media yang bersih dan hindari menggosok mata.
  3. Dokter biasanya akan membersihkan bagian mata dengan cairan atau larutan khusus. Dalam kondisi medis yang darurat kemungkinan bisa dilakukan operasi untuk mata.
  4. Perawatan pasca kecelakaan sangat dibutuhkan untuk mengembalikan penglihatan.

Itulah informasi mengenai penyebab kebutaan karena kecelakaan dan perawatannya. Kondisi darurat ini memang membutuhkan perawatan cepat sehingga sebaiknya langsung ditangani oleh dokter.

, ,



Oleh :