Sponsors Link

9 Penyebab Kedutan Pada Mata Kanan Menurut Kesehatan Dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Kedutan yang dalam istilah medisnya dikenal dengan istilah blefarospasme, jika dibiarkan pastinya akan mengganggu. Disini akan kita bahas penyebab kedutan dan juga cara mengatasinya.

ads

Istilah kedutan ini adalah suatu kondisi dimana kelopak mata melakukan gerakan berulang, yang terjadinya selama kurang lebih 2 menit. Kedutan ini sebenarnya tidak menimbulkan rasa sakit, namun jika dibiarkan begitu saja cukup mengganggu. Di bawah ini akan disebutkan beberapa penyebab kedutan pada mata kanan menurut kesehatan, yaitu diantaranya :

  1. Terlalu Lama Menatap Layar HP atau Laptop

Menurut penelitian, mata kedutan lebih sering terjadi pada orang yang sering menggunakan hp atau laptopnya, dibandingkan yang tidak terlalu sering. Karena efek radiasi dari sinar hp atau laptop tersebut, sehingga menyebabkan otot mata menjadi tegang dan terjadi kedutan.

     2. Stress

Ketika kita sedang stress atau banyak memikirkan sesuatu, merangsang hormon stres timbul, yang akhirnya membuat mata kita bekerja lebih keras. Hal ini dapat membuat timbulnya kedutan.

     3. Sering Begadang

Dengan begadang, membuat mata kita tidak mendapatkan waktu istirahatnya yang cukup. Sehingga otot mata menjadi tegang dan kejang sebagai refleks dari lelahnya mata. Kondisi otot mata kejang inilah yang menimbulkan kedutan.

     4. Terlalu Sering Mengkonsumsi Alkohol dan Minuman Berkafein

Batasi kopi dan minuman berkafein lainnya, juga alkohol. Karena minuman tersebut dapat menimbulkan kedutan pada mata. Hal ini karena adanya efek stimulan yang terkandung dalam kafein, yang dapat menimbulkan kelopak mata berkedut. Begitu juga alkohol, mengkonsumsi alkohol merupakan penyebab dari timbulnya kedutan pada mata.

     5. Mata Lelah

Pada mata yang terlalu banyak bekerja bisa menjadi faktor penyebab mata cepat lelah. Hal ini biasa terjadi pada para pekerja yang sedang dikejar oleh deadline. Hal ini dapat membuat otot mata kejang karena kelelahan ,

     6. Kurang Cairan

Tidak hanya tubuh yang memerlukan cairan, mata juga butuh akan cairan. Karena jika mata kekurangan cairan dan kering, dapat membuat otot otot saraf mata bekerja lebih keras, sehingga dapat menimbulkan kedutan.

      7. Kekurangan Nutrisi

Ahli gizi mengungkapkan, bahwa jika ada nutrisi yang kurang yang dibutuhkan oleh mata, maka hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya kejang pada otot mata.

   8. Gangguan Pada Otot Mata

Adanya gangguan pergerakan otot-otot di sekitar mata atau yang istilah medisnya dikenal dengan Benign essential blepharospasme, hal ini disebabkan oleh berbagai keadaan seperti adanya perdangan pada kelopak mata, entropion atau kondisi masuknya kelopak mata bagian dalam dan glaukoma atau adanya peningkatan tekanan pada bola mata.

Sponsors Link

9. Gangguan saraf 

Kedutan pada mata ini jika terjadi nya dalam jangka waktu yang lama, misalkan berminggu-minggu atau berbulan-bulan bisa juga merupakan suatu pertanda bahwa adanya gangguan pada sistem saraf. Seperti pada : Bells palsy, multiple sclerosis, atau tourette syndrome, yang merupakan contoh dari beberapa penyakit yang menyerang sistem persarafan.

Cara Mengatasi Kedutan Pada Mata

  • Jangan Berlama-lama di Depan Layar HP atau laptop

Jika memang pekerjaan yang mengharuskan kita untuk berada lama di depan layar, maka usahakan untuk mengedip-ngedipkan mata tiap 6 menit dan juga mengistirahatkan mata dengan memfokuskan mata pada suatu objek, setiap 15 menit sekali. Hal tersebut juga sebagai cara mengatasi mata lelah karena Hp secara alami.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Mulai sekarang, coba kurangi kafein dan gantilah dengan air putih. Karena selain lebih sehat, air putih juga baik untuk menjaga kelembapan bola mata agar tidak kering. Karena jika mata kering atau kekurangan cairan, dapat menimbulkan kedutan pada mata.

  • Istirahat yang Cukup

Jika mata kita mendapatkan cukup waktu istirahatnya, maka otomatis ia dapat menjalankan fungsinya dengan baik, sehingga terhindar dari berbagai kondisi menyimpang seperti timbulnya kedutan pada mata.

  • Penuhi Kebutuhan Nutrisi Pada Mata

Cukupi kebutuhan nutrisi mata kita, mengkonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan mata dan juga vitamin yang baik untuk kesehatan mata, seperti vitamin A, omega 3, dan juga anti oksidan. Vitamin dan juga nutrisi tersebut banyak terdapat pada ikan salmon, tuna sarden, wortel, tomat, pepaya, sayur-sayuran hijau tua, dan kacang-kacangan.

  • Lakukan Beberapa Gerakan Mata
Sponsors Link

Untuk menghilangkan atau mengatasi kedutan pada mata, bisa juga diatasi dengan beberapa gerakan mata seperti di bawah ini :

  1. Pertama pejamkan mata, kemudian kedipkan mata dengan cepat. Lakukan gerakan tersebut sampai 5 kali. Hal tersebut sebagai cara merilekskan mata yang kejang.
  2. Pejamkan mata kemudian gunakan jari tengah untuk melakukan pijatan pada mata. Pijat   mata dengan gerakan memutar, kemudian dilanjutkan dengan menepuk nepuk pelan kelopak mata, lakukan selama kurang lebih 30 detik. Pijatan pada mata ini, mampu melancarkan sirkulasi darah pada mata.
  3. Lakukan gerakan berkedip selama 30 detik pada mata.
  • Kompres Mata dengan Air hangat atau Air dingin

Dengan mengompres mata, maka akan melancarkan peredaran darah pada mata dan juga dapat merilekskan mata.

  • Ke Dokter Mata

Jika masalah kedutan pada mata tidak kunjung hilang dalam waktu lebih dari 2 minggu, maka lebih baik untuk segera konsultasikan ke dokter mata terdekat.

Demikian artikel tentang penyebab kedutan pada mata kanan menurut kesehatan beserta cara mengatasinya. Semoga bermanfaat !

, , ,