Sponsors Link

5 Penyebab Kelopak Mata Bengkak Saat Bangun Tidur

Sponsors Link

Kelopak mata bengkak setelah bangun tidur adalah gangguan yang kerap terjadi. Meski tidak cukup parah, pembengkakan yang terjadi tentu akan memengaruhi indera penglihatan Anda. Dalam kondisi yang cukup parah, setelah bangun tidur mata bengkak dan sakit kerap juga disertai dengan air mata yang keluar terus menerus. Namun, ada pula jenis gangguan yang hanya ditandai dengan pembengkakan saja. Pembengkakan tersebut terhitung tidak parah namun tentu akan mengganggu penampilan Anda. Parah tidaknya pembengkakan tergantung pada penyebabnya. Ada pun penyebab kelopak mata bengkak saat bangun tidur adalah sebagai berikut.

ads
  1. Kelelahan

Kekalahan adalah penyebab yang paling umum. Kelelahan bisa membuat kondisi mata Anda menjadi lemah dan rawan. Tidak heran jika ketika dalam kondisi kelelahan, Anda akan mudah terserang berbagai jenis gangguan mata. Tidak optimalnya kesehatan mata kera menjadi pemicu gangguan lain muncul seperti alergi dan infeksi karena kuman dan bakteri. Pembengkakan bisa terjadi begitu saja atau disertai dengan keluhan kelopak mata bengkak dan sakit saat mengedip.

  1. Kebiasaan Tidur yang Buruk

Selain kelelahan, kurangnya waktu tidur Anda setiap malam juga bisa menjadi penyebab kelopak mata bengkak saat bangun tidur. Hal ini terjadi karena mata mengalami peradangan. Peradangan bisa terjadi karena beberapa hal seperti pembengkakan pada pembuluh mata di area kelopak atau penyumbatan yang terjadi pada saluran air mata. Kondisi paling umum sebagai dampak dari kurangnya waktu tidur adalah bengkak di kelopak mata atas.

Selain waktu tidur yang kurang, salah satu kebiasaan tidur yang buruk adalah posisi tidur yang tidak baik. Posisi tidur dengan bagian kepala yang tidak ditinggikan dengan bantal yang cukup bisa membuat terjadinya penumpukan cairan di bawah mata. Akumulasi cairan tersebut akan membuat kelopak mata Anda bengkak ketika bangun.

  1. Alergi

Ketika Anda tertidur, Anda tidak bisa menjaga tubuh Anda dari kemungkinan menderita alergi. Alergen yang menjadi penyebab kelopak mata bengkak saat bangun tidur bisa muncul dari apa saja, baik cuaca dingin mau pun debu. Kelopak mata bengkak karena alergi bisanya disertai tidak hanya dengan mata bengkak, melainkan juga dengan mata merah dan berair atau gatal.

  1. Mengonsumsi Alkohol Sebelum Tidur

Makanan dan minuman yang Anda konsumsi sebelum tidur ternyata bisa menjadi salah satu penyebab kelopak mata bengkak saat bangun tidur. Mengonsumsi makanan dengan kadar atrium yang tinggi bisa membuat mata Anda bengkak. Selain itu, mengonsumsi banyak alkohol juga demikian

Hal ini disebabkan karena sifat natrium atau garam serta alkohol yang bisa menyerap air dan membuat Anda mengalami dehidrasi. Kurangnya kadar air di dalam tubuh bisa membuat kulit kelopak mata Anda menipis dan menjadi tempat terakumulasinya cairan saat Anda tidur. Tidak heran ketika terbangun, Anda akan mendapati kelopak mata Anda bengkak. Meski tampak sepele, bintitan yang tidak diatasi dengan baik akan memicu penyakit lain bernama kalazion.

  1. Infeksi

Penyebab terburuk dari kelopak mata yang bengkak setelah bangun tidur adalah infeksi. Infeksi bisa terjadi karena banyak hal, selain karena intervensi bakteri dan kuman, infeksi juga bisa terjadi karena gigitan serangga. Anda bisa menggunakan salep untuk mata bengkak digigit serangga. Ciri yang paling menonjol dari gigitan serangga adalah adanya ruam kecil di sekitar kelopak mata Anda.

Infeksi lain yang bisa terjadi adalah infeksi karena bakteri Staphylococcus aureus. Hasil dari infeksi ini adalah kelopak mata bengkak yang dikenal dengan istilah bintitan. Bintitan terjadi karena bakteri tersebut menyerang kelenjar air mata sehingga membuatnya mengalami peradangan dan bengkak. Tidak jarang, infeksi ini juga membuat mata Anda memerah.

Menilik pada banyaknya penyebab kelopak mata bengkak saat bangun tidur, cara mengatasi keluhan ini juga cukup beragam. Hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan diagnosis baik sendirian (jika keluhan tidak begitu parah) atau dengan bantuan dokter. Beberapa jenis pembengkakan ringan umumnya bisa diatasi dengan kompres air dingin. Pengompresan di area mata bisa membuat aliran darah dan saluran air mata Anda kembali lancar.

Selain bengkak setelah bangun tidur, mata bengkak setelah melahirkan juga kerap terjadi pada wanita. Salah satu penyebab umum dari mata bengkak karena melahirkan adalah adanya tekanan pembuluh darah di area mata. Bisa pula terjadi karena adanya peradangan pada pembuluh darah atau saluran air mata. Kendati demikian, pembengkakan tersebut tidak begitu parah. Namun jika mata bengkak disertai dengan iritasi, Anda perlu segera mencari cara mengobati mata bengkak karena iritasi agar indera penglihatan Anda kembali normal dan bisa digunakan sebagai mestinya. Selanjutnya, Anda bisa melakukan perawatan yang cukup bagi kesehatan mata Anda agar tidak lagi terjadi pembengkakan baik setelah bangun tidur maupun karena alasan lainnya.

, , , ,
Oleh :