Sponsors Link

Penyebab Kelopak Mata Turun Secara Alami dan Medis

Sponsors Link

Pernahkah Anda melihat seseorang mengalami  jenis penyakit mata kondisi kelopak mata yang turun? Dalam istilah medis ini dinamakan protis. Yaitu suatu kondisi yang menyerang seseorang saat usia mereka bertambah. Sebenarnya kondisi ini juga bisa dikatakan berbahaya dan tidak sesuai dengan apa yang menyebabkan tersebut seperti itu, namun bukan penyakit mata yang menular. Sebagai informasi berikut ini adalah penyebab kelopak mata turun

ads

1. Kondisi alami

Siapapun bisa mengalami kondisi dimana kelopak mata mulai turun. Namun kondisi yang paling umum dan akan terjadi biasanya pada mereka yang mulai memasuki lansia, ini adalah penyebab yang sangat alami. Bagian tendon akan menempel pada otot levator yang nantinya akan berperan sebagai pengangkat kelopak mata. Seiring seseorang mengalami pertambahan usia, otot tersebut juga bisa meregang dan mengakibatkan kelopak mata Anda menurun. Namun sebenarnya tidak orang yang berusia lanjut saja yang mengalami kondisi ini, pada beberapa kasus langka, bayi yang baru lahir juga ada saja yang mengalami kondisi ini.

2. Trauma atau neurologis

Terkadang beberapa kondisi penurunan kelopak mata juga tidak bisa diketahui dengan pasti apa yang menyebabkannya. Namun ada saja mereka yang mengalami trauma mengakibatkan kelopak mata menjadi turun. Sementara untuk anak-anak yang mengalami kondisi ini biasanya akan memiliki bentuk mata seperti mata malas.

3. Penyebab mata menurun akibat kondisi medis

Kelopak mata yang menurun juga bisa disebabkan karena Anda mengalami kondisi medis tertentu, terutama jika ternyata kondisi tersebut mempengaruhi pada kedua mata Anda. Jika yang terjadi hanya 1 kelopak mata saja, ini mungkin disebabkan karena kondisi cedera pada saraf atau yang kita sebut timbilan sementara atau sederhananya pembengkakan pada kelopak yang sangat tidak berbahaya dan mengakibatkan bintitan. Kondisi medis lainnya juga bisa disebabkan karena efek samping Anda pernah melakukan operasi LASIK. Ya, terkadang operasi LASIK bisa mengakibatkan mata Anda malah menurun, ini akibat bagian otot atau pun tendon yang mengalami penarikan. Ini tidak dapat di atasi hanya dengan  obat tetes mata cendo xitro.

Sementara itu, untuk kasus yang lebih berbahaya, kondisi stroke tumor dan kangker juga bisa menyebabkan kelopak mata Anda menurun. Sedangkan beberapa penyakit lainnya yang bisa mengakibatkan kelopak mata menjadi turun diantaranya, tumor yang terjadi di sekitar mata atau di bagian belakang mata, diabetes, mengalami sindrom horner, terjadi pembengkakan pada kelopak mata seperti adanya bintitan.  Salah satu gejala berbahayanya adalah diikuti dengan sindrom mata kering.

Sponsors Link

4. Kelelahan yang berlebihan

Penyebab lain yang tidak berbahaya namun cukup mengganggu juga adalah karena Anda mengalami kelelahan yang berlebihan dan sangat jarang sekali beristirahat. Tidak dapat dipungkiri bahwa kondisi tersebut juga akan memperlihatkan wajah Anda yang sedikit tidak fresh diikuti dengan penurunan pada bagian kelopak mata. Cara mengatasinya? Tentu saja harus dengan istirahat yang cukup, karena hal ini memang disebabkan karena Anda sangat kekurangan waktu istirahat.

Mengatasi kelopak mata turun secara alami atau praktis dilakukan dirumah bisa dengan cara mengopmpres mata menggunakan air dingin, jangan asal menggunakan obat sakit mata di apotik, memijat mata sama menempelkan timun ke atas kelopak mata Anda. Namun yang paling ampuh sebaiknya Anda lakukan adalah dengan melakukan operasi. Sementara itu, jika ternyata kelopak mata turun diikuti dengan beberapa gejala yang bahkan sangat mengganggu seperti nyeri, panas, bahkan mata Anda mulai merah, itu bisa saja membahayakan dan akan lebih baik jika Ada segera memeriksakan kondisi kesehatan pada dokter.

Itulah 4 penyebab kelopak mata turun yang bisa disebabkan karena kondisi alami atau karena kondisi medis ringan dan berbahaya.

, , ,