Sponsors Link

8 Penyebab Mata Ada Bercak Merah Yang Berbahaya

Sponsors Link

Kondisi kesehatan mata memang harus dipertahankan karena mata menjadi indra yang sangat penting. Ketika kesehatan mata menurun maka akan menganggu fungsi mata seperti menyebabkan penglihatan ganda dan kabur. Kondisi ini bisa mengarah pada penyakit atau kelainan pada mata. Sementara mata yang normal akan memiliki bagian putih yang cerah dan bersih. Bola hitam mata atau iris juga terlihat sangat normal.

ads

Tapi biasanya seiring dengan usia dan pengaruh kesehatan yang lain maka gambaran kesehatan mata bisa menurun. Hal ini bisa menyebabkan mata terlihat merah atau bercak merah. Biasanya beberapa orang akan mengacuhkan kondisi ini karena biasanya mata akan kembali normal. Tapi jika dalam waktu beberapa hari tidak kembali normal maka Anda harus waspada. Nah berikut ini kami sampaikan beberapa penyebab mata ada bercak merah yang berbahaya.

1. Pecah Pembuluh Darah

Salah satu penyebab munculnya bercak merah pada mata adalah ketika pembuluh darah yang terletak di bagian bawah konjungtiva telah pecah. Konjungtiva sendiri adalah bagian mata yang berbentuk lapisan tipis dan menutupi bagian depan sklera. Kondisi ini penyakit ini juga disebut dengan istilah perdarahan sub konjungtiva. Kondisi ini bukan penyakit yang serius karena biasanya tidak menyebabkan mata sakit atau penurunan kualitas penglihatan. Hanya saja penderita akan merasa gatal yang tidak nyaman pada mata. Segera konsultasikan ke dokter mata agar segera bisa dirawat dengan baik.

Jika ternyata selama dua minggu perawatan kondisi mata tidak berkurang atau muncul gejala seperti muntah darah, gusi kebiruan, mudah memar dan gejala aneh lain maka segera kunjungi rumah sakit.

2. Tekanan pada Mata

Bercak merah pada mata juga bisa terjadi karena tekanan pada mata yang cukup besar. Kondisi ini termasuk sangat umum dan bisa dialami oleh semua orang. Beberapa penyebab yang sangat mungkin adalah seperti kebiasaan bersin terus menerus, bersin yang terlalu kuat, batuk yang parah, muntah, mengucek mata, luka, angkat beban yang berat, penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, masalah pembekuan darah dan efek lensa kontak. Jika terjadi karena iritasi akibat lensa kontak maka lakukan cara agar mata tidak iritasi saat memakai softlens.

3. Efek Penyakit Anemia Sel Sabit

Salah satu penyakit yang juga menyebabkan efek bercak merah pada mata adalah penyakit sickle cell anemia atau anemia sel sabit. Kelainan darah ini bisa menyebabkan penderita mengalami anemia yang sangat kronis. Kondisi ini yang kemudian membuat sel darah yang normalnya berbentuk bulat dan sangat fleksibel menjadi bentuk sabit yang bersifat keras. Penyakit ini yang akan menyebabkan proses aliran oksigen dan hemoglobin dari semua bagian tubuh akan mengalami masalah.  

Penderita anemia sel sabit biasanya akan selalu memiliki bercak merah pada bagian mata. Kondisi ini bisa terjadi akibat sumbatan pada pembuluh darah yang kemudian menyebabkan perdarahan pada mata. Jika kondisi ini terjadi terus menerus maka bisa menyebabkan tumbuhnya pembuluh darah pada retina yang bisa menyebabkan penyakit mata ablasio retina. Jika sampai retina terlepas dari jaringan maka harus dilakukan tindakan operasi.

4. Penyakit Episkleritis

Masalah kesehatan mata lain yang bisa menyebabkan bercak merah pada mata adalah kondisi episkleritis. Kondisi ini terjadi karena peradangan parah pada bagian episklera. Episklera adalah sebuah jaringan yang sangat tipis yang terletak pada bagian konjungtiva dan sklera. Ketika terjadi peradangan maka muncul iritasi parah yang menyebabkan bercak merah pada mata.

Pada dasarnya proses penyembuhan episkleritis tergantung dari jenisnya. Jika termasuk dalam jenis yang sederhana maka bisa sembuh sendiri tapi jika berhubungan dengan peradangan pada tubuh lain maka perlu perawatan yang lebih lengkap.

Tipe episkleritis terdiri dari dua tipe, yaitu tipe sederhana yang membuat bercak merah hanya muncul pada sebagian mata, bersifat sangat ringan, mudah hilang dan tidak menyebabkan gangguan pada mata. Sementara itu ada juga episkleritis nodular yang menyebabkan mata merah sampai menonjol yang membuat mata sangat tidak nyaman.

5. Kondisi Hemangioma Konjungtiva

Kondisi hemangioma konjungtiva adalah salah satu masalah yang terjadi karena pembuluh darah tidak sempurna pada area putih mata. Kondisi ini biasanya memang tidak berbahaya, tidak menyebabkan gejala pada mata dan hanya membuat tampilan mata kurang segar atau tidak bersih. Namun jika ternyata area bercak merah terus melebar dari waktu ke waktu maka segera hubungi dokter mata terdekat. Dokter biasanya akan melakukan tindakan operasi untuk menghilangkan bercak merah dan perawatan lanjutan sesuai kondisi.

6. Penyakit Pinguecula

Penyakit punguecula adalah sebuah penyakit yang menyebabkan jaringan yang menjadi lapisan luar mata cenderung lebih tebal, berwarna lebih kuning, merah dan tumbuh menonjol. Kondisi ini paling sering terjadi pada orang yang sering bekerja di bawah sinar matahari dan angin kencang. Peradangan pada bercak merah mungkin juga akan bengkak. Perawatan diperlukan dan tindakan pencegahan seperti menggunakan kacamata hitam sangat disarankan.

7. Gejala Kanker

Bercak merah tipis ternyata juga bisa menjadi gejala kanker mata yang perlu diwaspadai. Terlebih jika bercak merah menjadi lebar, tumbuh seperti jaringan dan sangat menonjol. Gejala yang perlu diwaspadai termasuk jika terjadi perdarahan yang bisa sangat berbahaya.

8. Penyakit Pterygium

Penyakit pterygium adalah sebuah kondisi yang menyebabkan jaringan seperti bercak merah pada konjungtiva. Biasanya kondisi ini hanya menyerang salah satu mata terutama ke bagian mata yang dekat dengan hidung. Bercak merah juga bisa ditandai dengan tumbuhnya bercak merah sampai ke bagian pupil. Dalam waktu singkat bercak merah ini terlihat seperti daging tumbuh dengan ukuran kecil atau besar yang kemudian akan menutupi kornea. Kondisi inilah yang menyebabkan pandangan mata kabur dan buram. Penyebab kondisi ini termasuk paparan sinar UV matahari, angin dan bahan kimia tertentu.

Perawatan penyakit ini sangat diperlukan dan untuk pencegahan agar tidak semakin parah maka gunakan kacamata ketika terkena sinar matahari.

Inilah beberapa penyebab mata ada bercak merah yang berbahaya. Karena ini kondisi yang sangat berbahaya untuk kesehatan mata maka segera konsultasikan ke dokter jika tidak hilang dalam beberapa hari agar bisa dirawat dengan tepat.

, ,
Oleh :