Sponsors Link

4 Penyebab Mata Belekan Pada Anak 3 Tahun

Sponsors Link

Belek atau dinamakan juga kotoran mata merupakan gabungan dari lendir, sel, kulit mati, minyak dan juga kotoran lain yang kemudian berkumpul di dalam sudut mata saat Anda tertidur. Mata yang belekan akan terdapat kotoran yang bisa saja kering atau lengket, tergantung pada berapa banyak cairan yang ada dalam kotoran tersebut menguap.

ads

Pada dasarnya kotoran mata ini memiliki manfaat untuk melindungi, mengangkat kotoran yang yang bisa berbahaya dan juga merobek bagian film mata. Lendir akan di produksi mata sepanjang hari, namun saat berkedip mata akan membersihkan lendir sebelum akhirnya menjadi keras. Saat tidur, kotoran kemudian akan berkumpul dan juga mengeras dibagian ujung mata.

Sehingga sangat wajar ketika kita bangun dari tidur ada kotoran di mata, namun kotoran yang belebihan biasanya akan berwarna hijau dan juga disertai dengan penglihatan yang kabur, sensitive terkena cahaya dan juga terasa sakit. Ini bisa saja penyebab iritasi mata merah yang harus segera diperiksa oleh dokter mata.

Lalu apa yang menjadi penyebab mata belekan pada anak 3 tahun? apakah itu merupakan salah satu ciri penyakit mata pada anak? Biasanya mata belekan yang terjadi pada anak akan disertai dengan adanya pilek. Sebaiknya sebagai orang tua, Anda harus mengetahui berbagai macam penyebabnya, karena bisa jadi hal tersebut cukup membahayakan.

  • Mata anak yang terkena alergi

Saat anak mengalami kondisi hidung yang meler kemudian mengeluarkan cairan, bersin dan juga mata yang kemerahan. Kemungkinan besar anak sedang terkena alergi. Anda sebaiknya memastikan bahwa tidak ada demam yang disebabkan alergi. Jika kasus ini yang menyebabkan mata anak Anda belekan, biasanya dokter akan memberikan resep antihistamine yang cukup aman. Anda bisa menggunakan lap basah untuk bisa meredakan rasa gatal dan juga masalah pada mata anak. Bila anak terus mengalami keluhan, sebaiknya Anda kembali membawa anak ke dokter agar bisa mengetahui apakah anak mengalami kondisi yang kronis atau tidak.

  • Anak terserang sinus

Belekan pada mata anak juga bisa saja karena mengalami infeksi sinus. Jika anak mengalami kondisi pilek, Anda sebaiknya mewaspadai jika terdapat gejala seperti hidung yang tersumbat, demam, nyeri pada sinus dan keluar kotoran mata berlebihan. Jika terdapat gejala tersebut segeralah periksakan anak ke dokter. Atau jika memang kondisinya tidak terlalu parah, Anda bisa coba memberikan anak obat sakit mata di apotik. Coba konsultasi kan dosis nya pada apoteker.

  • Konjungtivitis karena bakteri

Selanjutnya adalah jika ternyata anak juga mengalami gejala pilek namun disertai dengan adanya kotoran pada mana yang menempel, ini bisa saja disebabkan karena anak mengalami konjungtiva yang disebabkan oleh bakteri yang merupakan bagian dari jenis-jenis penyakit mata. Anda bisa coba menggunakan perban yang steril yang diberikan air hangat kemudian membersihkan belek matanya, namun pastikan untuk menggunakan yang masih baru setiap Anda mampu membersihkan matanya, karena biasanya akan menular. Gejala-gejala tersebut sangat jelas akan mengarah pada kondisi konjungtiva yang merupakan salah satu infeksi pada mata dan bisa menjadi penyakit mata yang menular pada mata yang lainnya. Sebaiknya Anda menghubungi dokter jika anak sudah semakin mengeluh.

Sponsors Link

  • Konjungtivitis karena virus

Selanjutnya jika ternyata ada kotoran yang berwarna jernih atau putih pada bagian satu mata dan menyebar pada mata lain disertai dengan adanya kondisi masalah pernafasan kemungkinan itu juga adalah indikasi dari konjungtiva namun yang disebabkan karena virus.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab mata belekan pada anak 3 tahun, kompres atau bersihkan mata anak menggunakan air hangat agar bakteri atau virus yang ada di dalam mata bisa mati.

, , , ,