Sponsors Link

3 Penyebab Mata Belekan Saat Bangun Tidur

Sponsors Link

Biasanya setiap bangun tidur terkadang ada mata anaka keluar kotoran tapi tidak merah atau yang biasa disebut belekan. Sebenarnya apa penyebab belekan ini? di artikel ini akan dibahas apa yang menyebabkan mata Anda belekan setiap habis bangun tidur

ads

Jika mata belekan kemudian disertai mata merah, bengkak dan terjadi di luar bangun tidur, itu bisa jadi sebagai indikasi penyakit mata tertentu. Namun jika tidak ada indikasi tertentu dan hanya terjadi saat bangun tidur kemudian bertekstur lengket, dan bahkan ada pula yang sangat lengket, dan juga berwarna, ada yang berwarna putih dan ada juga yang kuning, apakah penyebabnya ? Berikut beberapa penyebab belekan pada mata Anda dilansir dari detikhealth.com :

  • Bahwa menurut dokter spesialis mata, dr. M. Nurdin Zuhri, SpM, pada waktu tidur itu terjadi proses regenerasi pada sel-sel mata. Sehingga sel-sel yang telah mati akan tergantikan oleh sel-sel yang baru. Sel-sel mati ini kemudian menumpuk di sudut mata hingga kemudian mengalir bersama air mata, inilah yang biasanya setiap bangun tidur ada di sudut mata Anda, sel-sel mati pada mata yang biasa disebut belekan.

Perlu Anda ketahui, bahwa saat beraktivitas seharian, mata Anda suka berkedip kedip, kedipan inilah yang menyapu dan membersihkan segala kotoran dan benda asing yang masuk dari luar, seperti kotoran dan debu. Dengan bantuan air mata, mata Anda berkedip otomatis saat ada kotoran yang mencoba masuk ke mata.

Belek ini sendiri terbentuk dari air mata yang berperan vital menjaga kesehatan mata Anda dengan baik. Sedangkan air mata, terbentuk dari campuran air dan lendir yang diproduksi oleh konjungtiva, yang fungsinya menjaga mata Anda tetap terlumasi. Cairan pada mata ini yang terus membasahi permukaan mata Anda, dan menyaring setiap kotoran yang masuk melalui saluran pembuangan air mata, sebelum berubah menjadi belek.

Saat Anda tidur, mata Anda tidak berkedip, sehingga proses pembersihan dan penyaringan pada mata tidak berjalan. Selain itu produksi air mata saat Anda tidur juga berkurang, sehingga menyebabkan dry eye atau suatu kondisi dimana mata Anda mengalami sedikit pengeringan akibat kurangnya produksi air mata saat tidur. Kondisi mata seperti inilah yang membuat kotoran mata tidak terbuang dan pada akhirnya menumpuk di sudut mata Anda.

Kotoran pada mata atau belek ini memiliki tekstur yang berbeda-beda, ada yang sangat lengket, berlendir dan bahkan ada pula yang kering, hal ini tergantung pada kondisi pada permukaan mata Anda. Jika permukaan mata Anda agak kering, maka belek pada mata akan bertekstur kering. Namun apabila permukaan mata Anda berair, maka belek yang dihasilkan akan berlendir dan lengket.

Pada dasarnya belekan itu adalah hal yang umum dan wajar terjadi serta tidak berbahaya. Tetapi dalam faktor lain di samping penyebab di atas, adapula penyebab lain yang membuat mata Anda belekan, seperti yang dilansir dari hellosehat.com :

 1. Infeksi bakteri

Biasanya penyebab mata belekan saat bangun tidur dengan infeksi bakteri ini disertai dengan tanda dan gejala seperti, mata merah, bengkak dan nyeri, serta bulu mata saling menempel dan sulit dibuka saat bangun tidur karena kotoran pada mata atau belek, lebih banyak dari umumnya dan disertai dengan lendir berwarna kuning seperti nanah yang mengandung banyak bakteri. Hal ini biasa terjadi pada seseorang yang sedang flu atau pilek.

Sponsors Link

2. Konjungtivitis

Konjungtivitis ini adalah suatu kondisi dimana terjadinya peradangan atau infeksi di permukaan bola mata. Biasanya tanda dan gejala konjungtivitis ini adalah, mata belekan yang disertai dengan berair saat bangun tidur dan terasa gatal. Konjungtivitis ini ada 2 macam, yaitu konjungtivitis infeksi, yang disebabkan oleh virus atau bakteri yang masuk saat Anda tidur dan kelopak mata Anda tidak tertutup sempurna. Dan adapula konjungtivitis alergi, yang disebabkan oleh debu atau kotoran lain yang masuk.

Konjungtivitis ini bisa menular dan bisa juga tidak. Pada kasus konjungtivitis yang disebabkan oleh virus atau bakteri ini, bisa menular. Dan pada konjungtivitis yang disebabkan oleh alergi atau iritasi benda asing, tidak menular.

Sponsors Link

          3. Lensa kontak yang tidak dilepas saat tidur

Memakai softlens atau lensa kontak saat Anda tidur dapat menyebabkan mata Anda belekan saat bangun tidur. Apalagi jika ciri ciri iritasi mata karena softlens, kotor atau kadaluarsa. Hal ini terjadi karena, lensa kontak yang Anda pakai di saat tidur akan menyebabkan endapan protein dan juga minyak di lensa kontak Anda yang berasal dari air mata. Hal ini membuat mata Anda mengalami peradangan dan menyebabkan belekan.

Beda dengan kasus lensa kontak Anda kotor atau tidak steril atau bahkan sudah kadaluarsa. Pada lensa kontak tersebut sudah terpapar oleh bakteri atau bahkan virus, yang bakteri atau virus ini sudah berkembang di lensa kontak Anda dan jika digunakan saat Anda tidur akan menyebabkan masuknya bakteri atau virus tersebut ke dalam mata, yang akhirnya menimbulkan belekan saat Anda bangun tidur.

Demikianlah informasi seputar penyebab mata belekan saat bangun tidur. Semoga bermanfaat!

, , , , ,